Pelunasan Awal Tanpa Bunga di HomeCredit Sangat Menjebak

Saya harap dengan adanya surat pembaca ini, calon konsumen PT Home Credit Indonesia bisa memikirkan keputusannya lagi, sebelum benar benar terikat kontrak dengan mereka.

Ini adalah pengalaman tidak menyenangkan bagi saya. Betapa kagetnya ketika mengajukan PELUNASAN AWAL, pokok yang terhutang ternyata BEGITU BESAR. Saya pun tidak tinggal diam. Dan mereka hanya bisa menjawab bahwa karena BUNGA EFEKTIF lah yang diterapkan pada program Flexifast ini.

Pada situs mereka, jelas TERCANTUM BUNGA 2,69%. namun, pihak Home Credit selalu beralasan bahwa itu bunga kompetitif yang ditawarkan. Kompetitif? Seharusnya lebih menggiurkan, namun saya menyadari pada akhirnya, saya telah dijebak mentah mentah dengan BUNGA EFEKTIF 4,69%. TANPA PENJELASAN.

Jelas hal tersebut cukup mengejutkan, bagaimana tidak. Siapa yang paham dengan aturan bunga efektif JIKA TIDAK DIJELASKAN saat penawaran dan akad kontrak akan berlangsung. Jika dijelaskan lebih awal, jelas saya akan menolak.

Saya sangat ingat, TELESALES, PT HOME CREDIT mengatakan bahwa saya bisa melakukan pelunasan LEBIH AWAL TANPA BUNGA. Mendengar hal tersebut, tentu hal yang bagus, NAMUN TERNYATA, yang selama ini saya cicil, KOMPOSISI BUNGA LEBIH BESAR. dibanding pokok pinjamannya. Saya sudah selesai hingga cicilan ke 25, dari 33, dengan maksud akan dilunasi langsung. Jika dengan bunga flat yang saya paham, sisa pokok tidak mungkin lebih dari Rp1,3juta. Alangkah kaget yang saya terima adalah Rp2,6 juta beserta admin pelunasan awal Rp150.000

Pokok pinjaman 6,000,000
Tenor 33 bulan
Tanpa biaya registrasi
Tanpa biaya 5.000
Cicilan 366,200/bulan

Jika ditotal sebesar RP 11.919.600,-

NOMINAL YANG SANGAT FANTASTIS YAH

Sebesar 5,919,600 HANYA UNTUK BUNGANYA SAJA.

Jika BUNGA FLAT yang diterapkan setara dengan 2,99% per bulan.

Namun jika BUNGA EFEKTIF yang diterapkan itu setara dengan 4,69% , sedangkan pada situsnya jelas 2,69% (bunga menurun).

Saya sangat kecewa, anak didik Ibu Milena Linhartova selaku atasan tim telesales Home Credit tidak BERANI mengajarkan kejujuran. KONSUMEN PERLU TAHU bagaimana transparansi perhitungan bunga dan pokok sebelum akhirnya mendapatkan angka fix untuk dicicil setiap bulan.

Saya harap pihak Home Credit bisa mengakui kecurangan mereka terhadap konsumen, alih-alih mengeruk untung sebanyak itu.

Sujana
No kontrak 3700286644
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Home Credit Indonesia:
[Total:67    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan Home Credit Atas Surat Bapak Sujana

Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com, Sehubungan dengan dimuatnya keluhan dari Bapak Sujana. di MediaKonsumen.com pada kolom Surat Pembaca tanggal 21...
Baca Selengkapnya

Loading...

19 komentar untuk “Pelunasan Awal Tanpa Bunga di HomeCredit Sangat Menjebak

  • 21 April 2019 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Yang saya sesalkan di sini adalah; siapa yang paham hitungan anuitas jika tidak dijelaskan sejak awal. Itu adalah pokok penting guna menghindari kesalahpahaman seperti ini. Meskipun telah tercantum pada kontrak. Seharusnya dapat memisahkan antara FIXED RATE yang dicantumkan pada kontrak beserta pula ANNUITY RATE nya. Sehingga konsumen jelas dan memahami detail daftar pokok dan bunga cicilan dr awal hingga akhir.

    • 12 Maret 2020 - (21:34 WIB)
      Permalink

      saya juga salah satu korbannya.. mau dilunaskan cepat ngerih2 sedap soalnya besarnya yg harus dibayar.. diteruskan sampai 33 bulan udah eneq banget.. gimana ya solusinya teman2.. siapa tau punya pengalaman.. share ya.. Terimakasih..

  • 22 April 2019 - (06:22 WIB)
    Permalink

    Home credit lebih parah dari rentenir… saya juga pernah jadi korban tahun 2017… allhmdllh sdh lunas,dan bbrpa kli dpt penawaran lgi dri home credit,saya tolak
    Dn jgan lupa klo sdh lunas teman” harus minta surat pelunasan,yg nanti akan d krim k email kita,sbgai bukti pelunasan untuk brjaga² d kmudian hari takut ada kjadian yg tdak kita inginkan…

  • 3 September 2019 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Inti nya cuma satu… Saya juga ikut terjebak….selama saya bergabung tidak pernah ada masalah dengan home.. tapi kali ini saya merasa di bohongi oleh telesales nya.. di perjanjian awal. Klo kita mau pelunasan.. itu hanya pinjeman pokok nya saja,, tidak sama bunga nya,, tapi kenyataannya malah berbeda, saya harus ikut melunasi bunga yg begitu wahhh.. hingga belasan juta… Semoga rekan2, saudara, lebih bijak dalam memilih pinjaman uang di tempat saya pinjam dan di tempat lain. Terima kasih…

  • 24 September 2019 - (16:45 WIB)
    Permalink

    Homecredit Saya Tertipu habis pertama ditawarkan via hp dgn bunga kalo gak salah bunganya hanya 1% (yg ditawarkan).
    karna tertarik saya mengambil pinjaman tersebut sebesar 15juta selama 24bulan.
    Begitu pada tagihan pertama baru keluar jumlah tagihan yg harus saya bayar perbulan nya satu juta dua puluh enam ribu lima ratus rupiah perbulan nya dikalikan 24 bulan berarti untuk bunga nya saja 9juta ngak ada bedanya sama rentetir.
    dan saya tidak pernah menunggak sekalipun dan saya di bulan ke lima ini ingin melakukan pelunasan ternyata begitu saya email dibilang saya hanya disuruh mengisi biodata dan nama ibu kandung beserta biaya atmin 150ribu ditambah biaya tagihan bulan ini.besok nya saya kekantor nya dan di bilang saya harus melunasi kurang lebih 15 juta sekian dan ternyata ada biaya lagi yg harus saya bayar sebesar 900 ribu dengan alasan saya tidak menyertakan kuwitansi pengunaan dana pinjaman yg 15juta tersebut.
    pertanyaan nya:

    Tolong marketingnya kalo ngasih tau syarat dll nya dgn jelas jgn hanya manisnya aja, jd jgn sampai konsumen merasa terjebak dibelakang,…

  • 13 Januari 2020 - (11:40 WIB)
    Permalink

    sepertinya pihak OJK harus turun tangan menangani masalah pelunasan pinjaman HCI…sudah semakin banyak korban dari iklan pinjaman HCI

  • 22 Februari 2020 - (22:42 WIB)
    Permalink

    Saya pun juga di JEBAK. Ambil 15jt angsurannya perbulan 893.100 slama 36. sy uda pembayaran ke 24 mau pelunasan dgn harapan sisa dikit. Cek per cek ehhh katax masih ada 9.380.000 yg harus sy bayar jika pelunasan awal. Padahal katax nga pake bunga cuman bayar pokoknya aja. Lahh malah pokokx makin nambah. OJK mana ni….

  • 29 Februari 2020 - (08:08 WIB)
    Permalink

    Gw sempat tergiur saat di telpon seles terus ama HCI penawaran dana multiguna dan saya bertanya perbulanya berapa dan saya hitung2 jdi 2 kali lipatnya sama yg saya pinjam di situ sya berfikir kok gede bngt bunganya disitu gw langsung mundur ngga jdi walau ada penawaran pelunasan tanpa bunga untung gw ngga jdi ngambil mending ngambil KUR BRI bunga rendah bngt dan tanpa jaminan juga

  • 31 Maret 2020 - (01:03 WIB)
    Permalink

    Saya benar2 menyesal telah tertipu temen sendiri…krologinya seperti ini..waktu itu saya dapat tawaran pinjaman dr multiguna home credit..flexi Fest..pas bngt temen saya yg sudah kenal lama tau.namanya pak Sunardi nomer tlp :081319803765 nomer rumah ortunya 021 7211143..dia pinjam data saya dan meminjam dana multiguna yg ditawarkan ke saya sebesar 5 juta..karena saya merasa kasihan ke pak nardi makanya saya izinkan data saya di pakai untuk dipakai..angsuran 12×621000..angsuran pertama lancar ke dua smpai ke sembilan x angsuran telat2 terus..sengingga setiap jatuh tempo bayar angsurannya saya datengin terus kerumahnya biar di angsur ..tinggal 3x angsuran smpai skrng gak di lunasi sampai lebih satu tahun..saya cari kerumah kontrakannya ternyata sudah pindah ..dan saya tanyakan ke mertuanya ngomongnya gak tau pindahnya kemana..kayanya orng tuanya sengaja gak ngasih tau saya ..makanya saya di datengin terus DC lapangan terus dan nama baik saya jadi jelek di perbank kan…mohon kiranya manajemen home credit membersihkan nama baik saya..karena saya menjadi korban penipuan pak Sunardi..

    No kontrak 3300133409
    Kuswanto

  • 23 April 2020 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Benar sekali kata bapak sajuna saya juga mengalami nya seperti bapak sajuna.
    Klo saya bunga nya melebihi batas normal OJK sampai 100% lebih setelah saya mau melunasi di persulit dan tidak di proses dengan cepat,setelah angusuran saya tidak saya bayar datang lah orang penagihan dari home credits untuk menagih bunga nya mencapai 10juta lebih sedangkan saya sudah membayar 21bulan tenor 35bulan angsuran perbulan nya Rp 671.600,di janjikan bisa melunasi sebelum tenor tp kenapa tidak di proses secepat nya dan bunga nya pun melebihi batas normal OJK.
    Tejo Laku Sukmo
    Nomer kontrak 3702222406

    • 23 April 2020 - (12:03 WIB)
      Permalink

      Bunga home credit emang parah diatas 100 %, tp kenapa sm ojk ga di aware ya soal bunga yg terlalu tinggi di home credit? Pdhal terdaftar kan di ojk.
      Memang pengajuannya sgt mudah dan cepat, tp bunganya sangat tinggi.

      • 28 April 2020 - (17:34 WIB)
        Permalink

        Benar sekali, apakah tdk ada penyelesaian utk kasus kecurangn begini. Apakah rekan” ada solusi utk ini? Dan bagaimana spy proses kecurangan begini sehingga tidak makan korban banyak kedepan tidak terjadi lagi? Apakah penyelesaian yang diberikan home credit ttg hal ini. Mungkin teman” ada yang bisa berbagi pengalaman. Sy juga korban dari kecurangan home credit. Dengan dalih semua sudah sesuai dngn kontrak yang ditandatangani. Padahal kita kaum awam paham betul isi kontrak itu

        • 28 April 2020 - (17:37 WIB)
          Permalink

          #tdk paham isi kontrak itu. Bayangakan hutang 6.600.000 sdh dicicil 16x sebesar 405.000 begitu mau dilunasi masih harus membayar 5.250.000 lagi.. luar biasa ya manusia” tak bernurani itu..

  • 20 Juni 2020 - (11:58 WIB)
    Permalink

    Sama, saya juga tertipu. Katanya pelunasan dipercepat tanpa bunga, tapi pas dihitung dana yang dibayar sama dengan kita nyicil sampai selesai.

    Tolong kepada OJK, diperbaiki sistem yang seperti ini. Ini namanya pemaksaan konsumen agar tetap bayar bunga full.

  • 6 Juli 2020 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Saya juga. 🙁
    Ditawari 15 Juta
    Dan saya hitung ulang dalam 34 bulan x Rp. 912.400 = Rp. 31.021.600

    2x Lipat ya Allah.. 🙁

  • 6 Juli 2020 - (18:55 WIB)
    Permalink

    jangan berhutang,
    Jika anda membutuhkan uang untuk usaha, lebih baik buat proposal investasi dan cari investor yang berani ambil resiko kehilangan uang. Jadi ketika investasi gagal, anda tidak ribet. Paling hanya di black list saja si kalangan investor.
    Saat ini dunia sudah dikuasai para bankir. Solusi terbaik adalah crowdfunding dan venture fund yg sedang marak akhir2 ini.

  • 6 Agustus 2020 - (09:32 WIB)
    Permalink

    saya pribadi kapok pinjam d homecredit.. bunganya sangat gila”an
    tidak sesuai cara penyampaian dgn kenyataan. dgn bunga kecil faktanya menggila

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Pelunasan Awal Tanpa Bunga di HomeCredit Sangat Menjebak

oleh ad de dibaca dalam: 1 min
19