BukaDompet Dibekukan, Pihak Bukalapak Bersikap Tidak Adil

Saya merupakan seorang pelapak di Bukalapak. Dalam situasi sekarang, BukaDompet saya sebagai pelapak dibekukan, karena terindikasi penyalahgunaan promo. Hal tersebut memang benar adanya, tetapi saya hanya melakukan penyalahgunaan promo per tanggal 14 dan 15 April 2019, karena teman saya memberitahu caranya, jadi saya “iseng” untuk mencoba hal tersebut. Dan pada tanggal 16 April 2019 saya temukan BukaDompet saya dibekukan oleh pihak Bukalapak.

Saya sudah coba melakukan pengisian form lewat aplikasi Bukalapak, memohon untuk mengembalikan akses BukaDompet saya, karena saya akan gunakan uang tersebut untuk biaya pendidikan adik saya. Namun baru per tanggal 29 hari ini ada jawaban dari pihak Bukalapak bahwa:

“Berdasarkan hal tersebut, dapat kami pastikan bahwa akun serta transaksi Anda dibuat untuk menyalahgunakan promo/voucher.

Hal tersebut tidak diperkenankan sesuai dengan Aturan Penggunaan Bukalapak dengan detail sebagai berikut.
– Pelapak dilarang membuat transaksi fiktif atau palsu demi kepentingan menaikkan feedback. Bukalapak berhak mengambil tindakan seperti pemblokiran akun atau tindakan lainnya apabila ditemukan tindakan kecurangan.
– Bukalapak atas kebijakannya sendiri dapat melakukan penahanan atau pembekuan BukaDompet untuk melakukan perlindungan terhadap segala risiko dan kerugian yang timbul, jika Bukalapak menyimpulkan bahwa tindakan Pengguna, baik Pelapak maupun Pembeli terindikasi melakukan kecurangan-kecurangan atau penyalahgunaan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan Bukalapak dan jika akun Pengguna diduga atau terindikasi telah diakses oleh pihak lain.
– Bukalapak berhak melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Tindakan tersebut seperti pembatalan transaksi, pembatalan voucher, pemblokiran akun Pengguna, atau tindakan lainnya apabila ditemukan kecurangan dari Pengguna.

Jumlah promo/voucher yang Anda salahgunakan senilai Rp. 31.677.380. Kami akan memotong saldo BukaDompet Anda sesuai nominal tersebut.

Setelah proses tersebut selesai, akses BukaDompet Anda akan kami buka kembali.

Terima kasih atas perhatiannya”

Bukalapak ingin melakukan pemotongan sebesar Rp31.677.380 terhadap saldo saya. Apakah hal seperti itu adil? Sedangkan keuntungan yang saya dapat dari pemanfaatan promo tidak sampai 2 juta rupiah, Saya sangat keberatan dengan kebijakan pemotongan ini, karena sangat tidak masuk akal. Di sini saya hanya meminta keadilan dari pihak Bukalapak supaya uang saya dikembalikan secara wajar. Silakan potong promosi yang saya manfaatkan selama tanggal 14 dan 15 April, tetapi sepertinya di sini semua penjualan yang menggunakan kode voucher ditagihkan kembali kepada saya sebagai pelapak, sangat tidak masuk akal, dan tidak wajar.

Tolong kembalikan uang saya dengan pemotongan nilai transaksi yang “MASUK AKAL”.

Rendhy
Tangerang – Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Rendhy

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Penyalahgunaan voucher promo maksudnya gimana gan? Transaksi fiktif? ?

  • kepada bapak rendi..lalu sisa bukadompet setelah dilakukan pemotogan saldo masih sisa berapa gan? dan apakah sisa saldonya bisa dicairkan.? mohon dibalas..