Surat Pembaca

Pelayanan Kurir SiCepat dan Customer Service-nya Kurang Memuaskan

Selamat sore Media Konsumen, terima kasih atas pemuatan artikel saya. Saya sedikit bercerita mengenai pelayanan SiCepat, dengan kronologinya seperti ini:

1. Saya membeli produk via Tokopedia di 2 toko yang berbeda yaitu BANABANAIN dan DIGISHOP dan paket barang tersebut dikirim dari Jakarta di 2 kota yang berbeda juga yaitu Jakarta Utara dan Jakarta Timur tujuan Sidoarjo.
2. Pihak SiCepat mengkonfirmasi penerimaan permintaan pick up dari Tokopedia pada tanggal 24 Juni 2019 pada waktu yang berbeda yaitu 12.48 dan 15.45.
3. Pada tanggal yang sama barang tersebut diambil oleh pihak kurir SiCepat yang dinamakan SiGesit (Bapak Syahrul Ra***** dan Bapak Alby Muh*****).
4. Paket tersebut di-input di waktu yang berbeda juga pada tanggal 24-25 Juni 2019 pukul 18.49 dan 00.12.
5. Pada keesokan harinya barang tersebut sampai di Surabaya pada tanggal 25 Juni 2019 pada pukul 18.30.
6. Pada tanggal 26 Juni 2019 di jam 16.15 paket tersebut di terima di Surabaya tepatnya di Krembung.
7. Pada tanggal dan jam yang sama paket dibawa Pihak Kurir SiGesit (Bapak Sudiyanto Sa*****).
8. Pada pukul 16.16 paket dikembalikan di Surabaya (Krembung) dengan Status NTH (Not at Home).

Yang saya keluhkan:

1. Kenapa barang tersebut bisa sampai di krembung?? Krembung/Kec. Krembung sudah berbeda sekali dengan Candi/Kec. Candi dan Jaraknya pun sudah terlampau jauh perbedaannya.
2. Kenapa pihak kurir langsung mengembalikan barangnya ke Surabaya (Krembung) dan Status Barangnya berubah jadi NTH (Not at Home). Pengertian Not at Home berarti Paket sudah diantar ke alamat tujuan tapi tidak ada orang yang menerima. Lah yang saya bingungkan disini paket barang tersebut diantar ke rumah siapa?? Dan alamatnya dimana?? Sudah jelas-jelas saya berada di daerah Candi bukan di Krembung.
3. Saya sudah komplain ke pihak SiCepat mulai dari Live Chat tapi tidak dibalas. Saya kirim via email tidak ada balasan sekalipun dan yang terakhir via Aplikasi Line malah jawaban dari pihak SiCepat katanya sudah melakukan pengiriman tetapi tidak ada orang di tempat.

Saran dari saya, untuk keterangan pengiriman harap diperjelas lagi. Dan untuk kantor cabang/warehouse yang menerima barang nama daerahnya harap dicantumkan di status tracking biar pihak konsumen tidak merasa dibingungkan.

Rizki Wahyu Ariyanto
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Dengan ini saya mau mengklarifikasikan bahwa permasalahan saya dengan pihak SiCepat telah selesai dan kasusnya ditutup. Pihak SiCepat telah menghubungi saya secara personal dan Mohon Maaf apabila ada pernyataan saya yang kurang berkenan dengan pihak SiCepat.

    • Mohon maaf. Sekarang saya mengalami kasus tersebut. Barang yg seharusnya sudah ada ditangan. Namun sampai sekarang belum diterima, dan nama penerima tersebut juga asing bagi saya. Mungkin pihak kurir salah mengantar. Ada nomer yg bisa dihubungi dari sicepat Krembung???

      • si cepat menghilangkan barang saya dbln juli dan saya harus menunggu refund 14 hari..udah saya yg drugikan dengan barang saya hilang..malah saya harus menunggu lama uang saya kembali..si cepat sangat mengecewakan..tidak perlu menggunakan expedisi ini lagi..siapapun itu..ini sangat merugikan saya. karna saya harus menunggu lama udah saya yg dirugikan

      • Saya juga sama paket saya hilang dengan keterangan Bad Addres padahal sebelum nya sudah ada notifikasi pengantaran pada jam 08:19 lalu pada sore hari paket saya di nyatakan Bad addres padahal di hari yang sama ada 2 kurir dari Jnt yang mengantarkan paket saya dgn benar ,
        Atas perlakuan dari pihak si gesit ini SAYA SANGAT SANGAT KECEWA! Tidak amanah sudah saya tlfn costumer nya malah banyak alasan dan di email pun tidak ada balasan
        Pokoknya MENGECEWAKAN

  • Selamat Siang Pak Rizki,

    Menanggapi keluhan bapak diatas, saya mewakili Management PT. SiCepat Ekspres Indonesia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.

    Kamipun mengucapkan terima kasih atas kritik dan saran yang bapak sampaikan. Hal ini menjadi fokus kami dalam memperbaiki pelayanan SiCepat ke depannya.

    Hormat Kami,

    Imi Pamudji
    Head of Customer Service
    PT SiCepat Ekspres Indonesia

    • Saya belanja di shopee waktu itu ada notifikasi klo barang sudah sampai tanpa melihat nya langsung saya tekan barang di terima, saya kira notifikasinya dr j&t ternyata dr sicepat dan memang kesalahan saya barang Lom saya terima saya klik barang di terima, kebetulan hari itu ada beberapa paket yg masuk ke rumah saya
      Di sana di jelaskan barang sudah diterima oleh keluarga pdhl posisi nya saya di rumah, hanya kurir j&t z yg wara Wiri ke rumah , saya sudah telp customer servicenya minta no telp kurirnya tp g di kasih, malah suruh nunggu , kenapa sicepat ini terkesan kurang amanah y,,,
      Tolong lacak kurirnya no resi 000724935576

    • No resi 000418407859, Kurir : Arief Santoso, dengan GAMPANGNYA paket DIKASIH ke orang yang BUKAN PENERIMA sebenarnya, udah gitu reponse sicepat ini sangat lambat, tidak langsung menindaklanjuti, cs nya pun tiap ditelpon cuma buat-buat alesan aja tanpa informasi yg jelas, serta antara cs satu dengan yang lainnya berbeda informasi, proses pengaduan seperti dipermainkan oleh sicepat, sistem/kurir/CS sangat BOBROK, NYESEL pake sicepat ini, bukan sicepat antar barang malah sicepat hilangkan barang!!!!!!

    • sama ajah si cepat memang gak bisa di andalkan...pengiriman saya udah lama gak di antar2..nyesel saya pakek si cepat..

  • Mas, saya juga mengalami masalah yg sama dengan nama kurir yg sama, rumah saya juga di daerah candi sidoarjo. Saya sudah di rumah daritadi tapi status pengiriman tiba2 NTH tanpa ada konfirmasi apapun dari pihak sicepat. Kemarin penyelesaiannya gimana ya? Trims

  • Ini mirip dg yg terjadi pada saya hari ini.saya belanja dua item dari dua toke berbeda.kebetulan notif di tokped menjelaskan bahwa item sudah dibawa oleh kurir jam 10 pagi.saya tunggu sampai malam gak kunjung tiba.jam 20an saya keluar makan malam di mall terdekat.jam 21.45 ada notif status paket menjadi NTH.entah itu kurirnya datang selarut itu atau gimana ya..padahal kan tercantum nomer hp saya untuk dihubungi.bisa saja saya infokan utk ditaruh di teras sementara saya gak ada.ini barang tersebut apakah akan dikirim ulang besok?kecewa dg layanan sicepat

  • Wah sama nih, saya hari ini juga mengalami hal yg sama, jam 10 pagi sdh dibawa kurir, dan saya seharian menunggu di rumah tp kok status paket dikembalikan ke konter Sidoarjo untuk diantar ulang.
    Solusinya bagaimana ya ?

  • Lemah memang sicept ini, tiap pesen pasti gagal pickup terus. Kan lumayan satuhari terbuang. Padahal barang mau cpt dipake.

  • Saya juga ngalamin parahnya jasa pengiriman ini . Saya order barang lewat shopee . Di status pengiriman dari tanggal 5/3/20 paket sudah di pickup oleh djauharus s . .sampai skrangrang tanggal 10/3/20 status paket nya masih sama ( paket sudah di pickup ) . Rugi saya gara2 jasa pengiriman ini ?

  • Barusan terjadi sama saya. Pesanan tgl 7 maret 2020, 8 maret 2020 diterima di pluit (padahal saya di kemayoran wil pademangan jakut), 9 maret 2020 di kirim lalu disimpan di gudang lagi. Tgl 10 maret dikirim ke SiCepat pademangan. Lalu sudah proses pengiriman jam 9 pagi. Saya langsung telp cust. service SiCepat minta barang saya sudah dirumah jam 12 siang. Sampai jam 3 sore dengan telepon 6 kali tidak ad hasil. Saya rugi waktu, pulsa, dan mengalami kerugian customer saya 860rb juga ongkos pulang pergi pengambilan barang sejumlah 50rb rupiah.

    Customer service tidak membantu, pihak SiCepat pademangan jg tidak diberi tahu dr pusat kalau barang saya urgent.

    Bagaimana kalau kita sama2 membuat laporan pada pihak polisi. Karena bukan saya saja yang merasa dirugikan disini.
    Kepada SiCepat, tolong dibaca :
    Pasal 477 KUH Dagang:

    Pengangkut bertanggung jawab untuk kerugian yang disebabkan oleh penyerahan barang yang terlambat, kecuali bila ia membuktikan, bahwa keterlambatan itu adalah akibat suatu kejadian yang selayaknya tidak dapat dicegah atau dihindarinya

    Yang merasa dirugikan, tolong memberi komentar ke saya dan sama2 kita laporkan.

  • Mengapa pesanan paket saya belum datang tapi status paket telah diterima oleh bersangkutan. Apakah kurirnya salah alamat atau bagaimana? Butuh penjelasan

    • Kecewa dengan frontliner/cs sicepat denpasar barat... tidak di training dengan benar.. barang nominal >1jt tdak di tawarkan asuransi malah dsuruh ttd surat kalau brg rusak sicepat tdak bertanggung jawab.. lalu tdak tahu apa fungsi asuransi/brp biaya yg diganti jika rusak/hilang.. benar2 tidak memberikan info dg jelas, dan tidak sopan terutama atas nama Anna.. semoga barang saya masih aman sampai tujuan

  • Kirman di terima oleh YSB,.tpi barang belum sampai,. Dan tidak ada konfirmasi atau telpon dari kurir