Bukalapak Secara Sepihak Meneruskan Dana ke Kurir

Saya baru-baru ini berbelanja tinta toner melalui aplikasi Bukalapak senilai Rp3.278.000 dengan nomor transaksi 192002756790. Dikarenakan saya membutuhkan barang tersebut secara urgent, saya memilih opsi kurir termahal (TIKI ONS) yang menjanjikan barang akan sampai dalam waktu maksimal 1 hari. Barang tersebut saya bayarkan secara langsung agar dapat segera diproses oleh penjual, agar saya bisa segera mendapatkan barang tersebut dikarenakan saya harus segera mencetak dokumen-dokumen penting dan terjadi kerusakan pada tinta yang telah saya miliki sebelumnya. Untuk klaim garansi tinta yang saya miliki sebelumnya jelas membutuhkan waktu dan saya lebih baik membayar tinta dan ongkir yang lebih mahal agar dokumen bisa segera saya cetak.

Tetapi semuanya menjadi kacau sejak pihak TIKI tidak dapat memenuhi janjinya untuk mengirimkan barang tersebut tepat waktu. Saya pun melayangkan komplain kepada pihak Bukalapak agar dana ongkos kirim segera dikembalikan kepada saya dikarenakan saya membayar ongkir melalui aplikasi bukalapak.

Saya melayangkan komplain tersebut karena saya sebelumnya pernah mengalami hal yang sama dan pihak Bukalapak merefund uang ongkir kepada saya sebagai bentuk kepedulian terhadap konsumen dan agar pihak kurir tidak semena-mena dalam menjalankan kewajibannya untuk mengirimkan barang tepat waktu sesuai yang dijanjikan.

Tetapi pihak Bukalapak kali ini menolak dengan alasan pihak kurir memiliki kewenangan untuk mengirimkan barang di luar perjanjian sesuai dengan kondisi yang mereka alami. Jelas di sini saya menjadi sangat marah dan kecewa dikarenakan pihak Bukalapak sebagai marketplace tidak memiliki andil untuk memberikan efek jera atau mengontrol kualitas kurir yang bekerjasama kepada Bukalapak apabila kurir tidak bisa bekerja secara profesional dan merugikan konsumen.

Saya sampai hari ini masih menunggu itikad baik dari Bukalapak ataupun TIKI untuk mengembalikan uang ongkos kirim yang telah saya bayarkan karena saya tidak menerima benefit dari ongkos kirim tersebut.

I Made Mahendra Budhiastra
Jimbaran – Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Made Mahendra B

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya