Surat Pembaca

Kenapa Harga di Apotek BUMN Lebih Mahal dari HET?

Hari ini, tanggal 08 Mei 2019. Saya membeli sebuah obat untuk penguat kandungan istri saya, saya membeli Utrogestan 100mg. Sebenarnya saya sudah cek toko online dan harganya saya sudah tahu harga yang saya akan beli. Namun ketika saya ke Apotek Kimia Farma (KF) ketika saya menanyakan harga item yang sama obat yang sama dan zat aktif juga yang sama persis namun harganya 2 kali lipatnya. Saya berpikir mungkin memang sebesar itulah harganya Fyi, harga di toko online hanya Rp250.000 sedangkan harga di KF adalah Rp514.800.

Semula saya hanya berpikir memang sebenarnya semahal itu obat Utrogestan ini, setelah saya membayar dan saya melihat box unitnya, ternyata Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk obat tersebut hanya Rp 433.125, yang artinya Apotek BUMN tersebut menjual harga di atas HET. Kecewa sangat kecewa semula saya pikir BUMN lebih murah dan juga secara pelayanan jauh lebih baik, namun pelayanan tak ubahnya apotek swasta dan harga yang terlampau jauh.

Untuk Apotek Kimia Farma intinya saya sangat kecewa dengan sistem besaran harga Anda. Sangat sangat sangat KECEWA. Saya tidak merekomendasikan untuk membeli kebutuhan obat setiap konsumen di Kimia Farma.

Boyke Ramadhani
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Lumayan jauh juga selisih harganya dari HET. ?

    Harusnya ada pengawasan dari Kemenkes mengenai hal ini. Karena HET itu adalah bentuk transaparansi bagi konsumen, agar tidak "dibodohi". Selama ini pasien biasanya hanya pasrah saja ketika disodori harga waktu menebus resep di apotek.

  • Maaf jika boleh berkomentar Sepertinya ada kesalah pahaman dengan konsumen. Menurut saya tidak beda jauh selisih harga yg diberikan kimia farma apotik, krn di apotik lain juga menjual sekitar 500ribuan dngan catatan 30 kapsul. Sementara ts ngecek di toko online lain mungkin harga 15 kapsul / strip sehingga jatuhnya sekitar 250rb.an Saya sdh bandingkan dengan k24 online dan kemasan HET tertera bahwa satu box utrogestan isi 30 caps sekitar 500rbuan. Maaf Saran saya mgkin ts bisa minta penjelasan di kimia farma care telp di nomer 1500255. Terima kasih

  • saya juga habis kena, harga obat ciprofloxacin yg HET nya hanya 70 ribu tp saya harus membayar 186 ribu, saya baru sadar ketika smpai di rumah, sdangkan harga di apotek swasta biasanya cuma 15k. sangat kecewa dgn kimia farma

  • Iya saya juga barusan beli GlucoDr dengan harga 352.000 di KIMIA FARMA sedangkan di online paling mahal 150.000 padahal isinya sama saja 50pcs. Jadi bingung perusahaan BUMN malah justru harganya 2x lipat. Saya sangat sangat kecewa dengan harga yang diberikan oleh KIMIA FARMA

  • oh emang gitu toh, kimia farma emang MAHAL. saya baru aja beli Tolak angin anak, Karena hujan, udah malem jg apotik2 langganan udah tutup terpaksa masuk kimia farma. harga satu kotak tolak angin anak yg isi 12 sachet biasanya sy beli ga sampe 30rb. eh ini saya beli 39rb dong... saya cek di e commerce / HET nya pun juga ga sampe 30rb

    • Kaget saya abis beli obat dari Kimia farma , rheumacyl neo yg di pasaran di jual cuman 30rb -40 rb di Kimia farma 100rb, pas saya liat masa obat di jual per butir padahal kimia farma beli perstrip dari distributor , kapok saya beli disitu lagi ..

  • beli nebulizer merk omron di KF hampir 1.5 juta.. di toko sebelah 750 rb.. hmmm.. merk sama..model sama...

  • Barusan beli obat di kimia f*rma (KF) pagi2 jam 7 sekalian mau brgkt kerja kan. krn apotik yg buka 24 jam cm KF doang di kota ini.
    Obat yg dibeli teryata adanya yg paten
    Udh tau sih harganya pasti bakal mahal kalo paten, sempet google dulu harganya krn merasa ga gt jauh bgt harganya sm yg generik yaudah di iyain aja. Eh pas mau bayar di kasir obatnya 640rb ?, pdahal di google paling mahal harga 250rebu dgn merk, dosis dan jmlh tablet yg sama. Ya kalo mau nyari untung HET naek 5-10% masi gpp. Ini naek hampir 200-300% dari harga pasaran! Gak ngotak?, terpaksa beli soalnya udh nunggu lama di apotik pngen buru2 brgkt jg. Kapok ga bakal ke apotik KF lagi skalipun mendesak. Pantes apotik KF dimana2 sepi, harga gak ngotak… kelebihan KF cuma krn buka 24 jam aja dan tersebar di kota mana aja ada. Tp harga gak ngotak?

  • udah kapok saya beli ASIFIT di Kimia Farma harga 70ribu, sedangkan di toko online dengan barang yang sama hanya 25 ribu..

    adik saya beli VERMIN 80 ribu, di apotek lain hanya 30 ribu,, hedewhhh..
    gak bakal balik kesana lagi