Surat Pembaca

Kecewa dengan Layanan JNE Cashless dan Partner Support Lazada

Saya sudah menjadi penjual di Lazada sejak awal 2018. Saat ini Lazada hanya menggunakan sistem ekspedisi cashless, di mana penjual tidak membayar ongkir saat melakukan pengiriman.

Saya sudah mengiriman pesanan customer dengan order ID 257647137178159. Total dana penjualan saya sebesar Rp552.000 (untuk 4 produk), dengan nomor resi JNE Cashless JNCL-6783356691. Saya kirim sejak tanggal 5 April 2019 dari Bekasi menuju Jakarta Selatan. Tiba-tiba pada tanggal 23 April 2019 status order menjadi CANCELED.

Saya langsung komplain kepada Lazada melalui email partnersupport@lazada.co.id. Ini bukan kali pertama saya dirugikan oleh JNE, dimana paket sudah dikirim namun ada saja kendalanya. Ini adalah kasus yang ke-3 kalinya, setelah sebelumnya paket saya dinyatakan hilang oleh JNE.

Kasus saat ini adalah, kata JNE alamat tidak lengkap. Padahal saya sudah tulis nomor hp penerima. Bisa donk JNE telepon langsung ke nomor Hp penerima. Tapi nyatanya tidak, malah JNE menyalahkan penjual. Kata JNE, JNE sudah menghubungi penjual namun nomor HP penjual (nomor Hp saya) tidak aktif. Bagaimana bisa tidak aktif? Nomor hp saya selalu aktif.

Lalu JNE bilang sudah mengirimkan pesan singkat, saya tanya melalui apa? Email/SMS/WA? Lalu saya minta histori pesan singkat dan histori kapan menghubungi saya ,jika JNE benar melakukan itu? Tapi sampai saat ini, saya menulis di media, pihak JNE tidak bisa memberikan bukti histori tersebut. Artinya JNE sudah melakukan pembohongan besar.

Lalu untuk komplain saya terhadap Pihak Partner support lazada, sampai hari ini saya menulis pesan ini, tidak ada itikad baik mereka untuk membayarkan hak saya, dana penjualan saya sebesar Rp 552.000.

Saya di sini hanya meminta hak dana penjualan saya atas barang yang sudah saya kirim ke customer. Jika ada kendala pada pihak ekspedisi, seharusnya Lazada tidak melibatkan seller, apalagi menahan hak dana penjualan seller seperti ini!!

Saya sangat kecewa dengan pelayanan partner support Lazada, mereka sering sekali memakan hak seller. Itulah yang saya alami.

Dewinta Novia Fedrika
Bekasi – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE atas Surat Ibu Dewinta Novia Fedrika

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 27 April 2019 berjudul “Kecewa dengan Layanan JNE Cashless...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • JNCL-0055866060 mohon di cek dan dikirim yg seharusnya di kirimkan ke penerimanya ..

  • Tolong resi JNCL-0844132338 kok statusnya gagal dikirim. Gmn lazada n JNE.?

  • saya juga seller di lazada dan juga pengguna JNE cashless.
    1. untuk barang yang statusnya sudah dinyatakan hilang, maka kita bisa langsung claim barang hilang ke PSC lazada, maka lazada akan mengganti nominial barang kita. (harus klaim dulu baru diganti)
    2. untuk barang canceled atau gagal kirim, maka barang akan dikembalikan ke alamat seller, atau diambil di konter tempat kita kirim barang. waktu pengembalian ini yg lama bisa memakan waktu 1 bulan.

  • Trus gmn solusinya. Ini saya lagi kejadian.. Pesen makanan pula dr LZD. Kantor saya itu satpam 24 jam standby. Masa tutup katanya.. Saya cek security. Blg nya ga ada kurir yg dtg

  • Saya baru kali ini mengalami pengiriman gagal via JNE Cashless dengan nomor JNCL-9957038817.Gimana ini JNE?

  • pelayanan JNE CASHLESS sangat2 sampah ya... barang saya sudah total 13 kiriman di retur oleh jne cashless.. dan kebanyakan bukannya ditolak dari pembeli.. malah di tolak dari jne nya dengan alasan tidak ada orang di rumah... padahal saya kontak dengan pembeli.. dan pembeli nanya kok paket gagal dikirim.. tolong ya kurir JNE CASHLESS jangan nakal seperti itu... kerja yang bener.. TO***!

  • tolong dong paketan saya di cek no resi JNCL-2577224829 JNGAN KELAMAAN yah yg lain yg barengan saya sudah sampai kenapa saya belum tlg pelayanan nya di tingkat kan jngn bikin banyak orang kecewa ,,knapa bisa telat sya nlpon customer sudah 3x tapi di sistem blm bergerah msih proses saja sudah habis pulsa hampir 50rb untuk nlpon pihak jne ( TOLONG SEGERA DI PROSES )!!!!!!!

  • Betul banget, kenapa harus ada program JNE Cashless kalo akhirnya merugikan pedagang,,??

  • Kecewa banget sama jasa JNE cashlees Sampai juga blm udah bilang pelanggan menolak di tempat