Indosat Memperpanjang Kontrak Sepihak dan Menagihkan Limit yang Tidak Pernah Diapakai Sama Sekali

Pada Bulan September 2017 saat saya membeli Hp di gerai E****n. Seorang marketing Indosat menawarkan berbagai paket Indosat yang ada saat itu. Setelah sudah ditanyakan berbagai hal ke si marketingnya, akhirnya saya pun setuju membeli paket Super Plan 200 ribu/bulan selama 12 bulan, dan saya membuat kontrak dengan Indosat Oredoo dalam jangka waktu yang tertera (Awal Kontrak: September 2017 dan Akhir Kontrak: September 2018).

Kemudian setelah tiba di bulan ke-12 saya beresin semua tagihan yang masih ada di bulan terakhir, karena kelebihan pemakaian limit yang 200 ribu saya masih ingat sebesar 19 ribuan. Setelah saya sudah bayar tagihan di bulan terakhir dan kontrak 1 tahun sudah berakhir saya tidak mau lagi menggunakan kartu Indosat tersebut, kartunya saya patahin dan dibuang.

Setelah hampir setahun kemudian sudah tidak memakainya lagi, tiba-tiba tanggal 24 Juni 2019 muncul sebuah whatsapp dari debt collector Indosat yang menagih biaya layanan dari setelah berakhirnya kontrak tersebut sebesar Rp600.003 (selama kontrak sudah berakhir saya tidak ada pemberitahuan apapun dari Indosat). Saya syok banget dengan nilai total tagihan tersebut, sangatlah besar sekali dan saya ditagihkan utang yang saya tidak pakai sama sekali setelah sudah berakhir kontrak.

Akhirnya keesokan paginya saya menelepon CS Indosat Oredoo saya ceritakan semuanya dari awal hingga akhir kontrak dan jawaban CS cuma menjawab: “Karena tidak ada permintaan pemberhentian maka limit tetap berjalan”. Lalu saya menanyakan kembali, “Saya tidak memakai limit yang Anda berikan karena kartu pun sudah saya buang setelah kontrak berakhir. Saya tidak tahu menahu setelah itu. Apakah saya bisa meminta hasil print out penggunaan saya kalau memang benar ini tagihan yang saya pakai?”. CS menjawab: “LIMIT DIPAKAI ATAU TIDAK DIPAKAI IBU TETAP HARUS BAYAR. Solusi hanya satu, ibu tetap haru membayar tagihan tersebut ke gerai Indosat terdekat secepatnya kalau tidak ibu akan ditagihkan terus menerus sampai lunas”.

  • Bukankah kontraknya berlaku hanya 1 Tahun karena informasi dari marketing-nya kontraknya otomatis akan berakhir dengan sendirinya di bulan September 2018, tapi faktanya pada bulan Juni 2019 saya masih dikirimkan tagihan dari debt collector Indosat. Lalu dimana hak Indosat memperpanjang kontrak lagi tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari customer?
  • Penugasan debt collector untuk menagih tagihan yang tidak pernah saya pakai melakukan tindakan pemerasan.
  • Bagaimana bisa Indosat menagih ke customer sedangkan limit yang diberikan TIDAK DIPAKAI SAMA SEKALI ? Apakah ini yang namanya penipuan dengan cara menjebak setiap customer dengan alasan seperti di atas?

Sebelum 2/3bulan berakhir kontrak saya pernah ditawarin melalui HP apakah paket ingini diteruskan lagi setelah berakhir kontrak? Saya pun menjawab TIDAK karena saya sudah tidak nyaman dengan Indosat (artinya Indosat sudah tahu kalau kontrak sudah berakhir dan tidak diteruskan lagi).

Yuliana Sitiani Zalukhu
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Indosat Memperpanjang Kontrak Sepihak dan Menagihkan Limit yang Tidak Pernah Diapakai Sama Sekali

  • 26 Juni 2019 - (19:15 WIB)
    Permalink

    mungkin kartu indosat yang dipakai adalah nomer pasca bayar (Matrix). perlakuan nomer pasca bayar memang seperti nomer telpon rumah, dipakai atau tidak dipakai dia akan terus berjalan tagihannya selama belum ada pernyataan berhenti berlangganan dari pemilik nomer.
    seharusnya kalau mau berhenti menggunakan nomer indosatnya setelah kontrak berakhir, tetep harus menyampaikan ke pihak indosat. jangan langsung buang simcard, trus menganggap semua sudah beres.

    • 26 Juni 2019 - (21:32 WIB)
      Permalink

      Seperti yang sudah saya jelaskan di poin2 diatas pak, sewaktu membuat kontrak dengan si marketingnya tidak dijelaskan apa2 dan tidak diberitahukan aturan apapun apalagi tidak memberikan informasi kalau harus melapor untuk pemberhentian. yang saya tau kontrak 1th udah selesai sudah saya bayar lunas dari awal kontrak , dan juga tidak dijelaskan kalau akan berkelanjutan setelah kontrak berakhir TAPI si marketingnya sendiri mengatakan jika sudah ke – bulan 12 maka limit kontraknya otomatis akan berakhir dengan sendirinya di bulan September 2018 dan tidak akan diberikan limit lagi, jika ibu mau silahkan melakukan pembelian paket kembali atau diisi ulang pulsa kartunya seperti biasanya.

      1. Jika dia menyatakan kontraknya diperpanjang seharusnya ada surat kontrak baru dan dikonfirmasi untuk persetujuan dari customer. Dari mana hak Indosat melakukan perpanjangan kontrak sepihak setelah masa kontrak yang dibuat telah habis?
      Sebelum 2/3bulan berakhir kontrak saya pernah ditawarin melalui telpon apakah paket ingin diteruskan lagi setelah berakhir kontrak atau mau membelikan limit yang lebih kecil ? Saya pun menjawab TIDAK karena saya sudah tidak nyaman dengan indosat, saya tidak mau pake indosat lagi setelah masa kontrak habis (artinya Indosat sudah tahu dong kalau kontrak sudah berakhir dan tidak diteruskan lagi dan jika memang ada embel2 yg lain harusnya saat itu juga si penelpon menjelaskan akan diperpanjang otomatis atau harus melapor untuk menutup)!!

      2. Jika memang ada tagihan berjalan setidaknya Indosat punya ETIKA BAIK untuk mengkonfirmasi ke customernya langsung saat tagihan pertama jatuh tempo dan saat tidak ada pembayaran karna sesungguhnya mereka juga tau kan dari hasil print out tidak ada sama sekali riwayat pemakaian dari limit tersebut (ini kenapa harus menuggu setahun kemudian lalu melakukan penugasan debt collector untuk menagihkan seolah2 ini piutang yang sudah saya nikmati sedangkan saya tidak memakai sama sekali limit tersebut).

      • 8 November 2020 - (20:30 WIB)
        Permalink

        Maaf bu, apa boleh tau kelanjutan nya bagaimana sampai hr ini? Karena Saya jg saat ini mengalami hal yg sama dgn ibu, awalnya Saya abaikan tp bbrp hr yg lalu sy dikirim kan srt peringatan dr debt colector. Skrg sy benar2 terganggu, karena seumur-umur blom pernah berurusan dgn debt colector, terkutuk sekali indosat.

      • 6 Juli 2019 - (11:12 WIB)
        Permalink

        iya mbak, maksut saya mereka bisa lacak gitu ya nomor baru kita, padahal sudah tidak ada sangkut pautnya dengan nomer yang dulu.
        Dan waktu pendaftaran masukin NIK dan nama ya?

        • 6 Juli 2019 - (11:39 WIB)
          Permalink

          Lah iya bener, kok bisa tahu nomor yang sekarang ya??? Karena sekarang pakai provider lain kan, bukan indosat. Apa mungkin ada MOU antar provider untuk saling berbagi info data pelanggannya masing2?

          Btw, kemarin kontraknya masuk pasca atau pra bayar? Mestinya sih pascabayar yah, karena bisa ditagih belakangan (kalau prabayar kan gak bayar yah hangus).
          Nah, kalau pascabayar, kan mestinya ada bill setiap bulan. Aneh benar kalau pascabayar gak pernah terima bill bulanan.

          Btw, bantu jawab buat yg di atas: kalau bikin kontrak mah pasti segala data lengkap, sampai alamat rumah & ibu kandung segala.

  • 14 November 2019 - (16:46 WIB)
    Permalink

    Sama kejadian dgn sy alami..pertama kontrak bilang ini pasca bayar bapak gk usah kuatir ada tagihan kalo bapak kecolongan atau lalai byr tagihan. Disaat itu juga diminta deposit. Giliran saya gk bayar tagihan langsung diblokir dan tagihan tetap berjalan dari bulan ke bulan. Sadiis benar ini indosat ooredoo.

  • 6 Maret 2020 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Saya juga ditagih by wa oleh nomor tidak dikenal yang isi percakapanya adalah untuk melunasi tagihan sebesar Rp 2.7**.***, padahal kontrak hanya di 12 bulan dan nomor sudah lama tidak terdaftar. Masa iya customer ditagih dengan limit yang tidak pernah di gunakannya.

  • 25 Juni 2020 - (16:54 WIB)
    Permalink

    saya baru mendapatkan cek kartu yg sudah tidak terpakai ada tagihan sebesar 415.000,
    padahal bundling hanya setahun beli di gerai ER****E, tidak di jalaskan sama sekali akan otomatis perpanjang, kartu sudah tidak di pakai, call ke call center indosat harus melunasi dulu dan tidak bisa di berhrntikan harus ke gerai dan harus menyelesaikan tagihan,
    tagihan macam apa gak pernah pakai.

    • 8 November 2020 - (20:25 WIB)
      Permalink

      Trus akhirnya gimana bu? Soalnya Saya jg mengalami hal yg sama skrg, Saya abaikan saja, eh malah dikirimin srt peringatan dr debt collector, benar2 keterlaluan ini indosat

      • 28 Desember 2020 - (12:50 WIB)
        Permalink

        Hampir mirip dgn yg saya alami. Jumat lalu saya beli hp terus ditawarin kartu IM3 pasca bayar. Saya sebenarnya tidak tertarik. Cuma karena di iming iming i bonus bla bla. Akhirnya entah sy terlalu fokus sama hp dan bonus akhir nya kartu itu di sertakan dan saya tanda tangan form ( belakangan saya tau kalau yg sy sign itu kontrak 12 bulan dengan biaya 588 000) dan dijanjikan aktif dalam 1 jam. Sudah 3 hari kartu prabayar ini belum aktif. Sy sdh coba hubungi toko dan galeri Indosat , ngaak di angkat. Membaca

  • 13 April 2021 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Sama saya tahun lalu beli hp. Ada bonus paket kata gerai , pakai kartu Indosat. Begitu sdh habis ya saya gak pakai. Eh ditagih 500 ribuan..
    Pake debt colector

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooreedo?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Indosat Memperpanjang Kontrak Sepihak dan Menagihkan Limit yang Tidak …

oleh Yuliana SZalukhu dibaca dalam: 2 menit
15