Kategori: KeluhanSurat Pembaca

Debt Collector Bank Mega Menagih Hutang ke Bukan Nasabah Pemilik Hutang

Ceritanya begini, pada tanggal 18 Juni 2019 Istri saya dengan nomor telepon (0816610****) mendapatkan telepon dari 081430110*** dan 022140200*** yang mengaku sebagai debt Collector eksternal Bank Mega pada pukul 11:00.

Debt Collector tersebut meminta tolong kepada istri saya agar menyampaikan bahwa saudara saya bernama Bambang dan Aya mempunyai hutang kepada Bank Mega yang harus diselesaikan. Istri saya pun menanggapi dikarenakan bahasa yang digunakan oleh debt Collector tersebut masih sopan dan menyampaikan masalah tersebut ke saudara saya. Akan tetapi pada saat konfirmasi ke saudara saya, saudara saya merasa tidak pernah punya CC Bank Mega dan tidak punya hutang ke Bank Mega.

Masalahnya terjadi saat istri saya dikonfirmasi kembali perihal permintaan tolong debt Collector tersebut, istri saya bilang ‘sudah diberitahukan dan mohon untuk tidak dihubungi kembali karena sangat mengganggu (1 hari bisa 20 kali telepon). Singkat cerita sekarang malah istri saya yang diteror, ditelepon 1 hari hampir 30 kali dan apabila direspon mereka menggunakan kata-kata kasar yang sangat tidak beretika seperti (bodoh, beg*, g*blok dll).

Dari mana Bank Mega mendapatkan data nomor telepon istri saya yang bukan nomor referensi? Debt Collector-nya bilang no. referensi dibuat tahun 2013 pada saat pembuatan kartu kredit tersebut. Padahal saya dan istri saya baru menikah tahun 2018 dan dia bukan nasabah Bank Mega, logikanya istri saya orang baru di keluarga. Apakah ada penjualan data nasabah atau bagaimana? Dan apabila benar saudara saya punya hutang Kenapa Bank Mega tidak menelepon orang bersangkutan malah meneror orang yang tidak ada hubungannya dengan masalah mereka?

Mohon ditanggapi dikarenakan hal ini sudah sangat menyimpang:

  1. Data nasabah (istri saya) bocor dan diketahui bank Mega sedangkan istri saya tidak mempunyai Rekening Bank Mega.
  2. Cara penagihan Debt Collector Bank Mega sangat tidak sopan (berkata kasar) seakan-akan istri saya yang memiliki hutang.

Mohon untuk debt Collector Bank Mega agar tidak mengganggu nomor istri saya lagi dikarenakan nomor tersebut nomor penting (untuk kerja, banking, dll).

Apabila tidak ada tanggapan dan masalah ini dianggap sepele oleh Bank Mega, masalah ini akan saya laporkan ke pihak berwajib (OJK dan Kepolisian) karena tidak sesuai dengan UU no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Terima kasih.

Gusvin Prayudi Ramdani
Bandung Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:


Gusvinpr

Komentar

  • Mending ini saudara. Saya kena teror jg gara gara orang yang saya gk kenal dekat. Cuma gara gara di telp pertama saya bil saya tau nomor telp orang penghutan, saya di teror hampir sebulan. Makanya skr saya ngajak semua teman, rekanan, saudara untuk menutup kartu kredit bank mega, karena cara mereka menagih sangat kampungan. Saya sangat bangga karena pelan pelan banyak teman dan rekanan yang mengikuti jejak saya.

    • Benar pak, memang sudah banyak yg mengeluh cara menagih dept coll nya bank Mega.. ini malah menagihnya ke orang yang tidak tau apa2. Disuruh langsung temui orangnya kerumah atau telfon yg bersangkutan malah pada ciut nyalinya.. aneh

      • Kalau ada CC Bank Mega lebih baik tutup saja pak jangan pernah berurusan dengan bank ini !!
        Adukan saja pak ke pihak yang berwenang !
        Bank kok cara kerja nya seperti amatiran ,,

        • Untungnya saya gak punya pak.. cman debt coll nya menagih ke keluarga saya.. yg saya heran ko nomor istri saya yg di telfon.. klo dibilang nomor referensi nga mungkin, orang saya saja baru menikah kurang lebih 1 tahunan.. sedangkan Kartu kreditnya katanya dibuat tahun 2013. Berarti dari mana si debt coll dapet nomor istri saya.. dia jg bukan nasabah bank mega.. aneh kan?

  • Bapa saya juga kena, saya yg suka angkat telpon nya, bicara nya dgn nada tinggi. Kasar dan meracau kemana mana, sampe mereka nelpon ke semua rekan kerja bapa saya. Padahal yang berhutang adalah besan bapa saya.

    Gimana kalo kita bikin petisi di change.org biar semua yg jd korban teror dapat ikut petisi bank mega agar mereka dan agent deb collector nya jera. Mereke udah melanggar hukum dgn meneror org yg tdk ada sangkut pautnya dgn piutangnya.

Bagikan
Penulis
Gusvinpr
Tags: Debt CollectorEmergency contact kartu kreditKartu Kredit Bank MegaPenagihan Kartu Kreditpenagihan ke pihak ketiga

Artikel Terbaru

  • Keluhan
  • Surat Pembaca

Saldo DANA di Bukalapak Nol, Setelah Perubahan Nomor Telepon

Saya adalah pembeli dan sekaligus sebagai penjual di Bukalapak sudah cukup lama, dengan akun: babeKu. Permasalahan saya adalah uang di…

12 jam yang lalu
  • Tanggapan

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Fredy Chandra Kusumah

Menanggapi keluhan Bapak Fredy Chandra Kusumah melalui rubrik Surat Pembaca di Media Konsumen pada tanggal 2 Juli 2019, dengan judul…

13 jam yang lalu
  • Keluhan
  • Surat Pembaca

Kecewa dengan Pelayanan Buka Rekening Baru Bank BRI

Saya hanya menyampaikan kekecewaan saya terhadap pelayanan Bank BRI, terutama pada sekuriti bank yang mana setiap orang masuk ke bank…

14 jam yang lalu
  • Keluhan
  • Surat Pembaca

Pelayanan J&T Express Sangat Buruk dan Mengecewakan

Saya memesan barang via Shopee dengan nomor resi: JP4029269019. Saya memesan tanggal 30 Juni 2019 dan dikarenakan tokonya pre order…

14 jam yang lalu
  • Tanggapan

Tanggapan Kredit Pintar atas Surat Bapak Thamrin

Kepada Yth, Bapak Thamrin, Menanggapi surat Bapak Thamrin melalui Website www.mediakonsumen.com pada tanggal 14 Juli 2019 berjudul “Sangat Kecewa atas…

14 jam yang lalu
  • Tanggapan

Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Eka Surya Aprilina

Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com, Sehubungan dengan dimuatnya keluhan dari Ibu Eka Surya Aprilina di Mediakonsumen.com tanggal 11 Juli 2019…

18 jam yang lalu