Printer FujiXerox Belum Setahun Sudah Rusak; Pembelian via Bukalapak, Tidak Bisa Klaim Garansi di Astragraphia

Saya ada membeli printer FujiXerox CM115W menggunakan aplikasi Bukalapak melalui penjual Labelkita.com di Surabaya dengan nomor transaksi 181199840720 seharga Rp3.750.000. Pembelian tersebut dilakukan pada tanggal 7 Oktober 2018 yang mana belum ada setahun dari tanggal saya menulis surat ini.

Pada akhir bulan Mei, printer saya tersebut mengalami kerusakan berupa munculnya pesan error yang terdapat pada layar printer yang menyebabkan printer saya tidak dapat berfungsi sama sekali. Saya pun menghubungi pihak Astragraphia selaku perusahaan resmi untuk klaim kerusakan dan servis produk.

Ternyata pihak Astragraphia mengatakan bahwa barang saya sudah tidak bergaransi dikarenakan barang sudah lebih dari satu tahun pembelian. Bahkan pihak Astragraphia mengirimkan penawaran harga untuk reparasi seharga Rp6.159.000 yang jelas-jelas 80% lebih mahal dari harga pembelian. Menurut saya hal tersebut lucu dikarenakan pembelian barang tersebut jelas-jelas belum melewati masa satu tahun pemakaian tetapi tidak bisa klaim garansi sama sekali ketika ada kerusakan.

Saya juga menghubungi pihak seller melalui aplikasi Bukalapak dan tidak ada tanggapan apapun. Saya mencoba komplain mengenai hal ini kepada Bukalapak tetapi mereka menganggap permasalahan ini bukan masalah mereka dan mereka tidak mau bertanggung jawab. Pihak Astragraphia juga bersikeras untuk tidak memberikan layanan garansi kepada printer saya. Kenapa Bukalapak menjadi lepas tangan begini? Padahal barang saya beli di aplikasi Bukalapak dan pihak penjual juga pernah membaca pesan saya pada platform Bukalapak mengenai kerusakan barang tetapi tidak ada tanggapan apapun.

Saya meminta kepada pihak Astragraphia dan Bukalapak memberikan saya solusi terbaik untuk permasalahan ini karena jelas ini sudah merugikan saya.

I Made Mahendra Budhiastra
Jimbaran – Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: