Uang 74 Juta Rupiah Hilang, Mesin ATM BRI Tidak Ada CCTV

Selamat Pagi,

Saya bersama bapak saya Ruslian S. (60 tahun), pemilik no rekening BRI. 3327010****3531 ingin melaporkan masalah di ATM BRI. Saat transaksi tanggal 10/05/2019 di SPBU Daan Mogot Kalideres no mesin ATM 341257 saya melakukan tarik tunai, transaksi awal sukses, transaksi kedua uang tidak keluar dan kartu tidak keluar. Lalu saya menelepon nomor yang tertera (ditempel) di kanan atas mesin, saya memberikan PIN. Lalu kemudian uang hilang sebanyak Rp74.800.500.

Bersama bapak saya lalu saya mendatangi kantor cabang BRI Daan Mogot untuk melihat rekaman CCTV di unit mesin tersebut. Tetapi jawabnya CCTV divandalisme (perusakan/kecurian). Saya mempunyai bukti rekaman percakapan by phone dengan vendor BRI di bidang mesin ATM, sudah bertahun-tahun pembiaran mesin ATM tidak ada CCTV di unit. Mengapa pihak cabang membiarkan unit mesin tidak ada rekaman CCTV selama bertahun-tahun dalam keadaan tidak wajar mesin tidak ada CCTV tetapi masih terus beroperasi. Dalam peraturan Bank Indonesia dan S.O.P OJK mesin harus ada rekaman transaksi di unit mesin di lokasi kejadian.

Saya sebagai nasabah yang jadi korban di unit mesin tersebut minta pihak BRI harus bisa memberi keamanan dan kenyamanan bagi nasabah dalam bertransaksi. Laporan call center BRI no lapor: 1740380 sudah berjalan dalam 17 hari kerja saya menunggu. Saya sudah lapor kejadian uang hilang sebesar Rp74.800.500 ini ke Polres Jakarta Barat. Saya berharap itikad baik dari pihak BRI untuk bermusyawarah.

Indra S./Ruslian S.
Cengkareng, Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

      • Why suatu yg mengecewakan buat nasabah tidak melindungi keamanan dan kenyaman buat nasabah bertransaksi. @contact-bri

  • Kalo dilihat dari kronologinya, ini sudah jelas kasus skimming kartu ATM yg dilakukan oleh sindikat profesional. Sudah banyak diberitakan jg, sindikat kriminal ini banyak yg berasal dari luar negeri. ???

    BTW berapa lama jarak waktu dari agan keluar dari ATM sampe telpon ke sindikat pencuri tsb? Seharusnya BRI punya data di ATM mana rekening agan dikuras. Tapi sepertinya di sana jg gak ada CCTV-nya. ?

  • kenapa memberikan PIN ATM? padahal itu rahasia. tidak boleh diberitahu ke siapa-siapa, walaupun ke keryawan BRI sekalipun.

  • Yach.. Sebelum saya, Ada orang lain Korban dimesin yg sama lokasi tempat kejadian transaksi, gak keluar kartu atm di tinggal gak kasih no pin hilang jg dananya..

  • Kenyaman dan kenyaman saya dimana sebagai nasabah bertransaksi ??
    @contact-bri

  • Wah bahaya juga yah, agak kwatir juga neh sebagai nasabah, bisa kebayang gimana sakitnya seandainya terjadi sama kita. kiranya cepat selesai masalahnya ya,

  • Boleh berbagi sharing masalah saya pnya bukti-bukti yang kuat.. Masukkkin ke group WA 081385202205

  • Boleh berbagi sharing masalah saya pnya bukti-bukti yang kuat.. Masukkkin ke group WA 081385202202

    • Bagaimana dengan uang saya yang hilang karena mesin atm tidak terjaga dengan baik tidak sesuai Standar.

    • Klo mesin ATM tidak ada CCTV,,seharus nya sudah tidak layak digunakan,,karna tidak sesuai dgn SOP
      Klo msih ttp digunakan jelas akan ada nya korban yg dirugikan

        • Mohon pihak BRI itikad baik,laporan tindak lanjut saya tunggu-tunggu gak ada kabar,diemail,dm tweet gak dibalas, sudah 7hari masa laporan lanjutan, mohon itikad baiknya uang yang hilang bertahun-tahun ditabung
          @ojkindonesia
          @bankindonesia