XL Prioritas Tidak Mengembalikan Uang Deposit

Saya Mutiara, pengguna XL Prioritas/Pascabayar sejak Januari 2019.

Untuk penggunaan XL Pascabayar metode pembayaran bisa dilakukan dengan cash atau dengan credit card, karena waktu itu saya lupa membawa credit card saya, saya pilih opsi cash. Customer service (nama CS: Baim/Boim), mengatakan bahwa tidak masalah pembayaran cash dulu, nanti bisa diganti dan deposit akan dikembalikan (Deposit yang saya bayarkan adalah Rp200.000).

Pada 2 Februari 2019, saya ganti metode pembayaran ke CC, dan saya ajukan pengembalian deposit di XL center Gandaria City, 2 Februari 2019 sekitar pukul 17:00. Customer service memberikan pilihan pengembalian deposit untuk dikurangi ke tagihan berikutnya atau dikembalikan ke rekening saya. Saya pilih opsi dikembalikan dengan transfer, dengan term pengembalian 30 hari kerja. Sampai sekarang, 24 April 2019, depositnya belum dikembalikan.

Saya mungkin ada sekitar 7 kali menelepon ke customer service, jawaban mereka:

  • Akan disampaikan ke tim terkait, saya akan dihubungi lagi, tapi tidak pernah ada yang menghubungi saya;
  • Ada perubahan term pengembalian, saya telepon 19 Maret, dibilang perubahan per 18 Maret. Saya tanya saya bisa lihat informasi perubahan tersebut lewat mana, mereka bilang itu perubahan internal saja.

Kehabisan kesabaran, saya ke center Gandaria City lagi, dan bertemu customer service training. Dia bilang tim yang biasa mengurus hal tersebut sedang tidak di tempat, jadi saya dikasih nomor WA, berikut nomornya 0878-7287-57** (saya gak nanya namanya). Saya pikir masalah akan tertangani, ternyata tidak juga, karena customer service tersebut justru mengabaikan WA saya.

16 April, saya ke XL Center Gandaria City lagi, bertemu dengan CS yang berbeda bernama Reza, di nomor 0878-7287-57**, dia bilang berdasarkan system, uang saya sudah dikembalikan lewat statusnya. Tapi dia mau konfirmasi ke bagian finance tidak bisa karena sudah di luar jam kantor. Akhirnya dia memberikan nomor untuk bisa memberikan bukti transfer, ternyata jawabannya sama saja masih diproses.

Lagi-lagi saya diberi harapan palsu
Lewat e-mail pun keadaannya sama saja.

Saya sudah kehabisan kesabaran dan ya mau ga mau saya mungkin memang harus merelakan uang saya tersebut.

Tapi, saya perlu menulis ini, agar orang-orang tahu, kalau memang tak rela taruh uang deposit, jangan taruh deposit untuk XL Prioritas, langsung CC saja. Tapi kalau memang mau cash, ya harus deposit, tapi jangan berharap depositnya akan balik kalau sudah tidak berlangganan XL Prioritas.

Nomor pengaduan telepon: C22133975
Pengaduan e-mail: Ref.CM/CU/E/9664/0419/IW Deposit Tunai

Mutiara Khairunnisa
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Penilaian Rata-rata: 2.6]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “XL Prioritas Tidak Mengembalikan Uang Deposit

  • 27 April 2019 - (17:43 WIB)
    Mungkin lebih lancar kalau pilih opsi mengurangi tagihan?
    Tapi ya entah lah, segalanya kalau mau memang sengaja dipersulit sih bisa-bisa saja wkwkwk
    & kalau mau berhenti berlangganan, kan memang ya harus pilih metode transfer.

    Heran, hal/kejadian yang tergolong lumrah/lazim seperti begini ternyata dipersulit juga.
    Jadi tahu bagaimana kualitas perusahaan ybs.

    Btw sekarang pelanggan pascabayar tidak bisa yah pembayaran cash/transfer tapi tanpa deposit? Saya di provider sebelah masih bisa bayar via transfer manual per bulan tanpa harus ada deposit. Tapi ya mungkin karena sudah lama bener saya daftarnya.

  • 15 Juni 2019 - (01:24 WIB)
    Dulu wktu daftar katanya kalau memang mau tutup, uang deposit bisa dipakai untuk pembayaran tagihan dibulan berjalan. NAH, pada suatu hari gw dapet SMS2 ga jelas katanya gw ada klik iklan di internet, masukin nomor dan voila, dapet SMS2 yang motong limit 3000 per SMS. Gw anak IT dan ga bego2 amat. Gw ga mungkin “salah klik iklan”. Teleponlah gw ke call center, katanya mau di blokir ntu SMS dan melakukan adjustment. Besoknya DAPET LAGI TU SMS. Akhirnya gw putusin untuk matiin nomor XL gw dgn nomor 0818877***. Utang gw bln sebelumnya gw bayar 160an ribu. Pas sampenya di CS di Central Park Mall Jakarta, gw minta readjust limit yg kepotong dianya blg ga bisa (alias ga mau), akhirnya gw minta matiin nomor. Nah gw minta tuh bulan berjalan tagihan gw dipotong dari deposit. Kata CSnya yg ga ada sopan santunnya itu “Nggk bisa. Harus bayar dulu.” Sontak gw blg “Katanya dulu bisa, skrg kok ga bisa”. Dan dia blg “Emang ga bisa”. Ywdh lah gw bayar. Sama aja lah gw pikir ntr jg balik. Dan saudara2, sebulan lebih kemudian ga balik2. Ada apa ini??

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

XL Prioritas Tidak Mengembalikan Uang Deposit

32 1 menit
4