Promo Menang Undian di Dana Ternyata Hanya Abal-abal

Karena Domisili di Luar Jawa Pemenang Undian Dana Dibatalkan?

Kepada Tim manajemen Dana.

Melalui surat yang saya tulis di Media Konsumen ini saya membagi perasaan apa yang saya alami ketika saya dinyatakan sebagai salah satu pemenang undian promo “Dana bagi-bagi hadiah”.

Kronologinya:

Tanggal 14 Mei 2019 saya menerima SMS dari Dana yang menyatakan saya telah memenangkan hadiah TV Samsung dari promo Dana bagi-bagi hadiah. Awalnya saya tidak percaya dengan itu semua karena banyaknya penipuan yang beredar melalui sms.

Seperti yang diterangkan dalam sms itu saya harus memasukan data nama, no hp, alamat nomor akun dana, foto KTP dan NPWP. Dan itu semua sudah dilakukan. Untuk memastikan kebenaran saya mem-follow akun IG Dana. Dan benar saya menemukan nama saya ada sebagai salah satu pemenang. Tapi sedikit berbeda dengan yang diumumkan di SMS dengan yang di IG Dana. Di mana di IG Dana saya memenangkan hadiah Samsung Galaxy S10+. Disini terlihat ketidak konsistennya Dana mengumumkan hadiah apa yang diberikan.

Lalu pada tanggal 15 Mei saya membuka akun WA dan menemukan akun Dana yang masuk dan saya membaca pesan, agar saya harus datang ke tempat pengambilan hadiah di Jakarta tanggal 16 Mei. Saya berpikir tidak akan mungkin ke sana karena tidak ada biaya perjalanan. Saya berdomisili di Kota Palu, Sulawesi Tengah, luar Jabodetabek. Oleh pihak Dana mengatakan saya bisa mewakilkan keluarga atau kerabat lain. Dan lagi saya menyatakan tidak punya.

Tanggal 16 Mei saya mendapatkan pesan WA dari Dana yang membuat saya kecewa adalah ternyata saya bukan pemenang melainkan hanya kandidat pemenang. Lho kok bisa berubah begini. Apa pihak Dana salah memberikan pesan SMS kepada saya yang terang-terang menyatakan saya pemenang promo. Lalu kalau hanya kandidat mengapa harus diumumkan untuk mengambil hadiah serta melengkapi data KTP dan NPWP. Bukankah kandidat itu baru calon pemenang belum pemenang?

Lalu di WA saya membalas pesan dari Dana dan mengatakan promo itu hanya abal-abal. Pihak Dana membalas dengan permintaan maaf serta mengatakan telah merubah kebijakan dengan kalimat ” Karena sesuatu hal kamu bukan pemenang”

Dari itu semua saya menyimpulkan bahwa:

  • Pihak Dana dengan mudah merubah syarat dan ketentuan dalam menentukan pemenang promo.
  • Pihak Dana telah membohongi saya dengan iming-iming hadiah ternyata abal-abal.
  • Pihak Dana sepertinya pilih-pilih calon pemenang seolah tidak menghendaki pemenang di luar jabodetabek. Apalagi di luar Jawa karena berkaitan dengan pengiriman hadiah. Padahal jelas dalam SMS pemenang di luar Jabodetabek akan dikirimkan.
  • Pihak Dana tidak konsisten menerapkan hadiah pemenang promo . DI SMS mengatakan TV Samsung dan Di IG Dana HP Samsung Galaxy 10+

Saya sebagai pengguna akun Dana dan telah lama bertransaksi menggunakan aplikasi ini sangat kecewa diumumkan sebagai pemenang hadiah kemudian diralat bukan lagi pemenang tapi hanya calon/kandidat.

Kepada pihak dana saya mohon penjelasan atas semua promo-promo berhadiah yang digelar. Jangan hanya jadi penarik konsumen.

Munzir
Tawaeli, Kota Palu
Sulawesi Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan DANA atas Surat Bapak Munzir

Menanggapi surat pembaca yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Munzir dan dimuat di mediakonsumen.com, pihak DANA telah menghubungi konsumen untuk...
Baca Selengkapnya

37 komentar untuk “Promo Menang Undian di Dana Ternyata Hanya Abal-abal

  • 16 Mei 2019 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Menurut peraturan, undian itu harus disaksikan oleh notaris dan diumumkan di media massa (bukan media sosial yg bisa dihapus atau diedit sendiri). Alasannya ya untuk menghindari undian abal-abal seperti pengalaman di atas. ? Udah diumumin jadi pemenang, eh diralat lagi…?

  • 16 Mei 2019 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Iya, mas…harusnya seperti itu. Agar punya kekuatan hukum yang kuat. Bahkan di S dan K mengenai promo tersebut dinyatakan bahwa keputusan pemenang promo tidak dapat diganggu gugat.
    Tapi berbeda dg saya. Bisa di rubah karena mereka berlindung pada ketentuan ” bahwa pihak dana dapat merubah sewaktu-waktu ketentuan mengenai promo tersebut”.

    • 22 September 2019 - (14:49 WIB)
      Permalink

      Bagimana respond tim Management DANA Pak, soalnya saya sekarang mengalami posisi Bapak yang awalnya dijanjikan pemenang SAMSUNG A70 dan sekarang dinyatakan GUGUR sepihak tanpa ada penjelasan, pdahal saya sudah intens ntuk menanyakan kepada Tim DANA. KiRa2 mnurut Bapak apakah ini pembohongan atau gimana ya kemana saya bisa melaporkan hal ini ya.
      Salam Hormat,
      Daniel Simatupang
      Karimun – Kepulauan Riau

  • 20 Mei 2019 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Lah? Hahahaha, kok ada aja ya kejadian yang ajaib2 macam begini wkwkwkwk

    Lah kenapa gak dari awal aja dibilang kalo “peserta undian harus domisili jabodetabek”, kan habis perkara & gak perlu ruwet2 begini.

    Saya gak ikut dana, jadi gak ngerti juga bagaimana s&k nya. Kalau bener bahwa awalnya ditulis bahwa hadiah bakal bisa dikirimkan, & ternyata kemudian belakangan ditarik/diubah/dibatalkan tulisan tersebut, berarti asli ini perusahaan gak bonafid.
    Bahaya nih kalo uang kita dihubungkan dengan perusahaan macam begini.

  • 22 Mei 2019 - (06:21 WIB)
    Permalink

    Dana lagi, dana lagi…. Bukan mau jadi kompor tapi memang terkesan mau menang sendiri. Memang payah tuh Dana. Saya terkena kasus juga n dah tulis di media konsumen cuma belum naik tayang. Tunggu aja.

    • 24 Mei 2019 - (13:31 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah mas minzir….saya jg was was jangan2 php…..tp ternyata barusan ada kurir datang kirim barang…..alhamdulillah beneran dapat samsung s10+….tp segelnya gk saya buka….soalnya mau saya jual hehe….makasih DANA……gak nyangka dapat undian hehe…..makasih banget DANA…..semoga hadiah mas minzir jg segera datang…..owh ya saya dr jatim mas….dikirim DANA tgl 22 mei kemaren dan baru aja datang

      • 24 Mei 2019 - (13:41 WIB)
        Permalink

        Wuih selamat yah, mantap banget hadiahnya! ? Rahasianya apa bisa menang hadiah undian? Sy udah sering ikutan, tapi gak pernah menang. ?

        • 25 Mei 2019 - (00:08 WIB)
          Permalink

          Mungkin rejeki aja mas hehe….gk ada rahasia…aq menang hadiah yg kirim 77 rupiah itu lho….awalnya temen ma saudara pengen ikutan pake DANA…jd aq kirim 77 rupiah baru mereka download…aq cuma kirim 2 atau 3x aja lho….yg sering kirim malah hp suami tp yg dpt no.pe.q xixi……rejeki tdk d sangka2 hehe

      • 14 Oktober 2020 - (01:06 WIB)
        Permalink

        helo Ida .
        Untuk prosedur sampai diterimanya barang itu tahapnya apa aja ya..
        dari pengumuman sampai diterimanya barang.

  • 22 Mei 2019 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Iyalah? ?? Saya jg dapat sms menang hp samsung s10+…..udah di minta data….katanya d kirim tgl 20 suruh tunggu…tp ketika tgl 21 saya tanya udh di kirim blm….saya diminta lengkapi data lg…dan suruh tunggu masih di konfirmasi pihak terkait….moga2 aja beneran gk tipu2

  • 22 Mei 2019 - (15:41 WIB)
    Permalink

    Apa sudah ada resi pengiriman di kasi dana mba. Mba pemenang asal daerah mana.
    Tanggal 20 Mei kemarin saya telah dihubungi langsung pihak dana melalui telpon dan pihak dana menyampaikan permohonan maaf atas apa yang saya utarakan di media konsumen. Oleh pihak dana menyatakan terjadi kesalahan komunikasi di antara manajemen. Dan pihak dana tetap mengakui saya sebagai pemenang. Pihak dana telah meminta konfirmasi alamat pengiriman hadiah ke saya. Seperti yang diumumkan di IG dana saya memenangkan hp samsung galaxy 10+ bukan TV samsung seperti yg di sampaikan di SMS dan WA dana. Pihak dana telah meluruskan hadiah sebenarnya HP samsung galaxy 10+. Dan sekarang saya masih menunggu hadiah tersebut. Semoga benar adanya.
    Kepada media konsumen saya ucapkan terima kasih telah memuat surat saya. Dan terima kasih juga kepada pihak Dana yang cepat tanggap dan mau bertanggung jawab terhadap masalah yang terjadi dan telah memberikan solusi positif. Semoga kedepannya masalah seperti ini tidak terjadi lagi. Saya yakin kebenaran sejati akan menang dan kecurangan secuil apapun pasti akan ketahuan.

    • 23 Mei 2019 - (10:07 WIB)
      Permalink

      Selalu saja keluhan harus masuk ke mediakonsumen, barulah CS mau merespon.

      Jika komplain via email atau telepon, tidak pernah ditanggapi bahkan cenderung konsumen yang disalahkan / dituduh.

      Silakan dinilai sendiri kualitas perusahaan DANA dengan membaca review App DANA di Google AppStore (dgn rate Bintang 1).

      Anda akan tahu berapa banyak kasus yang tidak diselesaikan.

          • 16 Oktober 2020 - (05:07 WIB)
            Permalink

            Tidak terlalu lama. Hanya empat hari sejak saya dihubungi langsung oleh bpk Manajer Dana. Saya langsung mendapatkan hadiah yg dibawa kurir langsung ke rumahku

          • 16 Oktober 2020 - (10:38 WIB)
            Permalink

            Terima kasih pak Informasinya sangat bermanfaat

          • 17 Oktober 2020 - (09:40 WIB)
            Permalink

            Hari ini Saya Menerima Resi Kurir dari Dana terkait pengiriman Samsung Galaxy Note 10 Plus.
            Terima kasih dana..
            Deg2an nunggu Hasil Pengiriman

  • 25 Mei 2019 - (00:04 WIB)
    Permalink

    Makasih….haha aq jg harap2 cemas sich hehe….tp aq sering email DANA tanya bagaimana apa sdh di kirim?? Tp jawaban selalu msh dlm proses pihak terkait…d suruh tunggu aja haha…surprise dech pokok.nya pas ada org teriak PAKET….hehehe

  • 25 Mei 2019 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Gembira sekali hari ini. Seperti mimpi, menerima hadiah dari Dana. Nggak nyangka…Akhirnya perjuangan mendapatkan hadiah itu membuahkan hasil. Hadiahnya keren Samsung Galaxy 10+ lengkap dengan tas, dompet dan kaos logo Dana
    Terimakasih kepada Dana. Dana memang gak bohong. Di Dana mudah dapat hadiah. Dana memberikan banyak benefit. Dana sangat menghargai konsumen.
    Kepada mas Doni, dan yang lainnya saya doakan semoga beruntung dan dapat jga hadiah seperti kami.
    Caranya sangat mudah pakai terus Dana. Konsisten ikuti salah satu promonya.
    Kalau aku sih milihnya simpan Kartu Kredit di Dana dan pakai terus untuk transaksi sebanyak-banyaknya. Insya Allah menang

    • 26 Mei 2019 - (20:33 WIB)
      Permalink

      Broo, boleh minta contact whatsapp dana nya? Ada problem nih soal pembekuan saldo dana, tq

      • 26 Mei 2019 - (20:56 WIB)
        Permalink

        Kenapa saldo kamu dibekukan? Nomornya 087781316242. Semoga bisa berhasil. Terima kasih sudah menghubungi saya. Semoga bisa membantu

    • 29 Mei 2019 - (17:49 WIB)
      Permalink

      Wah selamat mas minzir…..hp aq udah aq jual haha….truz buat beli hp baru lg dpt 2 utk aq ama suami.q….masih sisa banyak uang.nya……Alhamdulillah…..sampek saat ini kalo dipikir2 masih seperti mimpi hehe….emang DANA is the bestari lah…..tp aq gk dpt kaos tas ma dompetnya sich hehe….beda promo sich kita ya….aq menang yg kirim 77 rupiah itu

  • 29 Mei 2019 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Terima kasih…atas ucapannya. Semoga kita dapat undian lebih gede lagi dari Dana. Motor atau mobil. Dana memang lebih bagus dari yang lain

  • 9 Juli 2019 - (15:45 WIB)
    Permalink

    kenapa pihak dana belum hubungi saya…
    hny menunggu menunggu doank…
    tp gak tau smpe kpn dan kpastian…
    kirim email udh…
    tlp ke cs operator ny udh….
    tp renspon ny hny nunggu…
    bilang ny pemenang hp samsung a70..
    minta data dah d lengkapi npwp sgala..
    poto selpi udh…
    tp proses hadiah ny gak jlas…
    dikirim gak d tlp jg gak…
    hadeh…

    • 22 September 2019 - (14:57 WIB)
      Permalink

      Wah sama nih mas kjadiannya sama saya, setelah 3bulan tiba2 dapat email dinyatakan Gugur secara sepihak oleh Management DANA, padahal saya sudah intens menanyakan hadiah tersebut. Padahal smua dokumen yg diminta sudah diberikan. Ternyata saya diPHPin oleh Tim DANA. Kira2 apacyg mesti dilakukan ya.. Berarti ada konsumen2vlain yg dibohongi oleh Management DANA atas Undian ini.

      • 29 September 2019 - (14:57 WIB)
        Permalink

        Akhirnya slesai juga urusan dgn Dana dan HP yang telah dijanjikan sbagai pemenang telah dierima dengan baik. Terimakasih DANA.

  • 22 September 2019 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah sih bang sy dah dapat hadiah ss a70 ny dr dana…
    Dan hp ny jg msh saya pakai buat ngojek jd gacor… hehehe
    Maap sy bru infoin…
    Makasih dana.id

  • 22 September 2019 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Saya turut sedih juga atas kasus yg bpk Danil Simatupang alami, karena hampir serupa dg yg saya alami. Yang saya lakukan hanya menulis kekecewaan ini di media Konsumen. Dan bersyukur mendapat respon dari pihak manajemen. Karena sy yakin jika benar pasti akan mendapat hasil yg baik.
    Secara lisan sy telah dihubungi bos manajemen Dana Bpk Juan Almer dan menyampaikan permohonan maaf karena ada mis komunikasi diantara tim manajemen. Dan seandainya jika saya tidak menulis mungkin nasib saya sama seperti anda tidak akan mendapatkan hadiah undian promo itu.
    Jika pihak dana menyatakan bpk gugur mungkin ada hal lain yg kita gak bisa tahu. Klw toh tidak jadi kenyataan bpk terima ini dengan lapang dada dan ikhlas. Tuhan akan menyediakan hadiah yg jauh lebih besar dari ini. Dengan caranya yang ajaib yg kita gak tahu. Karena tidak ada yang mustahil bagi Tuhan

    • 29 September 2019 - (15:01 WIB)
      Permalink

      Puji Tuhan sudah selsai Pak. Tim DANA telah menghubungi saya menyampaikan penyelesaian masalah ini dan saya sudah menerima SAMSUNG GAL A70 seperti yang telah dijanjikan oleh Tim DANA kepada saya. Terimakasih. GOD BLESS.

  • 29 September 2019 - (17:37 WIB)
    Permalink

    Alhamudulillah, Segala puji syukur bagi Tuhan Yang Maha Esa. Akhirnya perjuangan dan do’a mu di jawab Tuhan..
    Senangnya dapat Samsung. Apa yang diberikan Tuhan kepada kami diberikan juga kepada kamu. Karena Tuhan penuh dengan kasih

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Promo Menang Undian di Dana Ternyata Hanya Abal-abal

oleh Munzir Akbarwan dibaca dalam: 2 menit
37