Indosat Memperpanjang Kontrak Sepihak dan Menagihkan Limit yang Tidak Pernah Diapakai Sama Sekali

Pada Bulan September 2017 saat saya membeli Hp di gerai E****n. Seorang marketing Indosat menawarkan berbagai paket Indosat yang ada saat itu. Setelah sudah ditanyakan berbagai hal ke si marketingnya, akhirnya saya pun setuju membeli paket Super Plan 200 ribu/bulan selama 12 bulan, dan saya membuat kontrak dengan Indosat Oredoo dalam jangka waktu yang tertera (Awal Kontrak: September 2017 dan Akhir Kontrak: September 2018).

Kemudian setelah tiba di bulan ke-12 saya beresin semua tagihan yang masih ada di bulan terakhir, karena kelebihan pemakaian limit yang 200 ribu saya masih ingat sebesar 19 ribuan. Setelah saya sudah bayar tagihan di bulan terakhir dan kontrak 1 tahun sudah berakhir saya tidak mau lagi menggunakan kartu Indosat tersebut, kartunya saya patahin dan dibuang.

Setelah hampir setahun kemudian sudah tidak memakainya lagi, tiba-tiba tanggal 24 Juni 2019 muncul sebuah whatsapp dari debt collector Indosat yang menagih biaya layanan dari setelah berakhirnya kontrak tersebut sebesar Rp600.003 (selama kontrak sudah berakhir saya tidak ada pemberitahuan apapun dari Indosat). Saya syok banget dengan nilai total tagihan tersebut, sangatlah besar sekali dan saya ditagihkan utang yang saya tidak pakai sama sekali setelah sudah berakhir kontrak.

Akhirnya keesokan paginya saya menelepon CS Indosat Oredoo saya ceritakan semuanya dari awal hingga akhir kontrak dan jawaban CS cuma menjawab: “Karena tidak ada permintaan pemberhentian maka limit tetap berjalan”. Lalu saya menanyakan kembali, “Saya tidak memakai limit yang Anda berikan karena kartu pun sudah saya buang setelah kontrak berakhir. Saya tidak tahu menahu setelah itu. Apakah saya bisa meminta hasil print out penggunaan saya kalau memang benar ini tagihan yang saya pakai?”. CS menjawab: “LIMIT DIPAKAI ATAU TIDAK DIPAKAI IBU TETAP HARUS BAYAR. Solusi hanya satu, ibu tetap haru membayar tagihan tersebut ke gerai Indosat terdekat secepatnya kalau tidak ibu akan ditagihkan terus menerus sampai lunas”.

  • Bukankah kontraknya berlaku hanya 1 Tahun karena informasi dari marketing-nya kontraknya otomatis akan berakhir dengan sendirinya di bulan September 2018, tapi faktanya pada bulan Juni 2019 saya masih dikirimkan tagihan dari debt collector Indosat. Lalu dimana hak Indosat memperpanjang kontrak lagi tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari customer?
  • Penugasan debt collector untuk menagih tagihan yang tidak pernah saya pakai melakukan tindakan pemerasan.
  • Bagaimana bisa Indosat menagih ke customer sedangkan limit yang diberikan TIDAK DIPAKAI SAMA SEKALI ? Apakah ini yang namanya penipuan dengan cara menjebak setiap customer dengan alasan seperti di atas?

Sebelum 2/3bulan berakhir kontrak saya pernah ditawarin melalui HP apakah paket ingini diteruskan lagi setelah berakhir kontrak? Saya pun menjawab TIDAK karena saya sudah tidak nyaman dengan Indosat (artinya Indosat sudah tahu kalau kontrak sudah berakhir dan tidak diteruskan lagi).

Yuliana Sitiani Zalukhu
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sama kejadian dgn sy alami..pertama kontrak bilang ini pasca bayar bapak gk usah kuatir ada tagihan kalo bapak kecolongan atau lalai byr tagihan. Disaat itu juga diminta deposit. Giliran saya gk bayar tagihan langsung diblokir dan tagihan tetap berjalan dari bulan ke bulan. Sadiis benar ini indosat ooredoo.

  • Loh kalau nomor sudah tidak dipakai dan sudah dipatahkan kok masih bisa ada whatsapp masuk ya?

    • Whatsapp di nomer saya yang lain pak, bukan di kartu indosat yang bermasalah ini.

      • iya mbak, maksut saya mereka bisa lacak gitu ya nomor baru kita, padahal sudah tidak ada sangkut pautnya dengan nomer yang dulu.
        Dan waktu pendaftaran masukin NIK dan nama ya?

        • Lah iya bener, kok bisa tahu nomor yang sekarang ya??? Karena sekarang pakai provider lain kan, bukan indosat. Apa mungkin ada MOU antar provider untuk saling berbagi info data pelanggannya masing2?

          Btw, kemarin kontraknya masuk pasca atau pra bayar? Mestinya sih pascabayar yah, karena bisa ditagih belakangan (kalau prabayar kan gak bayar yah hangus).
          Nah, kalau pascabayar, kan mestinya ada bill setiap bulan. Aneh benar kalau pascabayar gak pernah terima bill bulanan.

          Btw, bantu jawab buat yg di atas: kalau bikin kontrak mah pasti segala data lengkap, sampai alamat rumah & ibu kandung segala.

  • mungkin kartu indosat yang dipakai adalah nomer pasca bayar (Matrix). perlakuan nomer pasca bayar memang seperti nomer telpon rumah, dipakai atau tidak dipakai dia akan terus berjalan tagihannya selama belum ada pernyataan berhenti berlangganan dari pemilik nomer.
    seharusnya kalau mau berhenti menggunakan nomer indosatnya setelah kontrak berakhir, tetep harus menyampaikan ke pihak indosat. jangan langsung buang simcard, trus menganggap semua sudah beres.

    • Seperti yang sudah saya jelaskan di poin2 diatas pak, sewaktu membuat kontrak dengan si marketingnya tidak dijelaskan apa2 dan tidak diberitahukan aturan apapun apalagi tidak memberikan informasi kalau harus melapor untuk pemberhentian. yang saya tau kontrak 1th udah selesai sudah saya bayar lunas dari awal kontrak , dan juga tidak dijelaskan kalau akan berkelanjutan setelah kontrak berakhir TAPI si marketingnya sendiri mengatakan jika sudah ke - bulan 12 maka limit kontraknya otomatis akan berakhir dengan sendirinya di bulan September 2018 dan tidak akan diberikan limit lagi, jika ibu mau silahkan melakukan pembelian paket kembali atau diisi ulang pulsa kartunya seperti biasanya.

      1. Jika dia menyatakan kontraknya diperpanjang seharusnya ada surat kontrak baru dan dikonfirmasi untuk persetujuan dari customer. Dari mana hak Indosat melakukan perpanjangan kontrak sepihak setelah masa kontrak yang dibuat telah habis?
      Sebelum 2/3bulan berakhir kontrak saya pernah ditawarin melalui telpon apakah paket ingin diteruskan lagi setelah berakhir kontrak atau mau membelikan limit yang lebih kecil ? Saya pun menjawab TIDAK karena saya sudah tidak nyaman dengan indosat, saya tidak mau pake indosat lagi setelah masa kontrak habis (artinya Indosat sudah tahu dong kalau kontrak sudah berakhir dan tidak diteruskan lagi dan jika memang ada embel2 yg lain harusnya saat itu juga si penelpon menjelaskan akan diperpanjang otomatis atau harus melapor untuk menutup)!!

      2. Jika memang ada tagihan berjalan setidaknya Indosat punya ETIKA BAIK untuk mengkonfirmasi ke customernya langsung saat tagihan pertama jatuh tempo dan saat tidak ada pembayaran karna sesungguhnya mereka juga tau kan dari hasil print out tidak ada sama sekali riwayat pemakaian dari limit tersebut (ini kenapa harus menuggu setahun kemudian lalu melakukan penugasan debt collector untuk menagihkan seolah2 ini piutang yang sudah saya nikmati sedangkan saya tidak memakai sama sekali limit tersebut).