Pengancaman Penagihan Pinjaman Online untuk Keterlambatan Satu Hari

Halo sahabat Media Konsumen semua,

Di sini saya mau berbagi cerita tentang pengancaman atau intimidasi cara penagihan dari pinjaman online. Tadi pagi saya menerima sebuah sms yang berisi tentang akan adanya penyebaran foto dan penggalangan dana terkait telatnya saya membayar tagihan.

Saya memiliki tunggakan satu hari ke sebuah aplikasi pinjaman online bernama UrCash. Setelah lewat jatuh tempo satu hari, saya menerima sms penagihan dengan kalimat ancaman dan berhuruf kapital bahwa jika saya tidak bisa melunasi lewat dari pukul 6 sore hari ini, mereka akan menghubungi semua kontak saya dan akan membuatkan grup yang berisi penggalangan dana untuk macet nya pembayaran saya. Dan pada sms tersebut mereka mengatasnamakan aplikasi mereka yang sesungguhnya yaitu Pinjaman Petir.

Saya tahu saya salah dan telah telat membayar, tetapi apakah harus diperlakukan seperti ini. Dan, saya baca-baca juga banyak sekali yang mengalami hal ini.

Adakah saran yang baik yang harus saya lakukan. Karena kalau pun kita lapor kepada OJK. Mereka akan tetap mempermalukan kita selaku peminjam.

Yune Ainur
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Penagihan Pinjaman Petir:
[Penilaian Rata-rata: 2.6]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

46 komentar untuk “Pengancaman Penagihan Pinjaman Online untuk Keterlambatan Satu Hari

  • 25 Juni 2019 - (15:04 WIB)
    Sama saya jg barusan d ancam akan menyebarkan k tiap kontak karna hari ini belum bisa bayar.. sy kepikiran terus ini, sy pasrah saja lah sudah minta waktu tp pihak petir uang tidak mau..
    • 25 Juni 2019 - (15:29 WIB)
      Pinjam apk mana mbak? Jika UrCash, mereka tidak main-main mbak… Yang sabar mbak, selalu semangat.
      • 28 Juli 2019 - (14:04 WIB)
        Selamat siang…saya jg mengalami keterlambatan pembayaran di pinjman petir boleh gabung gak ke grop wa saya
    • 30 Juni 2019 - (00:10 WIB)
      Seperti kasus adek sy mba. Adek sy diancam akan dibuatkan group penggalangan dana untuk melunasi hutang. Dan sy baca2 memang petir uang itu paling kejam penagihan nya .
    • 11 Juli 2019 - (23:21 WIB)
      Mereka memang sprti itu sis..g ush risau..life must go on..ttp fokus mengerjakan sesuatu yg lbh baik di depan qta, abaikan para DC yang semena”..toh qta sdh ada andil menggaji mereka!!!paling nanti ada klarifikasi dari owner yg bunyinya..”Mhn maaf atas ketidaknyamanan yang telah diciptakan staf kami,kami akan lebih selektif lagi dlm merekrut karyawan dan kami akan tindak tegas para staf kami yg sudah membuat nasabah tidak nyaman” asyik banget ter bahasanya yg sangat diplomatis sementara qta para nasabah sudah terlanjur dibuat malu sama para dC!!!blm lagi kata” kasar dan tidak terpuji!! Bohong besar owner tidak mengetahui hal tsb…lalu dmn kendali owner utk mengawasi sistemnya..sistem komputer siapa yg ciptakan???staff???mana adaaaaaaa!!!!stlh diperkarakan lalu ditutup nanti jg ganti judul aplikasi!!!!
  • 25 Juni 2019 - (15:31 WIB)
    Petir uang,, sy bener2 terjerat mba hampir 20 apk.. pusing sy udh ga kerj skrg suami jg ga tau…
  • 25 Juni 2019 - (16:32 WIB)
    Sy juga terjerat pinjaman online. Sudah habis bealsan juta untuk membayar.tp masih bnyak aplikasi yg belum terselesaikan. Semua kontak sudah d teror. Sy bener2 stress..
    • 25 Juni 2019 - (16:40 WIB)
      Banyak korbannya mbak sampe puluhan juta bahkan… Semangat mbak, pasti resah dan sedih… Saya juga begitu.
  • 25 Juni 2019 - (17:55 WIB)
    Ya allah baru sadar aku barusan setor uang 500.000 pada tgl 19 juni 2019 di AIA di salah satu cabang BCA Jakbar .. Niatnya untuk nabung auto debet selama 7 tahun dan si marketingnya bilang uang akan kembali 100% ditambah bunga… Setelah bayar dapat surat polis asli dan baca sampai habis ternyata emang benar, yg ada harus bayr 70 tahun dan uang yg dikembalikan dalam jangka waktu 7 tahun hanya 33 juta.. Kalo dihitung 7 tahun x 12 bulan x 500.000 = 42 jutaa
      • 9 Juli 2019 - (22:37 WIB)
        sama sy jg hari ini ada pinjol yg jth tempo di aplikasi duit kita dari apk itu sms dengan ancaman smpesekarang jam 22:34 mereka msh sms dengan ancaman jg dengan menggunakan huruf kapita sy bingung sm sperti yg prnah mengalami nya sy jg terjerat hutang pinjol skitar 15 apk
  • 25 Juni 2019 - (18:26 WIB)
    Saya juga di ancem kredit pintar mbak saya juga kebingungan udah saya menijem 100juta aja yaawloh saya udah di ancem berkali kali
    • 28 Juli 2019 - (14:08 WIB)
      Saya jg terjerat di aplikasi pinjol ada beberapa pinjol yg sudah jatoh tempo sdgkn saya belom punya uang..saya pusng bunga yg semakin tinggi semakin mencekik
  • 25 Juni 2019 - (18:32 WIB)
    Iya nih…salam kenal ya….sy baru gabung….sy gak ada pinjaman di pinjaman petir…tp sy ada pinjaman di beberapa aplikasi yg bikin sy resah…krn blm bs byr
  • 25 Juni 2019 - (19:24 WIB)
    Barusan sy coba menghubungi kontak kofin law. Katanya mereka bisa bantu org2 yg terjerat pinjol .tp apa benar blm apa2 diminta biaya 300rb? Karna sy diminta biaya sebesar 300rb. Sedikit kecewa,karna sy dan bbrpa org yg mungkin menghubungi kofin law sudah pasti sedang bermasalah dgn keuangan. Tp seakan tidak peduli. Sy sudah diminta biaya sebesar itu. Maaf sebelumnya jika komentar sy di luar topik. Sy cuma ingin meluruskan fikiran buruk sy.
    • 25 Juni 2019 - (21:22 WIB)
      Saya juga, kemarin2 sempat menghubungi kofin law… Dan memang syaratnya harus ada pembayaran terlebih dulu mbak… Memang tidak memberikan jalan keluar mbak, kalo boleh tau kena berapa aplikasi mbak?
    • 15 Juli 2019 - (08:31 WIB)
      hati hati sama kantor-kantor yang pake embel2 “Law” dan bilang bisa bantu menyelesaikan… apalagi udah minta dana kayak gitu.. klo pun perlu pendampingan atau konsultasi hukum mending langsung ke LBH LBH yang sudah jelas dan biasanya mereka mau memberikan konsultasi gratis karena mereka juga punya kewajiban secara pro bono… klo pake mediator lain saya saranin coba konsultasi ke “Amalan”
  • 25 Juni 2019 - (21:31 WIB)
    Kmrin sempet di 40aplikasi. sy kan usaha ya mba. Tdnya sy pinjam untuk tambahan modal usaha. Awalnya semua lancar. To seperti yg mbaknya tau semakin kesini bunga semakin membengkak. Omset sy sudah tdk bisa menutupi pembayaran.Akhirnya sy pengajuan di aplikasi lain. Terus seperti itu. Tp kmrin sy sudah membayar dikurang lebih 10 aplikasi. Tp sisanya masih banyak mba. Sdgkan sy sudah tidak ada dana lagi. Bener2 stres sy mba. Gaberani keluar rumah. Malu sama temen2, sama keluarga. Ya allah..
    • 25 Juni 2019 - (21:51 WIB)
      Sekarang sisa 30-an aplikasi yaa mbak? Haduhh mbak udah sebar-sebar data belum aplikasi nya?
      • 9 Juli 2019 - (23:47 WIB)
        Mbak – Mbak boleh minta teleponnya ga, saya juga kena nih sama kredivo
    • 10 Juli 2019 - (11:29 WIB)
      Siang.. mba sama seperti saya. Hampir 40 aplikasi… Penagihan jg sdh diancem2.. Saya sih sdh lapor ke pengaduan afpi. Bunga smakin bengkak. Tp mereka nagih sy tetap response. Minta keringanan byr pokoknya aja. Malah dikata2in. Pdhal niat mau byr. Skr pasrah aja. Mao didtgi jg siap gak siap. Malu jg Saya. Sambil cr pinjaman lain yg bs tutupin smua. Dengan bunga ringan.
  • 26 Juni 2019 - (10:06 WIB)
    Saya pun pernah pinjam di UrCash & terlambat selama 10 hr mereka memang mengancam mau sebar data & penggalangan dana buat byr hutang saya,, kolektor yg menagih pun kasar sekali menagih nya. Pada akhir nya pada saat sy byr saya coba utk menelepon DC tersebut tp DC tersebut tidak berani angkat telepon saya & malah telepon saya dialihkan. Jangan takut mba sm DC yg penting kita niat mau membayar
    • 26 Juni 2019 - (10:23 WIB)
      Iya mbak sama, saya juga setelah membayar lunas. Gak ada minta maaf, gak ada apa gitu… Cuek aja dia nya… Emang dasar bukan manusia kayanya.
  • 10 Juli 2019 - (18:45 WIB)
    Dulu sy punya ada 8 aplikasi smua gaada yg sy bayar, smpet ngedown smua kontak disms ditlfon malu sama org kantor sama tmen2, smpe akhirnya kakak ipar sy nyaranin ganti nmer aja, yauda sy ganti nmer ada yg dtengin kerumah 1 apk slebihnya gaada paling cuma email doang
  • 11 Juli 2019 - (20:48 WIB)
    G ush takut sama para DC yg mulutnya kek “BB”..qta hrs lbh galak..toh qta sdh dituntut dg konsekuensi denda+bunga berjalan&biaya admin d awal dg yg wooow..fantastis sekali..kalo pun d perkarakan kasusnya perdata..sy malah tantangan mereka lapor aja sama yg berwajib…stlh diperkarakan lalu qta sanggup byr hnya 100perak per bln..mo apa mereka?!!!
    • 17 Juli 2019 - (09:06 WIB)
      emang bisa gitu ya mbak kl misalnya kita di perdata trus kita bilang kl cm bisa bayarnya 100 perak? bakalan dikabulin gitu ka??
  • 12 Juli 2019 - (09:54 WIB)
    Saya juga memiliki tagihan 685rb dan sudah lewat jatuh tempo 2bulan di akulaku dan diancam oleh pihak DC akulaku kalo misalkan saya tidak membayar mereka akan mendatangi rumah saya bersama pihak berwajib
    Saya bingung harua bagaimana, saya sudah bilang bahwa kalo misalkan saya sudah punya uang saya akan bayar tapi mereka tidak memberikan saya toleransi lagi..
    Saya mau tanya, apa bener pihak akulaku tidak main main soal datang kerumah?
    • 15 Juli 2019 - (08:40 WIB)
      Kalau mendatangi rumah untuk menagih sih itu hal yang biasa sih… tapi kalau sampai bawa pihak yang berwajib? itu asli lebay… kalaupun benar terjadi itu pasti aparat bayaran yang ngga resmi, ngga usah takut… ketika didatangi debtcol seperti ini, selalu ingat:
      1. PAstikan identitas si Debcol benar benar perwakilan dari si pemberi pinjaman (surat tugas, surat kuasa, keterangan identitas), foto sekalian sebagai bukti, klo mereka menolak untuk difoto dokumennya, ya stop saja pembicaraan dan usir keluar rumah hahaha…
      2. jangan pernah gentar kalau mereka mengancam dengan kekerasan, rekam diam diam pembicaraan dengan si DC, kalau mereka mengancam dnegan kekerasan, sampaikan saja kalau kita akan laporkan mereka dengan tindak pidana pengancaman dan penganiayaan.
      3. jika mereka berkata kasar dan merendahkan dalam melakukan penagihan, seperti sebelumnya pastikan direkam pembicaraannya, dan bilang saja DC itu dan apk yang memberikan kuasa akan dilaporkan karena pelanggaran kode etik penagihan yang diatur oleh OJK dan APFI.
      4. Kalau mereka melakukan pemaksaan lebih lanjut, bilang saja untuk selesaikan dimeja pengadilan, karena penyelesaian pinjol ini harus dilakukan sesuai hukum yang berlaku, yaiu melalui keputusan hakim

      Tapi ingat… yang namanya hutang tetap harus dibayarkan… coba minta bantuak ke kerabat atau lainnya untuk segera menyelesaikan hutang ini…

      • 15 Juli 2019 - (10:09 WIB)
        Saya jg dikata2in dgn kasar. Krn Sy gak response. Sy sedang ibadah. selesai ibadah buka wa. Tulisannya sdh Bahasa binatang smua. Diblg org Gila. Sy lgsg bales. Anda yg Gila. Sy sedang ibadah. Saya gak Mao byr klo begini cara penagihannya. Ambil aja duit loe sini..
        Blom di wa lg sih hr ini. Minta bunga dihapuskan aja dikata2in. Sk keterlaluan .
        • 15 Juli 2019 - (11:02 WIB)
          PAGI semua,

          saya mau tanya disini ada yang tau solusi pembayaran di apk tunaikita ga ? saya mempunyai tagihan di tunaikita, tapi apk nya ga bisa di buka dr tgl 1 Jul, sampai sekarang, saya takut kalo sampai di tlp DC.. mohon bantuannya dong … terima kasih

          • 17 Juli 2019 - (10:20 WIB)
            Telp aja Tanya tagihan. Ada no call center nya. Sy jg kmarin gt. Trs denda keterlambatan dihapuskan. Cr di google telp nya.
    • 16 Agustus 2019 - (08:47 WIB)
      Akulaku emang dateng ke rumah mas. Tapi gak kasar dan gak bawa pihak polisi. Untuk yang mau gabung grup korban pinjol bisa kirim email ke berimbasofficial@gmail.com. Grup kita adalah tempt share. Ada konselingnya. Dan jika memenuhi syarat kita coba bantu dana talangan.
  • 13 Agustus 2019 - (19:00 WIB)
    saya retno…saat dapat ancaman dari pinjaman online DANA MALAIKAT…mengancam saya akan buat wa group untuk penggalangan dana ….saya ketakutan karena ada kontak mertua sana ….apakah akan benar buat group wa ya

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan Pinjaman Petir?

Ada 46 komentar sampai saat ini..

Pengancaman Penagihan Pinjaman Online untuk Keterlambatan Satu Hari

Yune Ainur 1 menit
46