Kecewa dengan Aturan Pengembalian DP Lavon Swan City Tangerang

Pada tanggal 28 Desember 2018 saya melakukan transaksi pembayaran booking fee untuk unit di perumahan Lavon Swancity Tangerang dengan surat konfirmasi EN/4-.8-50. Dimana dalam surat konfirmasi ini diatur pembayaran booking fee sebesar Rp10.000.000 dan DP sebesar 10% dari harga jual unit dan bisa dicicil sebanyak 12x sebesar Rp9.075.000/bulan. Dari awal transaksi booking fee ini saya sudah menanyakan kepada tim sales apabila nantinya pengajuan KPR saya tidak disetujui oleh pihak bank dan tim sales menginformasikan apabila 2x pengajuan ke bank yang berbeda dan KPR tidak disetujui maka uang DP akan dikembalikan 100%.

Permasalahan muncul ketika pengajuan KPR saya tidak disetujui oleh bank dan saya meminta pengembalian uang DP yang sudah saya bayarkan ke developer. Pihak developer waktu itu diwakili oleh sales admin bernama Mbak Lintang dimana dia menjelaskan untuk pengembalian DP apabila KPR ditolak bisa dikembalikan 50% atau kembali 100% dengan ketentuan unit sudah dibeli oleh customer baru dan dipotong biaya admin 3% dari harga jual rumah (bukan total DP yg saya bayarkan).

Dengan informasi di atas tentunya saya sangat keberatan karena ternyata peraturan tersebut merunut ke peraturan PPJB yang dimana hingga saat ini saya tidak pernah di informasikan serta menandatangani surat PPJB dari pihak developer. Satu-satunya surat yang saya tanda tangani adalah formulir pemesanan yang didalamnya hanya mengatur pembayaran booking fee yang non-refundable dan di surat tersebut pun tidak ada materai.

Atas keberatan yang saya ajukan akhirnya saya dibantu oleh Ibu Fang Fang dari pihak LAVON yang menyarankan saya untuk menulis surat keberatan dikarenakan pembayaran DP saya diluar PPJB. Saya pun sudah mengirimkan surat keberatan ke alamat email yang dikasih, tapi hingga 3 bulan tidak ada respon dari pihak LAVON, hingga akhirnya saya di pertemukan oleh Ibu Fang Fang dengan Ibu Astrid (perwakilan dari legal dan manajemen). Namun sangat mengecewakan apa yang disampaikan oleh Ibu Astrid pun memberikan saya penawaran pengembalian DP 50% dari total DP yang saya bayarkan dengan dalih aturan dari manajemen.

Saya sungguh kecewa dengan pihak developer LAVON SWANCITY Tangerang yang tidak profesional dan dengan seenaknya memotong pengembalian DP customer tanpa dasar aturan yang jelas dan dengan nominal yang sangat besar yaitu 50% dimana sekali lagi saya tegaskan saya hanya menandatangani surat konfirmasi pemesanan yang mengatur booking fee. Hati-hati buat customer lain yang berniat melakukan pembelian unit di LAVON SWANCITY Tangerang jangan sampai uang DP yang sudah anda tabung dengan susah payah dipotong seenaknya oleh pihak developer tanpa aturan yang jelas.

Hormat saya.

Mochammad Helmi
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lavon Swan City Tangerang:
[Total:16    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan Lavon SwanCity atas Surat Pembaca Bapak Mochammad Helmi

Yth. Bpk. Mochammad Helmi, Menanggapi pemberitaan di mediakonsumen.com, pada tanggal 28 Juni 2019 perihal “Kecewa dengan Aturan Pengembalian DP Lavon...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Kecewa dengan Aturan Pengembalian DP Lavon Swan City Tangerang

  • 1 Januari 2020 - (01:33 WIB)
    Permalink

    Dear Pak Helmi,

    Saya juga mengalami kasus serupa dengan Bapak. Kalau boleh tau apakah bapak sudah memproses refund DP bapak ke pihak Lavon? Akhirnya pasrah dg pengembalian 50% atau bagaimana pak?
    Saya kecewa sekali dengan Lavon, terlebih mereka bilang DP bisa kembali 100% dengan kondisi apabila unit sudah terjual ke cust lain, tapi kenyataannya unit saya dilock dan tidak pernah ditawarkan ke calon pembeli. Kalau seperti itu mau sampai kapan juga ga bakal kejual-jual, yang artinya DP saya juga ga akan pernah balik.
    Kesal sekali rasanya, seperti dipermainkan seenaknya sama Lavon!

    • 6 Februari 2020 - (10:41 WIB)
      Permalink

      Yth. Bpk/Ibu dengan user name Panda,

      Menanggapi komentar Bpk/Ibu atas keluhan yang disampaikan Bapak Mochammad Helmi di atas, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.
      Kami berusaha untuk menghubungi Bpk/Ibu namun dikarenakan Bpk/Ibu tidak mencantumkan nama dan kontak jelas pada kolom komentar di atas, maka kami mengimbau Bpk/Ibu untuk dapat menyampaikan keluhannya secara langsung melalui layanan Customer Service kami di nomor 021 39729988 agar kami dapat menindaklanjuti keluhan Bpk/Ibu dengan segera.
      Demikian kami sampaikan.
      Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

      Dept. PR & Branding
      SwanCity
      Customer Service: 021 39729988

      • 15 Februari 2020 - (08:57 WIB)
        Permalink

        Yth Bapak/Ibu Dept. Brand Lavon,

        Saya sudah mengirimkan tanggapan saya beberapa hari lalu. Nama saya Vincentia Oktavani, pembelian unit gracia. Saya yakin datanya pasti ada di Lavon. Soal menghubungi CS juga sudah saya tanggapi di komentar kemarin, seringkali saya menghubungi CS dan mendapat jawaban tidak memuaskan. Malahan yang ada saya disuruh bantu memasarkan unit batalan saya sendiri supaya refund cepat cair. Sungguh aneh dan tidak sopan, masa customer malah suruh jualan. Silahkan hubungi saya kapan saja, saya yakin Lavon mempunyai data contact saya, tadi saya sudah sebutkan nama saya. Saya jengah juga bicara sama CS nya terus, saya mau bicara dengan orang yang lebih kompeten dan bisa menyelesaikan kasus ini.

    • 19 Februari 2020 - (17:44 WIB)
      Permalink

      Dear Bapak/Ibu Panda,

      Untuk kasus saya dengan pihak Lavon Swancity akhirnya selesai dan pihak Lavon sepakat untuk mengembalikan DP saya full 100% (hanya di potong komisi sales, tax, dan booking fee yg memang non refundable). Prosesnya memang agak lama dan memakan waktu karena sempat di lempar sana sini dan akhirnya kasus saya selesai setelah saya di pertemukan dengan pihak Legal Lavon karena sebelumnya saya akan membawa kasus ini ke ranah hukum apabila tidak ada solusi yang jelas.

      Tapi Alhamdulilah setelah melewati proses diskusi dengan pihak legal akhirnya saya sepakat dengan ketentuan yang diberikan dan uang DP saya kembali 100% di bulan December 2019.

  • 19 Februari 2020 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Yth Bapak/Ibu,

    Sore ini saya sudah menerima telepon dari pihak Lavon, mereka bilang unit saya tidak dilock dan tetap dipasarkan. Padahal tahun lalu jelas-jelas saya dapat informasi dari sales di sana bahwa unit saya statusnya tidak open untuk dijual, seolah-olah sudah sold oleh saya. Sebenarnya telepon yang saya terima juga tidak menyelesaikan masalah. Saya ingin pihak Lavon cepat bisa mengembalikan DP saya, mengingat Lavon juga tidak bisa memberikan tenggat waktu yang pasti. Harusnya unit-unit batalan ini juga dipasarkan dengan porsi yang sama dengan unit Lavon II, saya melihat unit batalan Lavon I sudah jarang dipromosikan. Lagipula kalau saya mau bawa masalah ini ke ranah hukum pun saya bisa, karena PPJB yang dibuat developer itu sifatnya merugikan dan sepihak. Saya tahu karena pernah ada kasus yang sama dengan saya dan dipersidangkan dengan hasil orang tsb menang dan saya baru tau memang PPJB developer itu lemah hukum. Apa saya bawa ke persidangan saja ya, biar Lavon ini kapok.

 Apa Komentar Anda mengenai Lavon Swan City Tangerang?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Aturan Pengembalian DP Lavon Swan City Tangerang

oleh Mochammad Helmy dibaca dalam: 2 min
5