Surat Pembaca

Tokopedia Menarik Kembali Cashback dari Pembeli dan Penjual

Saya di sini sebagai pelanggan tetap Tokopedia. Saya merasa dikecewakan beberapa kali oleh Tokopedia. Begini kronologi kasus terakhir saya:

Sekitar 2 bulan lalu saya melakukan transaksi pembelian barang di Tokopedia dengan menggunakan kupon promo 10%. Barang berupa voucher MAP. Saya sudah beberapa kali melakukan transaksi barang tersebut tapi dengan seller yang berbeda-beda dikarenakan membandingkan harga termurah setiap mau beli. Transaksi berhasil dan cashback-pun saya terima.

Setelah lewat 2 bulan tiba-tiba saldo tokopoin saya ditarik sejumlah cashback yang saya terima 2 bulan lalu untuk pembelian voucher MAP tersebut. Saya heran apa kesalahannya, maka saya tanya CS Tokopedia. Jawabannya hanya: melanggar ketentuan manipulasi. Saya bertanya, manipulasi apa yang saya lakukan? Jawabannya hanya: pelanggaran ketentuan N3 yaitu manipulasi, tanpa mau memberikan penjelasan lebih lanjut.

Saya tanya ke seller-nya, seller juga bilang saldonya ditahan 90 juta dan didenda 30% tanpa alasan jelas pelanggarannya apa. Bahkan seller diminta nombok cashback-cashback yang sudah dibagikan ke buyer. Seller-nya curiga apakah mungkin voucher tidak boleh dijual? Tapi apabila tidak boleh, kenapa banyak sekali yang menjual voucher? Kenapa tidak dilarang dari awal? Saya bertanya-tanya masalahnya dimana.

Yang saya simpulkan:

  1. Tokopedia tidak hanya mengambil cashback dari buyer, tapi juga meminta cashback tersebut dari seller. (Mau dobel donk).
  2. Tanpa alasan jelas bisa seenaknya menarik dana setelah 2 bulan transaksi berakhir. Artinya bahaya menaruh uang di OVO/saldo Tokopedia karena bisa seenaknya diambil Tokopedia.
  3. Tokopedia bisa membiarkan *pelanggaran* terjadi (menurut versinya yang sampai sekarang saya tidak jelas pelanggarannya apa). Seakan sengaja menjebak membiarkan terus terjadi sampai banyak, lalu bisa mengambil keuntungan dari tumpukan denda-denda tanpa sepengetahuan seller, kalo ada transaksi yang melanggar ketentuan.

Jadi menjadi seller atau buyer di Tokopedia itu berbahaya, karena uang yang ditaruh di OVO maupun saldo Tokopedia bisa sewaktu-waktu hilang diambil Tokopedia.

Saya menulis ini agar semua berhati-hati dengan Tokopedia. Hati-hati jangan menaruh banyak dana di OVO/saldo Tokopedia, karena sewaktu-waktu bisa diambil Tokopedia dengan semena-mena tanpa alasan jelas. Nanti protes pun juga tidak ada gunanya. Tidak digubris. Jawaban hanya menurut investigasi sistem. Ditanya bolak-balik penjelasan juga cuma tidak mengetahui, karena sistem yang investigasi.

Feliana Sasongko
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • dear ibu felicia santoso,
    mau mennayakan akhirnya untuk dana ibu yang tertahan apakah dikembalikan oleh pihak tokopedia?
    kalau boleh tahu berapa lama?

    saya juga mengalami kejadian serupa...
    namun saldo "0" saya bingun juga sih terkait hal tersebut bagaimana perlakuannya..
    hanya bisa chat via email dgn pihak tokopedia namun tidak ada hasilnya.

    berikut isi email tokopedia :

    Terima kasih sudah menggunakan layanan Tokopedia.

    Kami informasikan bahwa sistem Tokopedia melacak terdapat transaksi Anda yang melanggar Syarat dan Ketentuan dalam memanfaatkan promo. Berdasarkan hal tersebut, maka Tokopedia berhak untuk melakukan tindakan sebagai berikut:
    1. Pembatalan dan penarikan subsidi promo
    2. Pembatalan dan penarikan Points
    3. Pengurangan reputasi toko
    4. Moderasi atau penutupan toko secara sementara maupun permanen
    5. Penutupan akun
    6. Pemblokiran nomor rekening
    7. Serta tindakan lainnya apabila diperlukan

    Berikut kami informasikan rincian transaksi Anda yang melanggar Syarat dan Ketentuan Tokopedia. Selanjutnya kami akan lakukan pemotongan pada dana saldo Tokopedia Anda.

    Invoice Nama Promo Subsidi
    No data
    Total Rp 0

    Tokopedia mengingatkan kembali agar kedepannya Anda dapat mematuhi Syarat dan Ketentuan pada link https://www.tokopedia.com/terms.pl dan tidak melakukan penyalahgunaan promo atau manipulasi transaksi untuk mendapatkan keuntungan dari promo tersebut.

    Jika masih ada pertanyaan atau tindak lanjut yang ingin Anda sampaikan terkait dengan pesan otomatis ini, Anda dapat menghubungi kami melalui (https://www.tokopedia.com/help/form?aid=a-1005), tim Customer Care Tokopedia akan segera membatu Anda.

    Terima kasih,
    Tim Tokopedia