OVO Tidaklah Aman, Saldo OVO Saya Kebobolan

Saya pecinta setia di tokopedia gemar transaksi di tokopedia pada awal itu tokopedia memperkenalkan OVO untuk top up transaksi gratis OVO point yang lumayan bisa menghemat kantong saya. Begitu transaksi saya selalu menggunakan OVO untuk dapat OVO point.

Pada tanggal 14 Juni 2019 teman kantor saya yang juga gemar transaksi OVO tapi untuk gratis ongkir di Grabfood yang lumayan potongannya akan tetapi pesanan grabfood melebihi batas oleh karena itu teman minta pesankan grabbfood dengan OVO saya. Ditransferlah saldo OVO pertama Rp100 ribu, kedua Rp50 ribu terus coba transaksi grabfood ternyata gak bisa alasan belum di upgrade ke OVO premier ternyata OVO premier lama updatenya sehingga tidak jadi gunakan untuk Grabfood. Sementara saldo sudah masuk ke saya Rp150 ribu tidak bisa transfer balik karena belum di upgrade ke OVO premier maka dari itu saya bayar cash ke teman saya untuk gantikan saldo yang masuk Rp150 ribu sementara saya masih punya saldo Rp8 ribuan lebih, jadi total saldo Rp158 ribu sekian. Saldo mengendap di OVO saya.

Saya pun penasaran dengan OVO premier bisa transaksi kemana aja dan banyak gratisnya seperti grabfood yang sedang promo maka dari itu tanggal 14 malam saya verifikasi untuk OVO premier dengan selfi KTP plus data diri. Terus saya langsung install OVO dari Playstore kagum dengan OVO waktu pertama sekuritinya ada 3 verifikasi sms, msukkan pascode, sama fingerprint. saldo masih segitu Rp158 ribu sekian saya simpan sajalah saya pikir nanti bisa untuk transaksi Toped.

Pada tanggal 17 saya ditugaskan kantor ke daerah pelosok tapi tidak menginap, pulang hari pada pukul 16.00 sore. Di bus perjalanan pulang saya cek OVO melalui finger masih ada saldo pada pukul 16 lewat ada yang masuk di gmail (saya login gmail) mencurigakan, saya liat pake Pppo ponselnya dengan sinyal hilang-hilangan soalnya perjalanan pulang lewat kampung-kampung jadi putus-putus. Begitu ada sinyal langsung saya ubah password gmail. Saya pikir apa yang mau diambil di Gmail? Tokopedia kan aman verifikasi dengan tabungan dan KTP. OVO juga saya lihat aman pake sms verifikasi, pascode dan finger. Tidak ada yang mencurigakan selain di gmail yang sudah saya amankan dengan ubah password.

Begitu sampai kantor saya cek aplikasi OVO kok minta memasukkan nomor hp terus. Saya masukkan nomor hp verifikasi sms terus pascode biasa gak bisa masuk. Lalu saya verifikasi lewat gmail saya saya ubah password, terus verifikasi lagi fingerprint. Pas saya cek saldo sudah tinggal 80 rupiah. Kaget, saya lihat history ada transaksi transfer saldo Rp158 ribu ke Muhammad Fauzi.

Saya cek akun email saya sudah diubah alamat email Fauzi. Ternyata OVO saya kebobolan dengan keamanan verifikasi sms, pascode, fingerprint OVO bisa dibobol. Dengan ini saya tidak percaya lagi dengan OVO saldo saya hilang padahal saya tidak melakukan transaksi. Baru top up 158 ribu saja sudah lenyap, bagaimana kalau yang lain top up Rp10 juta hilang saldo.

Setelah itu esoknya saya lapor ke OVO, dibalas sama OVO tapi disuruh kirim 10 transaksi sama KTP sudah saya penuhi. OVO memang cepat tanggap tetapi email jawabannya sangatlah tidak memuaskan.

Dengan ini saya harap yang pakai OVO hati-hati hilang saldonya karena OVO tidaklah aman. Semoga dengan kejadian ini OVO bisa lebih baik lagi yah, kalau banyak yang kebobolan sistem keamanan gak diubah bisa tutup OVO.

Muhammad Alfi Mahyuarsony
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan OVO:
[Penilaian Rata-rata: 1.9]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Tentang Penulis
Muhammad alfi Mahyuarsony  

saya adalah seorang karyawan kantor yang bekerja di lapangan

9 komentar untuk “OVO Tidaklah Aman, Saldo OVO Saya Kebobolan

  • 27 Juni 2019 - (12:48 WIB)
    jadi pelajaran dikemudian hari, sebaiknya jangan mengendapkan uang di e-money. di-topup saldo kalo pas mau butuh saja.
    • 1 Juli 2019 - (18:28 WIB)
      sebaiknya tidak menggunakan ovo, selama saya menggunakan emoney dengan mengendapkan dana tidak ada masalah satupun kecuali ovo. karena sistem proteksinya tidak bagus belum lagi pihak ovo bukan memperbaiki malah menutup masalah dengan berbagai alasan.
  • 27 Juni 2019 - (13:50 WIB)
    Sebegitu menggebu-gebunya orang OVO minta saya upload KTP, selfie dan nama ibu kandung untuk upgrade dengan iming-iming “demi keamanan anda” ternyata bisa jebol juga. Untung tidak terpengaruh bujuk rayunya.
    Mending dilaporkan ke polisi deh biar bisa dilacak nomor rekeningnya lalu diblokir supaya yang membobol tahu rasa.
    Kasus saya sih OVO tidak bersedia mengembalikan duit salah transfer meski sudah diberikan nomor rekening sesuai permintaan. Katanya namanya tidak sama. Setelah nama disamakan masih juga ngeyel pokoknya minta KTP. Ya elah mau narik duit ke bank saja bebas kapan saja, ini baru fintech saja sudah belibet amat.
    Kalau saya sih setelah kelar masalahnya mending langsung cabut saja. Sepertinya cashback hanya umpan murah untuk mendapatkan kepercayaan lalu setelah mendapatkan uang dari customer, akan dipertahankan mati-matian dengan segala cara. Berikut ini kisah lengkapnya: tinyurl.com/komplainovo
    • 1 Juli 2019 - (18:32 WIB)
      uang saya hilang sih gak seberapa kalo ratusan juta baru panjang urusannya. tapi ovo anggap sepele hal itu gak sadar bahaya buat perusahaaannya, dia juga gak mau keluar uang akibat salah transfer dengan berbagai alasan pasti konsumenlah yang disalahkan.
  • 1 Juli 2019 - (19:00 WIB)
    Benar juga kalau kejadian HNY sekali kmrin
    Nah kmri. Mlm sy ada top up pdhal sesuai dg bank dan history nya
    Saldo awal 500rb
    Top up bisa selisih 1 x
    Diemail dijwb di perbaharui ,banyak x cs nya dioper 2 jwbnyanya tapi TDK ada penyelesaian di saldo sy ,apa cara cari duit mrk bgt ya (TDK halal dongg??)) , smpai puluhan x sy email halo2 , diminta apapun kelengkapan nya sy KIrim,
    1. No Hp
    2.top up dg apa (debit dll )
    3 no id ovo
    4. Minya scren shot rek bank sekaian history ovo sy KIRIM
    Nahhh smpai detik ini saldo sy yg 500rb BLM jg dikembalikn. , hilang lenyap bgt uqng 500rb , ,ada yg tau no wa nya ? Di tlpon jg TDK bs terhubung ,coba , apakah ini OVO profesional , GA makan duit org yg (topbup)2x
    Parah dan Payahhhhh
  • 1 Juli 2019 - (19:04 WIB)
    Tidak baik , krn saldo sy awal 500rb , stlh bermslah di ovo yg lalu ,mmg dikembalikan manual tgl 27, tapiii saldo dr top up yg sudah sesuai history ovo dan yg terdebet di bank sm bbrp x nya ,nah saldo sy TDK pas jd kurang yg sekali pdhl di history ovo sm dg yg dibank,Laluuu kemana uang sy yg 500rb nya ,ku silumqn aja, email puluhan x diganti2 perubahan laporab dab mcm org yg jd cs u menjawab ! Nyesel jg stlh kejadian sdh kelar eee ini diulang lagi semoga yg terkhir sy gunakan ovo deh
  • 10 Juli 2019 - (20:42 WIB)
    betul bang, saya setuju ovo tidak lah aman, tgl 9 juli 2019 jam 11:48 malam saya top up ovo 5 juta, di esok harinya tgl 10 juli 2019 saldo ovo berkurang 400 ribu kalau dilihat dari transaksi ada transaksi keluar 4x masing-masing 100 ribu di tanggal 9 juli jam 12:34 dan 12:35 , secara logika tidak mungkin kita bisa melakukan transaksi 4x di waktu yang sangat mepet ditambah lagi no tujuan ovo transfer itu saya gk kenal (nama yg muncul di transaksi keluar Deswina dan Andri) .
    di pagi harinya masih di tgl 10 juli saya hubungi mba Deswina dan pak Andri (saya ambil kontak mereka dari transaksi keluar) dan informasi yg saya dapat bahwa mereka juga mengalami hal yg sama.
    kasus ini sudah saya laporkan ke CS OVO cuma jawabannya tidak memuaskan bagi saya, saya hanya di suruh ganti password dan tidak menyebarluaskan pass otp, padahal selama saya menggunakan ovo untuk transaksi keluar itu cuma minta masukan pin yang 6 digit, tidak ada pass otp.
    sedangkan kerugian saya yang 400 ribu pihak ovo tidak bersedia melakukan penggantian.
  • 10 Juli 2019 - (20:47 WIB)
    maaf saya ralat untuk keterangan ini, “ada transaksi keluar 4x masing-masing 100 ribu di tanggal 9 juli jam 12:34 dan 12:35 ” disini tanggal kejadian tgl 10 juli jam 12:34 dan 12:35 malam

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan OVO?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

OVO Tidaklah Aman, Saldo OVO Saya Kebobolan

alfiadah 2 menit
9