Keputusan Pusat Resolusi Tokopedia Merugikan Penjual

Saya mempunyai toko online di Tokopedia. Toko saya bernama Baby Zein Shop. Saya selaku seller menerima orderan dari akun pembeli bernama Nathan Sukm**** dengan nomor invoice pembelian: INV/20190513/XIX/V/312999427. Sebelum pembeli melakukan transaksi pembelian di toko saya, dia bertanya via diskusi “Apakah ready warna natural beige? Karena ready, pembeli langsung melakukan transaksi.

Tiba-tiba ketika produk sudah sampai denga selamat di alamat pembeli, pembeli mengajukan pengembalian dana, dan anehnya di-approve oleh admin Tokopedia. Padahal saya mengirimkan produk sudah sangat sesuai dengan permintaan pembeli. Produk tidak bermasalah, produk baik, produk bagus, produk tidak kedaluwarsa. Yang sangat saya sayangkan, admin Tokopedia menyetujui permintaan refund tersebut. Alasan admin Tokopedia, hanya karena saya tidak menuliskan secara detail expired date produk pada deskripsi produk.

Hanya karena tanpa keterangan, admin Tokopedia dengan gampangnya menyetujui pembeli yang berubah pikiran? Ongkos kirim yang saya keluarkan pun tidak diganti sama sekali. Terkecuali produk yang saya jual bermasalah, seperti pecah, produk tidak sesuai deskripsi, produk kedaluwarsa, baru admin bisa approve.

Tapi ini demi Allah saya kirim produk sudah sesuai pesanan pembeli, dan pembeli pun menyatakan permasalahannya kenapa tidak ada expired date di deskripsi? Intinya pembeli ini agak sedikit rese, beli 1 pcs aja rese-nya setengah mati. Apalagi beli grosir, bisa-bisa toko online lain dibuat rugi sama pembeli ini, terutama sama admin Tokopedia yang segampang itu approve permintaan refund dari pembeli untuk produk yang sudah sesuai permintaan pembeli. Untuk 1 pcs produk yang tidak bermasalah.

Saya lampirkan bukti chating pembeli yang menyatakan bahwa permasalahan hanya ada di kenapa tidak diinformasikan expired date-nya dan bukti chat dari admin Tokopedia yang mudah sekali main approve permintaan refund dari pembeli yang berubah pikiran.

Ini sangat merugikan seller, baru pertama kali ada online shop yang dengan mudah menyetujui refund pembeli yang berubah pikiran. Dikira penjual kirim produk ke pembeli gak bayar ongkos kirim? Dana di-refund full untuk 1 barang, 1 order id yang tidak ada masalah apapun.

Catatan untuk pembeli, jadilah smart buyer. Harap tanya terlebih dahulu kalau ada yang tidak jelas menurut kalian. Jangan sampai hanya karena kurang info sedikit yang seharusnya bisa kalian tanyakan, tapi semudah itu kalian ajukan refund. Kami berjualan sist demi menyambung hidup.

Dan untuk admin Tokopedia, kalian tidak bisa menjadi penengah. Kalian hanya berpihak kepada pembeli, kalian sangat merugikan penjual. Berjualan di Tokopedia adminnya tidak profesional.

Dewinta Novia Fedrika
Tambun, Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya juga mengalami hal yang sama, pihak tokopedia hanya mengambil kesimpulan dari keterangan dari pihak pembeli tanpa mempertimbangkan sisi penjual. Saya mau melampirkan foto saat packing juga tidak bisa, notif error padahal file hanya berukuran 2mb dan kuota data saya masih banyak, app sudah saya update, sudah saya coba baik menggunakan pc maupun ponsel tetep eror, wtf. Akhirnya pembeli mendapatkan refund full termasuk ongkir. jualan ambil profit dikit rugi ongkir 66ribu.

  • Tokopedia memang tidak peduli masalah ini, sistem returnya hanya memikirkan keuntungan mereka, baik pembeli maupun penjual, yg penting bagi mereka mempercepat proses trx selesai, solusinya adalah retur dan pengembalian dana.

    Retur - refund Yang Mereka kejar adalah komisi dan cashback dari perusahaan kurir, jika trx batal maka paling tidak pembeli akan membeli barang yg sama atau barang lain lagi, maka generate kode resi booking lagi oleh tokped utk kurir ( peluang pemasukan bagi tokped).

    Jika kita retur dan ganti barang, maka barang dikirim secara manual, tidak generate kode resi booking tokped, dan makanya mereka tidak akan suka melakukan hal ini, krna gak dapat fee dari perusahaan kurir.

    retur penjual sudah pasti rugi, ongkir diawal lenyap, pembeli pun rugi ongkirnya juga diawal sudah dipotong yg dikembalikan tokped seharga barang saja.. kemudian pembeli jika belanja lagi, maka dia akan keluar ongkir lagi, dengan kemungkinan brg bermasalah tetap ada.

    Yang untung kurir dan tokped kecipratan feenya.

      • NAMANYA JUGA PEMBELI ADALAH RAJA, MANA ADA PEPATAH PENJUAL ADALAH RAJA, DIMANA OTAKLU

    • NAMANYA JUGA PEMBELI ADALAH RAJA, MANA ADA PEPATAH PENJUAL ADALAH RAJA, DIMANA OTAKLU

  • Tak semua pembeli seperti itu,kejadiannya pada 14/1/2020 sya beli barang di Toko sumermesem_zs***e...via JNE kemudian no.resi saya lacak di cekresi.com tapi tidak ditemukan saya mulai curiga soalnya saya lacak di Tokopedia barang sedang dikirim tapi tidak bergerak sampai tgl 17/1/2020...saya tanya pihak JNE digit nomor kurang,saya tanya penjual katanya dia kirim via siCepat sedangkan daerah saya tidak ada siCepat hanya JNE / J&T.Saya minta solusi TOKOPEDIA, saya disarankan utk komplain..pas saya klik komplain muncullah motif "jika penjual tidak respon sampai tgl 21 maka uang akan dikembalikan Rp 460.000" sedangkan saya bayar Rp 520.000..sudah jelas saya rugi atas sesuatu yg bukan kesalahan saya,saya minta penjelasan di Tokopedia malah diem aja sedangkan penjual tidak balas2 lgi...ini bukan besar kecil uangnya tpi lihat sisi servicenya penjual dan app Tokopedia ya..apabila 100 org dibuat begini tiap hari untungnya gede lah...
    Mohon saran