CS DANA.ID Tidak Melayani Customer dengan Baik

Kecewa terhadap aplikasi DANA yang ternyata tidak komunikatif yang saya alami selama punya aplikasi yang lain. CS tidak komunikatif dan hanya janji terus ke bagian terkait tapi tidak menyelesaikan masalah dan pada akhirnya saya harus merelakan akun (dana/uang) itu freeze/hilang mengakibatkan dapat kehilangan dana (uang) kita yang telah diisi ke aplikasi tersebut, karena kode OTP dikirim ke nomor yang lama.

Persyaratan yang diminta oleh CS help@dana.id yang bernama Diah customer support DANA sudah saya lampirkan dengan lengkap. Bahkan Data KTP dan foto selfie dengan KTP sampai no. handphone yang belum terdaftar di DANA pun sudah saya lampirkan untuk pergantian nomor lama yang sudah tidak aktif ke No. Handphone yang baru.

Menurut saya aplikasi Dana sangat jauh dari rasa puas, jauh dari konsep user friendly hanya saja ada layanan TIX ID saya yang bekerjasama dengan DANA, Saya yakin DANA tidak akan dapat bersaing dengan kompetitor lain karena respon CS dan bagiannya terkait tidak merespon dengan baik.

Jadi, bagi Anda yang akan mengunduh/menggunakan aplikasi ini dan bila ada potensi untuk penggantian nomor telepon dan yang paling tidak dapat dijangkau konsumen friendly walaupun ada beberapa proses yang harus dilalui oleh customer, Namun apabila customer telah memenuhi persyaratan kenapa harus ditunda penyelesaiannya, Saran saya hati hati saja uang yang telah anda top up ke akun DANA hilang begitu saja.

Semoga Bapak Juan Almer Head Customer Support DANA dapat melihat kinerja CS Customer Support DANA yang terlalu lama dan saya yakin SLA nya tidak berjalan, sesuai ketentuan dari OJK berapa lama handle customer komplain.

Ade Riefanto
0877502275**
Jakarta Selatan 12920

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:46    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan DANA atas Surat Bapak Ade Riefanto

Menanggapi surat pembaca yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Ade Riefanto dan dimuat di mediakonsumen.com, pihak DANA telah menghubungi konsumen...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “CS DANA.ID Tidak Melayani Customer dengan Baik

  • 26 April 2019 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Saya punya masalah yang serupa dengan kronologi
    Akun dana dibuat otomatis pengambilan data dari bukalapak… klo aplikasinya pinta waktu membuat akun itu hrs ada kode otp dulu ke nomor hp yg otomatis dibuat… nomor yang terdapat dibukalapak sudah jauh hari saya ganti.. kenapa pihak dana mengambil data lama… kenapa waktu membuat akun ga minta kode otp dulu ke nomor hp yg dibuat… tp proses pemindahan dari buka dompet kedana bisa dengan sangat mudah tanpa otp giliran dana akan dipakai prosesnya berbelit aneh bikin akun saja saya tidak mengisi form apa

    1. Kesalahan jelas ada pada pihak dana kenapa tidak hrs membuat form akun baru yang kita isi dl sebelum bs memindahkan saldo dr buka dompet ke dana

    2. Ok saya telp cs dana katanya hrs minta keterangan nomor hangus dr provider terkait… datang lah saya ke provider dan ternyata wow provider tidak pernah membuat surat seperti itu… apa pihak dana tidak klarifikasi dulu bahwa ada surat keterangan nomor hangus dari provider

    3. Ok telp cs dana lagi katanya hrs melengkapi isian form untuk penggantian nomor dana saya melengkapi data tersbut dikirim ke kantor dana pihak cs memberikan waktu 3hr kerja

    4. Setelah 3 hari kerja dia mengecek lagi baru akan diproses disuruh menunggu 3 hr kerja kedepan ok

    5. Setelah 3 hr saya relp cs katanya tidak bisa penggantian nomor harus dilakukan penarikan manual… apa kabar dengan solusi dari cs pertama …..Dan saya telepon kembali harus nunggu 3 hr kedepan lalu saya tanya apa tidak dikasih note kapan saya terakhir telp dan janji selesai kapan… ok dia bilang dia akan cek ditunggu ya sampai kurang lebih 7x nada tunggu setiap nada tunggu selesai dia bilang mohon ditunggu kembali karena saya sudah mulai kesal saya tanya harus nunggu berapa lama lagi 1 menit lg pak… ok dan akhirnya setelah jalan 7menit lebih baru selesai dan jawabannya luar biasa paling ini saya kasih note untuk cepat diselesaikan… dan setelah telepon kurang lebih 28 menit hanya mendapat jawaban itu

    6. Saya dapat email dengan jawaban harus melakukan penarikan manual kembali… lalu saya balas jelaskan kesalahan pihak dana yang berulang ulang…. lalu mendapat respon setelah 3hr mohon isi data berikut ini… no lama didana … no baru yg belum terdaftar didana… saldo terakhir dll . … ini JELAS SUDAH ADA DI FORM YANG SAYA KIRIMKAN KE DANA DAN SETIAP SAYA TELP CS SUDAH 10X PERTANYAAN INI BERULANG MASIH KURANG JELAS KAH… ktp ada buku tabungan ada nomor hp jelas dibukalapak bs dicek yg salah ambil data siapa…. kesimpulan saya pihak dana hanya mengulur2 waktu dan mempersulit konsumen apa fungsinya customer service anda yang banyak yang setiap telp ganti orang…..

    7. Di aplikasi dana tidak user friendly harusnya login dan daftar itu di beda form bukan di 1 isian yang sama

  • 20 Mei 2019 - (13:53 WIB)
    Permalink

    terjadi jg pada saya dan sepertinya CS DANA sdh seperti pita kaset yg mbulet, dan kasus saya dari tanggal 18 april 2019 sampai hari ini tdk ada kepastian kapan uang kembali ke rekening, selalu jawabannya nanti akan di sampaikan kepada pihak tekait, saya sdh minta tolong untuk di selesaikan melalui tlp dan CS sdh minta no hp saya tp sampai hari ini jg tdk ada yg menelpon saya. ini jelas DANA tidak ada ITIKAT BAIK !

  • 28 Agustus 2019 - (11:53 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami hal itu dimana sy pemilik akun dan saldonya adalah hak sy sepenuhnya tapi pihak cs dana seperti menganggp kita bukan pemilik akun tersebut, semua data sudah diberikan dan kenapa masih menunda untk mengganti no ponsel yg sdh sy berikan, sy prihatin dgn ini aplikasi dimana dia akan ditinggalkan oleh penggunanya,insya allah amin

  • 29 Oktober 2019 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Saya baru saya mengalami kekecewaan dengan aplikasi DANA,
    Biasa saya hanya pakai untuk beli tix.id dan top up seperlunya untuk bayar makanan diberbagai gerai.
    Kali ini saya membeli token listrik 100ribu di dana, saya sudah melakukan pembayaran melalui mbking , tapi Sampai sekarang notifikasi pembayaran tidak muncul sampai sekarang. Melihat berbagai tanggapan di google tentang kekecewaan pengguna di DANA , saya langsung email ke cs keluhan DANA dengan melampirkan bukti pembayaran via mbking dari email ernavw77@gmail.com … saya males untuk telpon” ke DANA karena setelah membaca berbagai keluhan pengguna tak ada tanggapan …. tolong kualitas kinerja DANA agar lebih di perbaiki lagi, ini Sangat mengecewakan.

  • 18 Februari 2020 - (19:23 WIB)
    Permalink

    saya tgl 11 februari 2020 transaksi di bukalapak .setelah ada cancel transaksi saldo saya 2 juta rupiah di dana seharusnya kembali tidak kembali.setelah saya cek ada sms di no hp yang saya gunakan untuk no dana.saldo saya di tunda oleh dana karena aplikasi dana saya sudah melebihi limit .harus dibupgrade dulu ke premium. karena ektp saya rusak saya gak bs mengupdate aplikasi .setelah ektp saya jadi setelah saya update ke premium tetap belum masuk saldo 2 juta saya. mohon segera di selesaikan .sampai hari ini sudah 1 minggu.

  • 22 Februari 2020 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Kemarin sore tgl 21 Feb 2020, sy d minta Atasan utk kirim uang 5Jt ke Catering Rekan bisnis kantor. Bagian keuangan yg biasa ngurus2 pembayaran ini itu sdg cuti.
    Jam 2 siang sy terima uang cash dr kantor , krn Atm setor tunai Bank yg sy pakai jauh sedangkan sy d minta utk segera
    (krn kmarin batas waktu / denda keterlambatan pembayaran bbrp %)
    Sy putuskan utk pakai DANA krn bisa Topup lwt Indomaret. yg kbetulan Atas nama istri, dsaat mau transfer dr DANA, sy d minta transfernya dr Atas nama sy/paling ga org kalangan kantor, lalu sy transfer ke rek pribadi sy, dr jam 5an sore sampai skrg keterangan d aplikasi DANA PENDING, saldo di DANA kosong ,sedangkan d rek sy pribadi jg blm masuk.

    Bbrp kali coba hub CS DANA via email, tlp tp tanpa ada jawaban yg memuaskan.
    Singkat cerita akhirnya pagi ini sy di BERHENTIKAN / PECAT. Saking geram nya pimpinan sy krn jd cekcok dgn rekan bisnisnya.
    Stelah istirahat makan siang sy resmi di BERHENTIKAN dr pekerjaan yg sdh sy jalani -+4th.
    Selain itu sy msh menanggung Denda / Bunga nya -+10% dr total tagihan (sesuai surat perjanjian antar perusahaan, -+1,2jt an)
    Sesampainya drmh sy hub lg CS DANA via tlp, lagi lagi sy dpt jawaban yg sama.
    Begitu pula sy ga bisa berikan alasan yg pasti.
    Sy & anak istri ngontrak di daerah jaksel. Istri sdh bbrp hari cuti hamil anak ke2. Selama istri cuti hamil segala biaya hidup, sekolah, melahirkan, kontrakan, dll…..???
    Dmn istri menghitung hari utk melahirkan.
    Pleaseeee bantu sy gmn supaya uang itu bisa cepat prosesnya, dgn bgitu byk rekan2 d kantor yg mau bantu sy utk bisa dapatkan kembali pekerjaan sy.

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

CS DANA.ID Tidak Melayani Customer dengan Baik

oleh Ade Riefanto dibaca dalam: 1 min
6