Surat Pembaca

Masalah Pembayaran Tagihan Pascabayar Indosat Ooredoo

Saya pelanggan pascabayar Indosat Ooredoo dengan nomor pelanggan 0855-8852***. Saya kecewa sekali dengan masalah pembayaran tagihan Indosat. Setiap bulan saya lakukan autodebit Standchart, namun kali ini nomor saya terblokir total WALAUPUN status tagihan sudah TERBAYAR (status dari m-banking BCA).

Pertama kali menghubungi CS Indosat di 185, diberitahukan bahwa terdapat tunggakan tagihan 2 bulan terakhir dan dijelaskan kemungkinan penyebabnya karena kegagalan autodebit dari Standchart itu sendiri, lalu disarankan untuk melakukan pembayaran secara manual melalui kasir Alfamart atau Indomaret. Singkatnya, pembayaran manual pun TIDAK DAPAT dilakukan melalui kedua kasir tersebut, dengan status TAGIHAN TERBAYAR (Indomaret) dan status ID PELANGGAN TIDAK DIKENAL (Alfamart).

Lanjut kedua kali menghubungi CS Indosat di 185, saya meminta kepastian cara pembayaran lain YANG PASTI DITERIMA, DAN BISA MENGAKTIFKAN KEMBALI nomor Indosat saya. Singkatnya, CS Indosat pun TIDAK BISA MEMASTIKAN, KEMANA SAYA HARUS MEMBAYAR TAGIHAN INI, yang JELAS bukan disebabkan oleh kelalaian saya. Gerai Indosat menjadi saran terakhir dari CS kedua, dan itupun masih tanpa kepastian bahwa pembayaran tagihan bisa valid.

Sangat tidak logis, di era serba online seperti saat ini, sebuah provider layanan komunikasi besar, tidak sinkron dengan hasil status tagihan di kasir yang disarankan untuk melakukan pembayaran manual. Bukankah seharusnya pihak provider (melalui CS pertama) dapat meyakinkan pelanggan 100% bahwa pembayaran dapat valid melalui salah satu kasir tersebut?? Ditambah lagi, ketidakpastian dari CS kedua, bahwa pembayaran bisa valid melalui gerai Indosat. Dan jika ternyata memang tidak bisa valid melalui gerai Indosat, maka pelanggan diharuskan mengemail laporan beserta screenshot bukti kegagalan pembayaran manual melalui kedua kasir tsb, lalu menunggu 1×24 jam untuk tindak lanjutnya. INIKAH ONLINE versi Indosat??

Jika masalah vital seperti “komunikasi” status pembayaran ini menjadi sedemikian rumit dan membuang waktu pelanggan, lalu bagaimana Indosat bisa memberikan layanan komunikasi yang baik terhadap konsumennya?? Setidaknya, perbaiki dahulu “komunikasi” status pembayaran tagihan antara indosat dengan outlet pembayaran yang ditunjuk, sehingga ada kesamaan status dan dapat memberi kepastian ke pelanggan, di mana pembayaran manual tsb bisa diterima dan nomor kembali aktif.

Saya akan update info hasil selanjutnya setelah saya mendatangi gerai Indosat untuk melakukan pembayaran manual sebagai saran terakhir dari CS Indosat.

Jeffry Susanto/Yuni Yonata
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • wah….perlu dijadikan pertimbangan ini…..

    Katanya kartu IM3 ini pembagian untuk kami belajar dari pemerintah kok saya ditagih ya padahal kuota saya sendiri dan kuota nya untuk saya belajar kapok dengan indosat… merasa dijebak?

  • Saya juga ngalamin.udah ga pakai sejak 2019.tiba2ada tagihan 1juta an. Udah minta kebijakan indosat tetap wajib bayar. Kalau nggak, akan ditindak lanjut kata mereka. Kejam banget. Ngerasain manfaatnya nggak, disuruh bayar iya.