Refund Dana JD.ID Berbelit-belit

Saya pengguna layanan belanja online jd.id ingin mempertanyakan refund dana saya.

Kronologis kejadian ini akan saya coba jabarkan sedetail mungkin:

  1. Saya order handphone Asus Zenfone Max Pro M2 dengan no. pesanan 266392227 pada tanggal 21 Mei 2019 dan sudah dibayarkan saat itu juga.
  2. Setelah menunggu 2 hari, yakni pada tanggal 23 Mei 2019 pesanan saya tidak di-approve dengan alasan pembayaran tidak sesuai saya mendapatkan informasi pembatalan dari pihak jd.id, padahal jumlah pembayaran saya sudah sesuai dengan harga produk tsb.(screenshot terlampir).
  3. Pada 24 Mei 2019, saya diinfokan akan mendapatkan refund dana yang sudah saya bayarkan dengan no laporan 802994067 dengan estimasi 1-3 hari kerja. Yang berarti maksimal tanggal 28 Mei 2019 refund dana sudah di transfer ke rekening saya (screenshot terlampir)
  4. Sampai saat ini refund dana belum dikembalikan sedangkan ketika saya coba hubungi cs jd.id via e-mail dan akun twitter nya tidak di tanggapi.
  5. Lampiran bukti mutasi rekening saya per 30 Mei 2019

Update:

6. Saya menanyakan kembali setelah 2×24 jam dan saya diminta menunggu kembali 2×24 jam dengan alasan akan ditanyakan kembali ke pihak keuangan jd.id. Dan saya coba lampirkan bukti mutasi rekening saya per 31 Mei 2019.

NB:

  1. Ketika saya coba menghubungi cs jd.id tanggal 29 Mei 2019 via livechat di web jd.id salah satu cs mengatakan proses dana sudah di refund per tanggal 28 Mei 2019 sedangkan tidak ada dana masuk ke rekening saya atas nama jd.id lihat juga pada point 5.
  2. Hanya ada dua kesimpulan yakni kesalahan sistem atau memang ada niatan untuk tidak mengembalikan dana yang seharusnya memang hak saya selaku konsumen karena terhitung dari 1-3 hari kerja sudah melewati term&condition dari pihak jd.id sendiri.

Mohon bantuan untuk pihak jd.id, ini adalah hak kami sudah seharusnya anda berpihak kepada konsumen anda. Jangan sampai ini menjadi stigma bahwa layanan pelanggan jd.id buruk dan membuat pelanggan setia ataupun calon pelanggan tidak ingin lagi berbelanja di jd.id

Kepada tim redaksi mediakonsumen.com terima kasih telah menampung aspirasi saya ini. Salam sukses untuk kita semua.

Suryo Danar
Tangerang Selatan 15221

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Suryo Danar

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Suryo Danar pada 1 Juni 2019 di halaman ini, kami dari...
Baca Selengkapnya