Surat Pembaca

Akun Kredivo Saya Di-hack/Disalahgunakan Orang Lain untuk Belanja di Shopee

Waktu itu pagi sekitar pukul 07.00 WIB saya melihat ada masuk SMS dari pihak Kredivo bahwa nomor saya telah diganti orang lain. Kemudian saat itu juga saya langsung buka akun Kredivo saya ternyata sudah ada transaksi pada pukul 03 .30 WIB dengan membeli dua buah handphone dengan cicilan dua belas 12 bulan.

Akhirnya tanpa pikir panjang saya langsung ke kantor Kredivo di Jalan Tentara Pelajar, dan saya langsung masuk menanyakan perihal akun Kredivo saya yang telah di-hack orang lain. Pada saat itu saya ketemu sama cleaning service dan dia menyuruh saya untuk menunggu sampai pukul 09.00 WIB. Akhirnya saya ketemu dengan orang yang bagian customer service dan menanyakan perihal masalah yang saya hadapi. Saya ceritakan masalahnya dan langsung cek akun Kredivo saya di laptopnya.

Saya disuruh untuk menghubungi pihak Shopee terlebih dahulu karena yang meng-hack akun saya telah membeli handphone di aplikasi Shopee. Saya langsung telpon untuk memohon melakukan pembatalan pada transaksi pada pemesanan handphone tsb.

Setelah beberapa pertanyaan pihak Shopee meminta saya untuk menunggu untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu. Kembali ke customer service Kredivo lagi dan dia meminta saya untuk menunggu dari pihak Shopee terlebih dahulu dengan alasan bahwa transaksi di Shopee sudah sukses. Akhirnya saya pulang tanpa tanpa menyelesaikan masalah.

Setelah beberapa saat email dari Shopee masuk dan mengatakan bahwa transaksinya tidak bisa dibatalkan dengan alasan bahwa penjual handphone tsb sudah melakukan pengiriman padahal transaksi saat itu pukul 03.30 WIB dan saya menghubungi Shopee sekitar pukul 9-an. Bagi saya pihak penjualnya terlalu cepat melakukan pengiriman atau itu akal-akalan dari pihak Shopee agar tidak terjadi pembatalan transaksi?

Apakah ada solusi dari teman-teman untuk masalah yang saya hadapi?

Muhammad Rusdi
0813770391**
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Muhammad Rusdi

Pada kesempatan kali ini, kami ingin menanggapi keluhan yang dibuat oleh Bapak Muhammad Rusdi di Media Konsumen, tertanggal 12 Mei...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Hi Kak, mohon maaf ya kalo ada kendala. Terkait hal tersebut bisa kamu tanyakan langsung ke Kredivo ya kak. ^FY

    • Jd hsilnya gmn pak? Apa bpk bayar cicilannya?soalnya sy jg mengalami hal yg sama di kredivo, thanks.

        • apakah d byr sampai lunas pak,karna saya jg mengalami seperti itu,pembelian token 2jt 300 an 3 kali transaksi,tindakan selnjutnya gimana pak

          • Akun kredivo saya juga di hack, dipakai belanja di shopee sama orang lain. Solusi nya gi mna?

        • Sy jg pernah alami dan sy tidak mau bayar biar depcolektor dtgin sy dan sy minta bukti barang apa yg ambil dan alamat nya..ternyata alamat bukan rumah sya..
          Jd inti nya jgn pernah bayar kalau org Laen yg pakai kredivo kita..

          • Gmn pak.. apa ada decoloektor yg datang,yg juga kena hack akun kredivo sy , 1minggu yg lalu, ada transaksi 7jt lbh belanja d blibbi tp

          • saya juga brusaja mengalami kak , bisa tolong sharring ke saya , saya bingung kak . hubungi saya 0895031605**

          • Gibran.. laporkan dan ceritakan kepada polda setempat,berikut dengan bukti²nya,nanti pihak polda akan mengeluarkan surat kepolisian,kl ad depcolector nagih tinggal tunjukkan surat tersebut,

    • Mohon pencerahanya ttg pembobolan kredivo saya habis kena tipu org 9,5 juta dgn cicilan 12 d merchant lazada,saya bnhung dn hrs gmn ..pihak kredivo gk bs bantu dan pihak lazada sruh lapor ke polisi krena tdk bs mmbatalkan dgn alasan akunya si penilu pdhal hrusnya bisa kn ada id transaksinya saya pkir lazada gak mau khilangn konsumen dgn pmbelian sperti itu..akun saya dibajak org saya bngung hrs gmn lg klonk polisi apa pakai uang..mohon dsni bisa bantu

    • Jd bpk byr sampai lunas cicilannya? Rugilah pak, kan susah cari uang? Thanks

      • Iya jd. Gmana menurut ibu. Saya takut debt colectornya datang . Takut ke tempat kerja jg

        • Coba pak hadapi DC nya, bicara baik-baik.
          Jd hasil investigasi dr pihak kredivo apa pak? Emg kita yg nanggung semua itu? Atau emg gak da keputusan dr mereka? Krna sy jg mengalami hal yg sama, rasanya berat membayar yg bukan tagihan kita. Bpk uda coba lapor ke pihak berwajib?

          • Pihak kredivonya udah investigasi katanya. Dia bilang kesalahan saya . Dan bilang harus bayar cicilannya . Blom lapor polisi sih.

      • Hari selasa saya mau ke reskrimsus cybercrime polda metrojaya. akun tokopedia, traveloka, kredivo saya dihack tgl 20 juli kemaren . pelaku menggunakan samsung galaxy j7 prime dengan ip 140.213.49.81 hp 081807946039 dengan lokasi terakhir di daerah timur monas. Limit kredit saya di kredivo dihabiskan dan kredivo tetap menyuruh saya membayar tagihan tersebut , investigasi 90 hari kerja. saya ga mau bayar yg bukan transaksi saya , jatuhnya udah fraud.

        • Sy pun sperti itu pak. Limit kredivo sy dihabiskan. Sy jg mau lapor ke polda krna mnrt sy agak agak aneh/mencurigakan gtu. Jd biar jlas... Smkin byk yg lapor kan semakin bagus. Brarti kasus sperti itu ada, biar bs jd koreksi bg semua pihak yg bersangkutan terutama pelaku. Krna qlo viral kan bs sampai ke pemerintah pusat jdnya cpad di proses.

          • Kalau perlu saya ke OJK sama YLKI. Enak aja disuruh bayar, dikira cari duit gampang.

          • Iya bener itu akun kredivo saya jg ada yg bobol dia ganti pin sama no hp nya, tau2 ada email transaksi dri kredivo , jd gimana punya bpk/ibu cara penyelesaian nya. Mohon info nya trimakasih

        • Saya juga mengalami hal yg sama kak... Lalu bagaimana solusi nya? Sy mau bayar pun saya ga ada dana nya

  • Lapor polisi pak. Kartu kredit hsbc saya dibobol orang. Dipake di toko online jg. Percuma ke kredivo, bank aja ga membantu.

    • Pihak kredivonya seolah2 membiarkan .pdahal d keterangan aplikasi kredivonya klo misal kita bukan yg transaksi di aplikasi kita bisa lapor sebelum 24 jam. Tp di biarkan sama pihak kredivonya aja.

    • Hahhaha bukan diinvestigasi namanya tu bilang itu kesalahan kita tp melarikan dri dr mslh. Jgn2 itu malah permainan mereka sndri spy menghasilkan uang. Soalnya ini kejadian uda sering dgn metode yg sama, tp smpai skrg gk da penyelesaiannya malah smkin berkembang. Yg anehnya aku baca ada bbrp org korban, device yg membobol akun sama yakni memakai samsung SM-A105G. Jd nya aneh kan pak? Saran sy lapor polisi za pak, nanti mereka pikir kita lemah jd sasaran empuk.

        • Selasa kemarin saya sempat ke polsek daerah saya, tp mereka anjurkan ke polda saja krna disana ada IT nya jd mereka bs buka akun kita. Waktu ke Polda ternyata semua sms, akun kredivo kita, kita print semua sbg bukti. Jd rencananya senin depan kesana, soalnya pihak cyber crime jam kerjanya seperti jam kantor. Jd kalau bpk mau lapor ke polda za pak sambil bawa print sms, dll sbg bukti. Korban yg lainnya jg sy baca ada yg uda lapor polda.

          • Saya di sumut pak, jd sy lapor di polda sumut. Bpk lapor di polda wilayah bpk za. Ada bbrp org uda lapor sy baca di web ini. Mn tau nanti kita bs buat grup bg yg uda lapor, dan mendiskusikan gmn lngkah slanjutnya apa diviralkan biar ditindaklanjuti atau gmn. Sy lg tunggu pihak kredivo nya nlpon, liat hsilnya gmn... Qlo mereka lepas tangan, brarti pihak korban yg trun tangan brarti mereka hrs siap terima konsekuensinya. Masak bs bbrp org dibobol dgn cara yg sama dan device yg sama tp mereka diam saja pdhl pihak korban yg membobol uda lapor jauh2 hari, seolah2 org itu sengaja membiarkan. Makanya sy lapor dlu dlu di polda biar tau langkah slnjutnya. Paling tdk kalau kita uda lapor membuktikan kalau kita memang pihak korban, bukan sengaja. Itu menurut sy pak..

          • Ya bu. Saya d jakarta . Saya jg heran . Pdahal saya datang ke kantor kredivonya langsung untuk melaporkan biar transaksinya d batalkan . Tp dia menyurug saya ke shopee dlu. Bahkan data saya dia ngak mau menunjukkannya. Mudah2an ada disini yg mau bareng ke polda . Tp saya dr bulan mei apa masih bisa yah ?

  • Heran ya, kenapa mesti di shopee? Ngga di bukalapak, tokopedia, lazada dan lain sebagainya? Saya juga mengalami hal yang sama, akun akulaku saya digunakan orang yang tidak dikenal untuk beli barang di shopee, bukan kah ini sebuah kebetulan? Bagaimana keamanan sistem di shopee? Bukankah pemilik akun shopee harus mendaftarkan akun akulaku di sistem shopee dan harusnya ada keamanan lebih baik dengan memverifikasi ke nomor telp pemilik akun akulaku, sehingga pada saat pelaku menggunakan akun akulaku orang lain atau aplikasi kredit lainnya di shopee tidak akan pernah bisa digunakan karena verifikasi nya langsung ke nomor telp pemilik sah, sehingga bisa ketahuan kalau akun sedang dicolong pelaku.

    • Pdhl waktu itu saya telpon pihak shopee pas pagi bngt buat membatalkan transaksinya tp pihak shopeenya ngak mau dengan alasan baranv sudah d kirimkan. Pdahl itu masih 4 jam dr pembelian .

  • Kemaren saat sy ke polsek sy tanya brp lama batas akhir bs melapor? Pihak polisi bilang utk kasus pidana 6 bln. Ini termasuk kasus pidana, jd masih bisa pak. Coba saja pak lapor krna itu menandakan kita serius. Msak pihak pembobol tau limit2 yg masih ada? Kan aneh... Takut sy memang ada permainan org dalam, makanya bs leluasa gtu dgn device yg sama. Lagian yg membobol itu pun kyknya bukan seorang hacker yg handal, jd qlo di telusuri pasti hrsnya bisa. Hy za kita kan gk py akses utk minta data dr infokom, onlineshope bersangkutan dll. Qlo pihak2 terkait sperti polisi, teknologi dan informasi hrsnya bs dilacak. Tohh semua perangkat ada imeinya, stiap jaringan ada ip nya hrsnya itu bs di lacak. Blom lg ke pihak mn dy bertransaksi.

  • Minggu kemren pak. Drpd kita b'pikir yg gak2 tentang mereka "ada org dlm dsb" dan mereka b'pikir2 yg gak2 ttg kita seolah2 kita sengaja dgn m'berikan nik mkanya niat lapor biar tau qlo kita sbg korban bukan seperti yg mreka blg.

    • Mslh akun saya sdh diselesaikan oleh pihak kredivo dgn cpad. Thanks kredivo.
      Dan b'harap mslh bpk pin sgra diselesaikan dgn cpad.

      • hi bu dya, saya punya masalah yg sama dengan ibu terkait akun yg dihack. boleh diceritain bu diselesaikan oleh kredivonya bagaimana?
        apa untuk bisa selesai harus laporkan masalah ini ke polda dulu atau tunggu sama dari pihak kredivo?

  • Diselesaikan nya seperti apa bu apa tagihannya hilang saya juga kena dan saya sudah melapor ke kredivo tokopedia dan besoknya saya ke reskrim polda metro jaya saya kesal tanggapan pihak kredivo yg lepas tangan.

    • Assalamu'alaikum
      saya juga kena seperti ini
      saya sudah lapor ke kredivo di suruh tunggu 90 hari kerja
      apakah ada solusi lain untuk kasus seperti ini
      mohon bantuanya
      terimakasih

Penulis
Rusdi Siregar