XL Prioritas Tidak Mengembalikan Uang Deposit

Saya Mutiara, pengguna XL Prioritas/Pascabayar sejak Januari 2019.

Untuk penggunaan XL Pascabayar metode pembayaran bisa dilakukan dengan cash atau dengan credit card, karena waktu itu saya lupa membawa credit card saya, saya pilih opsi cash. Customer service (nama CS: Baim/Boim), mengatakan bahwa tidak masalah pembayaran cash dulu, nanti bisa diganti dan deposit akan dikembalikan (Deposit yang saya bayarkan adalah Rp200.000).

Pada 2 Februari 2019, saya ganti metode pembayaran ke CC, dan saya ajukan pengembalian deposit di XL center Gandaria City, 2 Februari 2019 sekitar pukul 17:00. Customer service memberikan pilihan pengembalian deposit untuk dikurangi ke tagihan berikutnya atau dikembalikan ke rekening saya. Saya pilih opsi dikembalikan dengan transfer, dengan term pengembalian 30 hari kerja. Sampai sekarang, 24 April 2019, depositnya belum dikembalikan.

Saya mungkin ada sekitar 7 kali menelepon ke customer service, jawaban mereka:

  • Akan disampaikan ke tim terkait, saya akan dihubungi lagi, tapi tidak pernah ada yang menghubungi saya;
  • Ada perubahan term pengembalian, saya telepon 19 Maret, dibilang perubahan per 18 Maret. Saya tanya saya bisa lihat informasi perubahan tersebut lewat mana, mereka bilang itu perubahan internal saja.

Kehabisan kesabaran, saya ke center Gandaria City lagi, dan bertemu customer service training. Dia bilang tim yang biasa mengurus hal tersebut sedang tidak di tempat, jadi saya dikasih nomor WA, berikut nomornya 0878-7287-57** (saya gak nanya namanya). Saya pikir masalah akan tertangani, ternyata tidak juga, karena customer service tersebut justru mengabaikan WA saya.

16 April, saya ke XL Center Gandaria City lagi, bertemu dengan CS yang berbeda bernama Reza, di nomor 0878-7287-57**, dia bilang berdasarkan system, uang saya sudah dikembalikan lewat statusnya. Tapi dia mau konfirmasi ke bagian finance tidak bisa karena sudah di luar jam kantor. Akhirnya dia memberikan nomor untuk bisa memberikan bukti transfer, ternyata jawabannya sama saja masih diproses.

Lagi-lagi saya diberi harapan palsu
Lewat e-mail pun keadaannya sama saja.

Saya sudah kehabisan kesabaran dan ya mau ga mau saya mungkin memang harus merelakan uang saya tersebut.

Tapi, saya perlu menulis ini, agar orang-orang tahu, kalau memang tak rela taruh uang deposit, jangan taruh deposit untuk XL Prioritas, langsung CC saja. Tapi kalau memang mau cash, ya harus deposit, tapi jangan berharap depositnya akan balik kalau sudah tidak berlangganan XL Prioritas.

Nomor pengaduan telepon: C22133975
Pengaduan e-mail: Ref.CM/CU/E/9664/0419/IW Deposit Tunai

Mutiara Khairunnisa
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “XL Prioritas Tidak Mengembalikan Uang Deposit

    • 3 Mei 2020 - (06:48 WIB)
      Permalink

      Masih belum dikembaliin mas depositnya? Waduh saya baru aja kemarin pake xl prioritas nih saya disuruh balik lg kalo mau migrasi ke prabayar 15 agustus sekalian refund depositnya tp saya sempet nanya by dm twitter ke myxlcare katanya 60 hari kerja refundingnya. Saya jd ragu deh..

    • 10 Juni 2022 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga begitu,
      Katanya deposit dikembalikan jika sudah tidak mau berlangganan malah di persulit lagi, intinya uang deposit itu emng ngga bakalan di kembalikan gtu. Agak kesel sbnernya ngga sesuai, udah gini mah harus ikhlaskan itung² SODAقOH

  • 27 April 2019 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Mungkin lebih lancar kalau pilih opsi mengurangi tagihan?
    Tapi ya entah lah, segalanya kalau mau memang sengaja dipersulit sih bisa-bisa saja wkwkwk
    & kalau mau berhenti berlangganan, kan memang ya harus pilih metode transfer.

    Heran, hal/kejadian yang tergolong lumrah/lazim seperti begini ternyata dipersulit juga.
    Jadi tahu bagaimana kualitas perusahaan ybs.

    Btw sekarang pelanggan pascabayar tidak bisa yah pembayaran cash/transfer tapi tanpa deposit? Saya di provider sebelah masih bisa bayar via transfer manual per bulan tanpa harus ada deposit. Tapi ya mungkin karena sudah lama bener saya daftarnya.

  • 15 Juni 2019 - (01:24 WIB)
    Permalink

    Dulu wktu daftar katanya kalau memang mau tutup, uang deposit bisa dipakai untuk pembayaran tagihan dibulan berjalan. NAH, pada suatu hari gw dapet SMS2 ga jelas katanya gw ada klik iklan di internet, masukin nomor dan voila, dapet SMS2 yang motong limit 3000 per SMS. Gw anak IT dan ga bego2 amat. Gw ga mungkin “salah klik iklan”. Teleponlah gw ke call center, katanya mau di blokir ntu SMS dan melakukan adjustment. Besoknya DAPET LAGI TU SMS. Akhirnya gw putusin untuk matiin nomor XL gw dgn nomor 0818877***. Utang gw bln sebelumnya gw bayar 160an ribu. Pas sampenya di CS di Central Park Mall Jakarta, gw minta readjust limit yg kepotong dianya blg ga bisa (alias ga mau), akhirnya gw minta matiin nomor. Nah gw minta tuh bulan berjalan tagihan gw dipotong dari deposit. Kata CSnya yg ga ada sopan santunnya itu “Nggk bisa. Harus bayar dulu.” Sontak gw blg “Katanya dulu bisa, skrg kok ga bisa”. Dan dia blg “Emang ga bisa”. Ywdh lah gw bayar. Sama aja lah gw pikir ntr jg balik. Dan saudara2, sebulan lebih kemudian ga balik2. Ada apa ini??

  • 25 Juli 2019 - (17:57 WIB)
    Permalink

    Ya Ampun.. Berarti saya adalah korban berikutnya..
    Saya sudah menunggu hampir sebulan dr bulan Juni. Sampai sekarang juga blm di bayarkan. Deposit saya nilainya 300.000
    Walaupun nominalnya sedikit tp itu kan hak saya u di kembalikan. Toh tagihan lunas terbayar.
    Tolong pihak XL profesional dan sesuaikan janji

  • 13 April 2020 - (17:19 WIB)
    Permalink

    saya punya masalah berbeda dengan xl prioritas, saya punya 2 nomer. 1 dari pra bayar ke pasca bayar, dengan iming iming bisa dirubah menjadi pra bayar, tp kennyataannya dibilang tidak bisa karena perubahan system.

    satu lagi nomer saya pernah mati di tanggal 7 desember 2020 dan untuk mengaktifkan musti membayar deposit lagi, dan saya bayarkan berserta tagihan yg belum terbayar.

    baru baru ini nomer saya mati lagi karena dirumah lbh sering menggunakan wifi, sesampai di xl center saya di wajibkan untuk membayar deposit beserta tagihan nya. yg saya heran deposit yg dijanjikan akan di transfer saja belum dikirim sampai saat ini padahal dijanjikan 60 hari kerja. ini malah diminta bayar deposit lagi, karena deposit yg lama sudah terpotong tagihan. bagaimana bisa terpotong tagihan, tagihan yg belum terbayarkan saja sudah di bayar beserta deposit yg baru pada bulan desember. terlalu banyak drama dan tipu muslihat.

    benar benar tertipu rasanya.
    provider sebelah justru bagus dangan signal yg sangat luas.

    xl prioritas sangat tidak recommended !!!

  • 8 Agustus 2020 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Saya juga begitu janjinnya 60 hari dikembalikan .eh sampai saat ini sudah 90hari belum juga di kembalikan sampai saya telpon ke cs xl di jawab dengan alasan masih corona. Emang apa hubunganya saldo deposit saya dengan corona .mungkin ini bisa jadi pelajaran buat saya dengan yang lain jika ingin di mintai i deposit mending pikirkan terlebih dahulu dengan matang. Saya merasa kecewa.

  • 1 April 2022 - (05:56 WIB)
    Permalink

    Saya banyak membaca keluhan tentang uang deposit XL Prioritas yang tak kunjung dikembalikan lebih dari waktu yang XL janjikan.
    Tahun penulisan keluhannya bervariasi, 2019 dan 2020 yang terbanyak, saat ini di tahun 2022 saya juga mengalami hal yang sama, ternyata memang tidak ada niat baik dari perusahaan sebesar XL selama ini.
    Pada tgl.28 Desember 2021 saya berhenti berlangganan XL Prioritas, deposit 200.000 dijanjikan akan ditransfer ke rekening saya maksimal 60 hari kerja berikutnya, namun sampai tgl.31 Maret 2022 uang deposit tsb tidak juga ditransfer ke rekening saya.
    Saya sudah menghubungi customer service XL di 817 pada tgl.29 Maret 2022 melalui HP istri saya, tetapi jawabannya menggantung, katanya nanti akan dicek ulang oleh tim kami.
    Sebagai konsumen saya kecewa, perusahaan sebesar XL tidak bisa menepati janjinya dan merugikan banyak pelanggan se-indonesia.
    Jujur saya kapok berlangganan XL lagi, sinyal kurang baik, pelayanan ke pelanggannya pun sangat buruk, jika XL tidak segera berbenah, ya tinggal tunggu waktu saja.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

XL Prioritas Tidak Mengembalikan Uang Deposit

oleh 32 dibaca dalam: 1 menit
11