Surat Pembaca

Pembatalan Pesanan dan Pengembalian Dana di Shopee Dipersulit

Saya membeli barang di Shopee pada tanggal 23 Mei 2019 dengan no. pesanan 19052311149CQ45. Sebelum membeli barang saya sudah chat penjual perihal barang tersebut ready atau tidak dan dijawab ready oleh penjual. Saya percaya saja karena penjual termasuk star seller berarti barang akan dikirim. Tetapi, pada tanggal 27 Mei 2019 penjual chat saya bahwa stok barang kosong dan hari itu juga saya cancel pesanan saya. Tetapi pihak penjual tiba-tiba no response dan tidak membalas chat saya padahal sedang aktif dan juga tidak merespon pengajuan pembatalan pesanan saya.

Akhirnya saya menunggu saja, karena dalam sistem Shopee apabila penjual belum mengirimkan barang tersebut dan tidak ada respon dalam 3×24 jam maka akan dibatalkan oleh sistem Shopee. Tetapi hingga tanggal 30 Mei 2019 pengajuan pembatalan pesanan saya belum diproses juga.

Seharusnya bila melihat ke dalam sistem Shopee, pesanan saya akan dibatalkan otomatis bila barang belum dikirimkan juga hingga tanggal 29 Mei 2019. Tetapi memang sistem Shopee yang berantakan dan tidak sesuai dengan ketentuannya sendiri sehingga pesanan saya masih terpending tidak jelas dan sepertinya Shopee lebih berpihak kepada penjual dibandingkan dengan pembeli. Investigasinya juga tidak transparan seperti di Tokopedia, yang ketika ada masalah akan ada chat terbuka antara penjual, pembeli dan pihak Tokopedia. Jadi masalah cepat selesai dan tidak dipersulit seperti di Shopee.

Akhirnya saya melakukan pengaduan (komplain) ke pihak Shopee via email pada tanggal 30 Mei 2019, karena status pembatalan pesanan barang masih tidak ada kemajuan. Tapi lagi-lagi disuruh menunggu entah sampai kapan. Padahal sudah jelas sekali di sini pihak penjual yang tidak bertanggung jawab karena barang tidak dikirim (stok kosong) hingga tanggal maksimal pengiriman barang (29 Mei 2019), penjual tidak ada niat baik dengan membalas chat saya padahal sedang aktif. Penjual juga tidak kooperatif dan mengkonfirmasi pembatalan pesanan saya padahal jelas-jelas stok barang kosong dan barang tidak dikirim.

Saya sebagai pembeli benar-benar dirugikan oleh pihak Shopee, sudah barang tidak dikirim, chat tidak direspon oleh penjual, pembatalan pesanan prosesnya lama dan berbelit-belit. Pelayanan Shopee benar-benar mengecewakan dan lebih mendukung penjual yang sudah jelas tidak bertanggungjawab.

Tolong segera proses pembatalan pesanan saya agar dana saya dapat segera saya tarik dari Shopee.

Sofyan Fauzi
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Ketika saya menulis ini status pesanan saya masih dikemas ya dan baru hari ini dibatalkan, itu pun setelah komplain berkali-kali. Prosesnya sangat lama, ribet dan berbelit-belit. Padahal saya sudah membatalkan pesanan dari tgl 27 Mei 2019, saya sudah jelaskan alasannya, saya sudah lampirkan bukti chat dengan penjual yang mengatakan bahwa stok kosong, tapi penjual tidak mau membatalkan pesanan tsb. Harusnya dari pihak shopee bisa dengan cepat memprosesnya atau maksimal 3 hari kerja, tapi nyatanya sampai tanggal 30 Mei 2019 status pembatalan saya tetap tidak berubah. Baru deh setelah saya komplain berkali-kali dan menulis ini baru diproses. Pelayanan shopee benar-benar mengecewakan dan lelet, sangat mendukung penjual yang jelas-jelas tidak bertanggung jawab

    • Saya menalami hal yang sama seperti yang dikeluhkan diatas. Pembeli sama sekali tidak ada niatan untuk merespon, chat tidak dibalas dan tidak juga melakukan pembatalan, dan setelah menunggu 1x24 jam, shopee juga tidak membatalkan otomatis transaksinya.. NO. PESANAN. 19090712158N3XY, mohon diproses pembatalannya yahh shopee, trims

      • update : ternyata harus bikin shopee-pay terlebih dahulu baru pembatalan tansaksi bisa berlangsung otomatis ..

  • Memang sangat berbelit belit untuk pengembalian dana di shopee. Belum lagi CS nya yang ngomongnya muter muter, ribet.

  • Iya betul banget shopee lebih bepihak ke penjual daripada pembeli!!!
    Bner2 mngecewakan...barangnya PO 7hari tetapi penjual bilang kalau ready, saya sbg dropshipper bner2 drugikan dan sy cuma punya wlbatas waktu 2hari tetapi resi belum ada juga sampai sekarang 10 juli 2019!! Penjual pembohong dan menahan uang saya sampai sekarang, sudah sy batalkan ttapi dtolak!sy mnta resi bilang Iya iya doank ,sy mnta tlg dbatalkan ttapi jwabannya cuma Iya ka... Nama tokonya zaelinestore toko dr solo...ga lagi belanja disini...skalian aja ga udah belanja di shopee. Bner2 rugi, gmana kalau pmbeli saya otomatis trbatalkan pesananannya dr sistem dan habis itu barang dkirim...saya rugi donk!!! Brg sampai ttapi tdk dbayar sama pmbeliku. Mnding jangan percaya sama omongan penjual skalipun...merasa teraniaya saya...smoga Allah yg membalas kerugian saya?!

  • Kami membeli barang di Shopee pada tanggal 03 Feb 2020 dengan no. pesanan 200203BUB3E1KT. Barang tsb dari china dan tiba di kami pada tgl 14 Feb 2020. Kadang utk berjaga2 bbrp paket kami video saat unpack. Terutama saat kami beli barang dari penjual yg mana kami blm pernah transaksi sebelumnya.

    Kebetulan kali ini barang yg kami terima adalah 2 buah mainan kecil yg kami pesan. Sayangnya kondisi kami menerima barang tsb adalah tdk dpt digunakan.

    1 anak ayam tdk dpt berfungsi, mesin mati
    1 anak kelinci ada cacat pada bagian plastik kakinya / melengkung sehingga saat dihidupkan dia terjatuh ke depan. Tdk bisa berdiri tegak krn tdk stabil

    Oleh krn barang tsb rusak dan tdk sesuai deskripsi (mesin tdk berfungsi dan cacat pada plastik kaki), kami mengajukan pengembalian dgn nomor pengajuan 200221114098443. Kami mengajukan pengembalian dana tnp pengembalian barang. Mengingat hrg barang 14 rb ongkir 10 rb. Total 24 rb. Dan biasanya ongkir pengembalian barang ditanggung pembeli krn tdk ada kejelasan siapa yg menanggung. Kami jugs tuliskan apabila ongkir pengembalian ditanggung oleh penjual kami tentunya mau mengembalikan barang tsb.

    Sebenarnya kami tdk mau capek2 hny krn uang yg tdk sampai 25 rb mengajukan pengembalian ataupun menulis di forum ini.

    Krn barang benar2 rusak kami pikir tdk ada salahnya mengajukan pengembalian agar penjual tdk sembarangan menjual barang rusak dan merugikan pembeli..

    Namun, ada hal yg lebih mengecewakan sehingga kami memutuskan utk menulis di forum ini. Pihak shopee yg mana seharusnya sebagai penengah permasalahan penjual dan pembeli justru berat sebelah dan mengambil keputusan yg tdk adil.

    Kami telah melampirkan bukti foto (8-9 buah) dan juga video (3 buah) saat diminta oleh pihak shopee. Dan dgn seenaknya shopee meminta kami membuat kembali video plus narasi utk kami menceritakan.. kami merasa memang shopee sengaja meminta hal2 tambahan utk mempersulit proses pengembalian.

    Perlu diketahui, kami tdk cukup pengangguran utk meminta hal yg tdk perlu (pengembalian apabila barang dlm kondisi baik) dan kami adalah pengguna shopee yg cukup fair (kami memberikan bintang 5 pada barang yg benar2 bagus, bintang 4 apabila barang ada kekurangan yg wajar atau packing yg berbahaya/alakadarnya).

    Jika anda team shopee silahkan anda lihat track record transaksi kami yg kami rasa cukup utk anda nilai.

    Bagi pembaca, silahkan anda nilai sendiri. Kami sertakan screen shoot sebagai pertimbangan apabila kalian bertransaksi di shopee utk barang yg nilainya cukup mahal walaupun katanya ada garansi pengembalian, dll. Apakah mereka cukup fair dalam ambil keputusan?!?

    Note
    Kami juga menghubungi cs live chat shope utk menanyakan cara upload video yg mana awalnya kami tdk mengerti dan pada kolom pengembalian ada tulisan dana yg dikembalikan kepada pembeli dan masalah diminta ditutup oleh penjual, yg mana awalnya kami kira dana akan kembali kepada kami selaku pembeli, ternyata tidak.

    • Bener banget udah percaya sama shopee ehh ternyata malah di bikin ribet sama shopee kalo seperti ini mau belanja di shopee lagi mikir" pesanan 200428NGKAC81Y katanya akan terbatalkan otomatis eh sampai sekarang juga belum terbatalkan otomatis,dr awal penjual sama sekali tidak ada respon klo banyak yg di rugikan gini kenapa shopee masih beroperasi ya ??

      • Setelah komplain berkali kali pesanan saya terbatalkan otomatis sama pihak shopee dan dana saya di kembalikan terimakasih meskipun di kecewakan dlu lain kali lebih cepat tanggap pada komplain" kami para pembeli di shopee, sekian TERIMAKASIH

  • Iya belanja di shopee benar2 mengecewakan, hati2.. shopee mempersulit pembatalan pembelian dan lebih membela penjual. Saya juga dah alami hampir kejadiannya sama.. awalny barang akan dikirim SEBELUM tgl 8 APRIL 2020 dan AKAN DIBATALKAN OTOMATIS 2-3 hari. Ternyata status berubah "DIKIRIM" tgl 10 April 2020. Padahal saya sudah ajukan pembatalan beberapa kali ke Shopee dan tanggapannya berbelit2.. intinya Jangan pakai aplikasi dan belanja di Shopee ini lagi teman2...

  • Pikir pikir lagi deh kalau mau belanja pakai shopee kalo langsung cepat tanggap dan permasalahan terkendali sih gk papa

  • saya juga mengalami nasib yang sama, bikin parno buat beli di toko online

  • Ini kejadian sama aku sekarang dengan nomor pesanan 2005155Y35NAJW. Awal pembayaran tanggal 15 Mei,dan nggak lama penjual udah nyantumin nomor resi, tapi masih dalam status kemas. Aku kira bakal cepet dikirim, sampai tanggal 19Mei seharusnya barang harus di kirim tapi belum di kirim, karena saya chat penjual katanya bakal di kirim cepet, dan saya perpanjanglah masa kemas nya. Eh sampai masa kemas habis tanggal 22 Mei tapi barang belum di kirim, saya chat penjual jawabnya barang di kemas. Udah pasrah aku nunggu pembatalan otomatis dari shopee, yang katanya tanggal 26Mei bakal di batalin otomatis ,tapi sampai tanggal 28Mei belom ada pembatalan otomatis, status belanjaan saya masih di kemas. Udah dari tanggal 26 saya hubungi semua cs shopee, dari apk shopee, email , twitter tapi tanggapan mereka sama semua. Katanya sedang di proses oleh team mereka dan disuruh nunggu email dari shopee, tapi sampai saat inipun aku nggak dapet email apa2 dari shopee.
    Rasanya kesel banget. Kenapa mereka sendiri yang langgar ketentuan yang mereka buat. Malah di undur2 gini. Padahal udah percaya banget sama shopee dan penjual disana. Makanya nggak aku batalin pembalian dari jauh hari. Dan pagi tadi baru aku ngajuin pembatalan ke penjual karena udah ngerasa kesel dipermainkan sama shopee. Habis itu aku chat cs shopee lagi via shopee aku tanya tentang kejelasan barang ku. Dengan seenak hati nya di jawab. Karena kakak sudah melakukan pembatalan pembelian tunggu sampai 1x24 jam. Aku makin kesel. Kalau dari kemarin pembatalan otomatis nggak molor nggak bakal aku ngajuin duluan gini. Jadinya aku nunggu lama lagi ? Aku chat mereka udah puluhan kali tapi nggak ada yang terselesaikan masalahku ini ???

    • Edit: Ini kejadian sama saya sekarang dengan nomor pesanan 2005155Y35NAJW. Awal pembayaran tanggal 15 Mei,dan nggak lama penjual udah nyantumin nomor resi, tapi masih dalam status kemas. Saya kira bakal cepet dikirim, sampai tanggal 19Mei seharusnya barang harus di kirim tapi belum di kirim, karena saya chat penjual katanya bakal di kirim cepet, dan saya perpanjanglah masa kemas nya. Eh sampai masa kemas habis tanggal 22 Mei tapi barang belum di kirim, saya chat penjual jawabnya barang di kemas. Udah pasrah saya nunggu pembatalan otomatis dari shopee, yang katanya tanggal 26Mei bakal di batalin otomatis ,tapi sampai tanggal 28Mei belum ada pembatalan otomatis, status belanjaan saya masih di kemas. Udah dari tanggal 26 saya hubungi semua cs shopee, dari apk shopee, email , twitter tapi tanggapan mereka sama semua. Katanya sedang di proses oleh team mereka dan disuruh nunggu email dari shopee, tapi sampai saat inipun saya nggak dapet email apa2 dari shopee.
      Rasanya kesel banget. Kenapa mereka sendiri yang langgar ketentuan yang mereka buat. Malah di undur2 gini. Padahal udah percaya banget sama shopee dan penjual disana. Makanya nggak saya batalin pembalian dari jauh2 hari. Dan pagi tadi baru saya ngajuin pembatalan ke penjual karena udah ngerasa kesel dipermainkan sama shopee. Habis itu saya chat cs shopee lagi via shopee saya tanya tentang kejelasan barang . Dengan seenak hati nya di jawab. Karena kakak sudah melakukan pembatalan pembelian tunggu sampai 1×24 jam. Saya makin kesel. Kalau dari kemarin pembatalan otomatis nggak molor nggak bakal saya ngajuin duluan gini. Jadinya saya nunggu lama lagi ? Saya chat mereka udah puluhan kali tapi nggak ada yang terselesaikan masalah saya ini ???

  • Parah shopee kecewa , shopee aplikasi jual beli online yg merugikan pembeli.
    Uang cuma 150rb gpp tapi tanggung jawab shopee tidak ada sama sekali.semoga shopee cpt bangkrut karna tidak akan berkah

Penulis
Sofyan Fauzi