Saldo OVO Cash Berhasil Ditransfer, Tetapi Dana Tidak Masuk Ke Rekening

Kamis (2/5) kemarin, pukul 8 pagi saya melakukan transaksi top up saldo OVO cash dari rekening Bank Mandiri. Alhamdulillah, proses top up pun berhasil dilakukan ditandai dengan bertambahnya saldo OVO cash. Selang beberapa menit kemudian, saya berencana untuk mentransfer saldo OVO cash tersebut ke rekening Bank BCA saya.

Saya menggunakan jasa OVO ini untuk menghindari biaya admin transfer antar bank dan tanpa antri. Hal ini sudah menjadi rahasia umum, kalau OVO sampai saat ini bisa dimanfaatkan untuk transaksi seperti itu. Selama ini (saya pernah melakukan beberapa kali transaksi transfer OVO cash ke rekening bank) tidak pernah mengalami masalah (selain kesulitan top up OVO cash dari rekening Bank Mandiri).

Tapi kemarin ketika saya selesai melakukan transaksi transfer OVO cash ke rekening BCA saya sejumlah Rp. 1.850.000 melalui aplikasi OVO di HP Android saya, saya mendapatkan notifikasi bahwa transfer berhasil dilakukan, namun ketika saya cek saldo rekening BCA saya, saya tidak mendapati dana sudah masuk, saya cek melalui mutasi pun tidak ada informasi transfer dari OVO. Hingga siang hari, saya tunggu tapi dana belum masuk juga. Saya berinisiatif untuk menghubungi OVO melalui media twitter, namun saya diarahkan untuk menghubungi Customer Service OVO melalui e-mail.

Saya pun langsung mencoba menghubungi Customer Service OVO melalui e-mail dengan menjelaskan permasalahan yang terjadi di badan e-mail. Beberapa menit kemudian, salah satu Customer Service OVO membalas e-mail saya dengan meminta informasi rekening dan nama penerima. Saya pun langsung membalas dan memberikan informasi yang diperlukan dan tak lama kemudian, CS (Customer Service) OVO menyarankan saya untuk menunggu penyelesaian masalah. Namun, hingga sore menjelang malam, belum ada kabar berikutnya dari e-mail terakhir.

Saya pun mencoba menghubungi CS OVO melalui telepon, dikarenakan saya memang sedang sangat membutuhkan dana tersebut. Awalnya, saya kesulitan terhubung, mungkin dikarenakan sedang peak hour, namun beberapa saat kemudian, akhirnya saya terhubung lalu saya jelaskan kembali permasalahan saya, dengan menyebutkan kronologi yang telah saya lalui sampai petang hari melalui e-mail. Jawaban yang sama yang saya dapatkan, bahwa saya dianjurkan untuk menunggu penyelesaian masalah dengan informasi estimasi penyelesaian yang belum bisa dipastikan.

Hingga sore ini, sudah lebih dari 1×24 jam dari awal saya mendapati masalah, dana belum masuk ke rekening BCA saya. Saya harap dengan diterbitkannya surat pembaca ini, mendapatkan respon dari pihak OVO, dengan mendapatkan penyelesaian sesegera mungkin.

Sebagai informasi tambahan, tadi pagi saya sudah mencoba menghubungi kembali CS OVO melalui e-mail, namun masih belum mendapatkan respon hingga surat pembaca ini ditulis. Berikut nomor keluhan saya melalui e-mail sebagai tambahan rujukan bagi pihak OVO: 1785651

Harry Agustiana
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai OVO:
[Total:9    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Saldo OVO Cash Berhasil Ditransfer, Tetapi Dana Tidak Masuk Ke Rekening

  • 13 Mei 2019 - (13:26 WIB)
    Permalink

    Setelah adanya push disana-sini (mulai dari surat pembaca, pengiriman e-mail ke OJK dan Bank Indonesia, merespon ulang beberapa kali CS OVO serta menelepon ulang CS OVO), per malam harinya setelah thread ini dibuat, akhirnya dana saya kembali ke saldo OVO cash, dan akhirnya bisa saya transfer ulang ke rekening BCA saya. Saya sudah uninstall aplikasi OVO, semoga kedepannya tidak banyak lagi kasus serupa yang mengecewakan dan merugikan pengguna dari segi waktu.

    • 17 September 2020 - (21:16 WIB)
      Permalink

      Saya dari aplikasi DANA ke OVO pembayaran 169.000 dari aplikasi Dana sudah berhasil tapi di ovo tidak ada riwayat pembayaran.gimana ya cara klaim nya. Sudaj ke cs dana malah di suruh ke cs ovo,sudah ke cs ovo malah di suruh ke cs dana.jadi bingung

  • 13 Mei 2019 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Syukurlah jika dana anda sdh dikembalikan. Sungguh beruntung. Dana saya sejak awal maret tidak ketahuan rimbanya oleh OVO. Transaksi dari 1 maret sampe skrg 13 mei masih berputar2 seolah anak kecil yg tidak tau jalur transaksi keuangan.
    Selamat pak…. Good luck

    • 15 Mei 2019 - (10:18 WIB)
      Permalink

      Coba adukan melalui e-mail ke bicara@bi.go.id karena OVO bergerak dibawah pengawasan Bank Indonesia, berdasarkan informasi dari Humas OJK. Biasanya dari Bank Indonesia meminta koordinasi lagi dengan OVO dan menunggu hingga maksimal 40 hari penyelesaian (sesuai informasi yang saya terima dari pihak Bank Indonesia), jika masih tidak ada penyelesaian dari pihak OVO dan BRI, bisa laporkan lagi ke BI untuk minta bantuan penyelesaian. Mudah-mudahan uangnya bisa kembali ke pemiliknya.

  • 4 Februari 2020 - (17:37 WIB)
    Permalink

    Mohon maf sya jga smlm teransfer ke bank BCA tetpi dana sya tidak masuk samapai sekarang pun sya langsung email ke ovo blsan nya suruh tunggu dalam 2 hari keja sya udh 2 x kejadian seprti in meski pun nominal nya kecil sya

  • 7 Mei 2020 - (05:16 WIB)
    Permalink

    kendala yang sama..
    saya telah menggunakan aplikasi ovo untuk tfr ke rekening bank BCA saya,status di ovo terkirim tetapi di cek ke rekening bank tidak masuk,
    jika di proses menhubungi call center apa uang kalian kembali?

 Apa Komentar Anda mengenai OVO?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Saldo OVO Cash Berhasil Ditransfer, Tetapi Dana Tidak Masuk Ke Rekenin…

oleh Harry Agustiana dibaca dalam: 2 menit
7