Surat Pembaca

Hati-hati dengan Pembajakan Kartu Kredit di Bukalapak

Pada tanggal 18 April 2019 saya dikejutkan oleh adanya e-mail notifikasi dari Kartu Kredit Bank BRI, terkait dengan adanya transaksi di BUKALAPAK sebesar Rp4.822.000 dengan menggunakan Kartu Kredit BRI Mastercard saya. Transaksi ini terjadi tanpa adanya notifikasi OTP (One Time Password) yang masuk ke HP saya.

Pada tanggal yang sama saya langsung menghubungi Call Centre Kartu Kredit BRI untuk melaporkan kejadian tersebut, dan dari pihak Kartu Kredit BRI telah dilakukan pemblokiran Kartu Kredit saya. Kemudian saya disuruh membuat laporan sanggahan transaksi tersebut, yang akan membutuhkan waktu investigasi selama 20 hari kerja.

Setelah itu pada tanggal yang sama juga, saya menghubungi CS BUKALAPAK dan melaporkan kejadian tersebut. Pihak CS BUKALAPAK menginformasikan bahwa laporan saya akan ditindaklanjuti dan pihak CS BUKALAPAK juga menyuruh saya untuk selalu mengecek e-mail guna untuk mengetahui perkembangan terkait dengan laporan saya yang akan diinformasikan melalui e-mail.

Kemudian pada tanggal 19 April 2019 jam 12.08 WIB saya menerima e-mail dari CS Anti Fraud BUKALAPAK, dimana pihak BUKALAPAK menyatakan bahwa pihak BUKALAPAK memohon maaf atas ketidaknyamanan terkait terbajaknya Kartu Kredit BRI saya, serta menyarankan untuk menghubungi Bank penerbit Kartu Kredit. Pihak BUKALAPAK tidak dapat menjanjikan pengembalian dana karena setelah dilakukan pengecekan, transaksi tersebut sedang dalam proses pengiriman barang dan Bukalapak hanya dapat menonaktifkan akun pihak pelaku.

Pada 20 Juni saya mendapatkan hasil investigasi dari pihak kartu kredit BRI yang menyatakan bahwa saya tetap harus membayar tagihan sebesar Rp4.822.000. Belum selesai permasalahan tersebut, saya dikejutkan lagi dengan adanya dua e-mail notifikasi dari Kartu Kredit Bank BRI terkait adanya dua transaksi di BUKALAPAK pada tanggal 27 April 2019 sebesar Rp6.422.000 dan sebesar Rp6.470.000, dengan menggunakan Kartu Kredit BRI VISA. Transaksi ini juga terjadi tanpa adanya notifikasi OTP (One Time Password) yang masuk ke HP saya.

Selanjutnya saya juga melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Call Centre BRI dan CS BUKALAPAK, dan hingga tulisan ini saya buat masih dalam proses investigasi dari Bank BRI. Yang saya sayangkan dari pihak BUKALAPAK adalah dari ketiga transaksi yang terjadi, tidak satupun SMS kode OTP (One Time Password) yang masuk ke HP saya. Padahal di website BUKALAPAK, di halaman panduan pembayaran dengan kartu VISA/Mastercard tertulis bahwa bukalapak.com menerima pembayaran dengan menggunakan kartu yang mendukung fasilitas keamanan 3-D secure.

Saya juga konfirmasi ke CS BUKALAPAK bahwa pembayaran melalui kartu kredit harus menggunakan kartu yang mendukung 3-D secure. Selain itu saya juga menyayangkan lambatnya proses penanganan fraud kartu kredit di BUKALAPAK.

Saya meminta pihak BUKALAPAK untuk pro aktif dan sigap menindaklanjuti pembajakan kartu kredit BRI saya di BUKALAPAK, dan saya juga meminta pihak BUKALAPAK untuk bertanggungjawab dengan mengembalikan dana yang sudah terdebet di kartu kredit saya.

Slamet Waluyo
Gowa, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Slamet Waluyo

Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Yg sabar ya pak semoga masalahnya bisa selesai sesuai yg diharapkan..pindah haluan aja pak ke sebelah,udah 3 tahun gak ada masalah begini pak

    • Terima kasih mas Dani Prabowo, mudah2an ada tanggapan dr pihak bukalapak

      • Pak Slamet, bagaimana dengan kelanjutan kasusnya? Karna sayapun mengalami, apa dana di kembalikan?

    • Pak @slamet Waluyo saya juga mengalami masalah yg SMA dengan BPK,, kira2 bgmn prosedurnya pak agar dana Di kembalikan ?? Mohon penjelasannya

      • Sepertinya sistem keamanan Bukalapak hrs segera ditingkatkan. Dan sepertinya modus pembajakan msh terjadi sampai saat ini, mggu lalu lapak sy di BL, ada transaksi yg di curigai merupakan pembajakan kartu kredit. Saya mengetahui nya setelah di telpon oleh Bukalapak. Kebetulan mggu lalu sy upload LM antam, sy baru menyadari beberapa transaksi dilakukan oleh quick buyer, dgn no telp yg dicantumkan tdk terdaftar! Dengan alamat pengirimannya berbeda-beda, tp masih di wilayah yg sama! Menggunakan jasa pengiriman kilat yg sama! Semoga BL segera mengatasi masalah ini, dan memberikan kenyamanan untk buyer, seller dan jg pengguna kartu kredit! @Bukalapak, @bukabantuan

  • Katanya akun pembobol sudah dinonaktifkan tapi mengapa masih bisa transaksi pake KKnya orang. Parah nih keamanan buka lapak.

    • Saya sudah dihubungi pihak Bukalapak tgl 21 juni 2019, satu hari setelah saya menulis surat pembaca di media konsumen. Pihak Bukalapak menyampaikan bahwa masih belum menerima sanggahan transaksi daru pihak Bank BRI. Padahal saya sdh mengirimkan sanggahan transaksi Pada tgl 25 April 2019 via email. Oleh Bukalapak saya diminta utk menghubungi kembali pihak BRI, dan kemudian saya hub kembali BRI, dan pihak Bank BRI menyatakan bahwa sdh menerima transaksi saya tgl 25 April. Dan sampai saat ini saya masih menunggu hasil investigasi sanggahan transaksi saya. Dan tidak tahu sampai kapan Bukalapak mau menyelesaikan permasalahan kartu kredit saya.

  • Beberapa kali transaksi pake kartu kredit Citibank di Bukalapak, hanya sekali yg diminta OTP 3D Secure. Selebihnya bablas gak dimintain OTP. Padahal transaksi dengan kartu kredit yg sama di Shopee n Tokopedia, SELALU dimintain OTP 3D Secure.

    Untuk kasus ini sebenarnya mudah saja kalo pihak Bukalapak mau mengungkap pelakunya, karena si fraudster meninggalkan jejak alamat pengirimannya. Namun sepertinya Bukalapak gak mau repot, cukup hanya dengan memblokir akun pelakunya saja. ?

  • Bapak selamet, saya ingin menanyakan bagaimana kelanjutannya, soalnya saya juga mengalami seperti yang bapak alami. Terima kasih
    Pembajakan Kartu Kredit di Bukalapak
    Slamet waluyo 20 Juni 2019 12 Komentar BukaBantuan, Bukalapak, e-Commerce, Fraud, Fraud Kartu Kredit, Kartu Kredit Bank Danamon, Keamanan kartu kredit, Marketplace, Sanggahan Transaksi Kartu Kredit

  • Dear pak Slamet, bagaimana kelanjutannya? Apakah sudah ada solusi?
    Karena saya juga barusan mengalami masalah ini, kartu kredit Citibank saya bobol 8.8 juta dari akun bukalapak.
    Dan benar saja tanggapan bukalapak sama persis seperti itu.

    Hal yang saya harapkan dan seharusnya bisa dilakukan oleh Bukalapak adalah menginvestigasi siapa pemilik akun (data lengkap) dan alamat pengiriman barang. Terlebih saya juga salah satu customer/pemilik akun Bukalapak.
    Karena Menonaktifkan akun bukanlah solusi final.

    Seharusnya Bukalapak bisa lebih proaktif dan lebih cerdas dalam mengatasi fraud seperti ini.

    • Sampai saat ini saya masih menunggu hasil investigasi dari bank BRI. Berikut email terakhir dr pihak Bukalapak.
      Hi Slamet,

      Terima kasih telah menghubungi Bukalapak.

      Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Menanggapi laporan yang Anda kirimkan mengenai terjadinya pembajakan kartu kredit yang tidak mewajibkan kode OTP. Perlu kami informasikan kepada Anda, bahwa pihak Bank sudah menghubungi kami. Kami sarankan kepada Anda untuk menghubungi pihak Bank kembali perihal status Kartu Kredit Anda saat ini.

      Terima kasih atas perhatiannya. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami di BukaBantuan.