Pelayanan Kurir SiCepat dan Customer Service-nya Kurang Memuaskan

Selamat sore Media Konsumen, terima kasih atas pemuatan artikel saya. Saya sedikit bercerita mengenai pelayanan SiCepat, dengan kronologinya seperti ini:

1. Saya membeli produk via Tokopedia di 2 toko yang berbeda yaitu BANABANAIN dan DIGISHOP dan paket barang tersebut dikirim dari Jakarta di 2 kota yang berbeda juga yaitu Jakarta Utara dan Jakarta Timur tujuan Sidoarjo.
2. Pihak SiCepat mengkonfirmasi penerimaan permintaan pick up dari Tokopedia pada tanggal 24 Juni 2019 pada waktu yang berbeda yaitu 12.48 dan 15.45.
3. Pada tanggal yang sama barang tersebut diambil oleh pihak kurir SiCepat yang dinamakan SiGesit (Bapak Syahrul Ra***** dan Bapak Alby Muh*****).
4. Paket tersebut di-input di waktu yang berbeda juga pada tanggal 24-25 Juni 2019 pukul 18.49 dan 00.12.
5. Pada keesokan harinya barang tersebut sampai di Surabaya pada tanggal 25 Juni 2019 pada pukul 18.30.
6. Pada tanggal 26 Juni 2019 di jam 16.15 paket tersebut di terima di Surabaya tepatnya di Krembung.
7. Pada tanggal dan jam yang sama paket dibawa Pihak Kurir SiGesit (Bapak Sudiyanto Sa*****).
8. Pada pukul 16.16 paket dikembalikan di Surabaya (Krembung) dengan Status NTH (Not at Home).

Yang saya keluhkan:

1. Kenapa barang tersebut bisa sampai di krembung?? Krembung/Kec. Krembung sudah berbeda sekali dengan Candi/Kec. Candi dan Jaraknya pun sudah terlampau jauh perbedaannya.
2. Kenapa pihak kurir langsung mengembalikan barangnya ke Surabaya (Krembung) dan Status Barangnya berubah jadi NTH (Not at Home). Pengertian Not at Home berarti Paket sudah diantar ke alamat tujuan tapi tidak ada orang yang menerima. Lah yang saya bingungkan disini paket barang tersebut diantar ke rumah siapa?? Dan alamatnya dimana?? Sudah jelas-jelas saya berada di daerah Candi bukan di Krembung.
3. Saya sudah komplain ke pihak SiCepat mulai dari Live Chat tapi tidak dibalas. Saya kirim via email tidak ada balasan sekalipun dan yang terakhir via Aplikasi Line malah jawaban dari pihak SiCepat katanya sudah melakukan pengiriman tetapi tidak ada orang di tempat.

Saran dari saya, untuk keterangan pengiriman harap diperjelas lagi. Dan untuk kantor cabang/warehouse yang menerima barang nama daerahnya harap dicantumkan di status tracking biar pihak konsumen tidak merasa dibingungkan.

Rizki Wahyu Ariyanto
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat:
[Total:74    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

21 komentar untuk “Pelayanan Kurir SiCepat dan Customer Service-nya Kurang Memuaskan

  • 31 Juli 2019 - (11:25 WIB)
    Permalink

    Dengan ini saya mau mengklarifikasikan bahwa permasalahan saya dengan pihak SiCepat telah selesai dan kasusnya ditutup. Pihak SiCepat telah menghubungi saya secara personal dan Mohon Maaf apabila ada pernyataan saya yang kurang berkenan dengan pihak SiCepat.

    • 9 Juni 2020 - (07:46 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf. Sekarang saya mengalami kasus tersebut. Barang yg seharusnya sudah ada ditangan. Namun sampai sekarang belum diterima, dan nama penerima tersebut juga asing bagi saya. Mungkin pihak kurir salah mengantar. Ada nomer yg bisa dihubungi dari sicepat Krembung???

  • 31 Juli 2019 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Selamat Siang Pak Rizki,

    Menanggapi keluhan bapak diatas, saya mewakili Management PT. SiCepat Ekspres Indonesia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.

    Kamipun mengucapkan terima kasih atas kritik dan saran yang bapak sampaikan. Hal ini menjadi fokus kami dalam memperbaiki pelayanan SiCepat ke depannya.

    Hormat Kami,

    Imi Pamudji
    Head of Customer Service
    PT SiCepat Ekspres Indonesia

    • 20 Maret 2020 - (05:58 WIB)
      Permalink

      Saya belanja di shopee waktu itu ada notifikasi klo barang sudah sampai tanpa melihat nya langsung saya tekan barang di terima, saya kira notifikasinya dr j&t ternyata dr sicepat dan memang kesalahan saya barang Lom saya terima saya klik barang di terima, kebetulan hari itu ada beberapa paket yg masuk ke rumah saya
      Di sana di jelaskan barang sudah diterima oleh keluarga pdhl posisi nya saya di rumah, hanya kurir j&t z yg wara Wiri ke rumah , saya sudah telp customer servicenya minta no telp kurirnya tp g di kasih, malah suruh nunggu , kenapa sicepat ini terkesan kurang amanah y,,,
      Tolong lacak kurirnya no resi 000724935576

    • 31 Mei 2020 - (14:04 WIB)
      Permalink

      No resi 000418407859, Kurir : Arief Santoso, dengan GAMPANGNYA paket DIKASIH ke orang yang BUKAN PENERIMA sebenarnya, udah gitu reponse sicepat ini sangat lambat, tidak langsung menindaklanjuti, cs nya pun tiap ditelpon cuma buat-buat alesan aja tanpa informasi yg jelas, serta antara cs satu dengan yang lainnya berbeda informasi, proses pengaduan seperti dipermainkan oleh sicepat, sistem/kurir/CS sangat BOBROK, NYESEL pake sicepat ini, bukan sicepat antar barang malah sicepat hilangkan barang!!!!!!

  • 31 Oktober 2019 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Mas, saya juga mengalami masalah yg sama dengan nama kurir yg sama, rumah saya juga di daerah candi sidoarjo. Saya sudah di rumah daritadi tapi status pengiriman tiba2 NTH tanpa ada konfirmasi apapun dari pihak sicepat. Kemarin penyelesaiannya gimana ya? Trims

  • 17 Desember 2019 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Ini mirip dg yg terjadi pada saya hari ini.saya belanja dua item dari dua toke berbeda.kebetulan notif di tokped menjelaskan bahwa item sudah dibawa oleh kurir jam 10 pagi.saya tunggu sampai malam gak kunjung tiba.jam 20an saya keluar makan malam di mall terdekat.jam 21.45 ada notif status paket menjadi NTH.entah itu kurirnya datang selarut itu atau gimana ya..padahal kan tercantum nomer hp saya untuk dihubungi.bisa saja saya infokan utk ditaruh di teras sementara saya gak ada.ini barang tersebut apakah akan dikirim ulang besok?kecewa dg layanan sicepat

  • 21 Desember 2019 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Wah sama nih, saya hari ini juga mengalami hal yg sama, jam 10 pagi sdh dibawa kurir, dan saya seharian menunggu di rumah tp kok status paket dikembalikan ke konter Sidoarjo untuk diantar ulang.
    Solusinya bagaimana ya ?

  • 29 Februari 2020 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Lemah memang sicept ini, tiap pesen pasti gagal pickup terus. Kan lumayan satuhari terbuang. Padahal barang mau cpt dipake.

  • 10 Maret 2020 - (14:14 WIB)
    Permalink

    Saya juga ngalamin parahnya jasa pengiriman ini . Saya order barang lewat shopee . Di status pengiriman dari tanggal 5/3/20 paket sudah di pickup oleh djauharus s . .sampai skrangrang tanggal 10/3/20 status paket nya masih sama ( paket sudah di pickup ) . Rugi saya gara2 jasa pengiriman ini 🙈

  • 10 Maret 2020 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Barusan terjadi sama saya. Pesanan tgl 7 maret 2020, 8 maret 2020 diterima di pluit (padahal saya di kemayoran wil pademangan jakut), 9 maret 2020 di kirim lalu disimpan di gudang lagi. Tgl 10 maret dikirim ke SiCepat pademangan. Lalu sudah proses pengiriman jam 9 pagi. Saya langsung telp cust. service SiCepat minta barang saya sudah dirumah jam 12 siang. Sampai jam 3 sore dengan telepon 6 kali tidak ad hasil. Saya rugi waktu, pulsa, dan mengalami kerugian customer saya 860rb juga ongkos pulang pergi pengambilan barang sejumlah 50rb rupiah.

    Customer service tidak membantu, pihak SiCepat pademangan jg tidak diberi tahu dr pusat kalau barang saya urgent.

    Bagaimana kalau kita sama2 membuat laporan pada pihak polisi. Karena bukan saya saja yang merasa dirugikan disini.
    Kepada SiCepat, tolong dibaca :
    Pasal 477 KUH Dagang:

    Pengangkut bertanggung jawab untuk kerugian yang disebabkan oleh penyerahan barang yang terlambat, kecuali bila ia membuktikan, bahwa keterlambatan itu adalah akibat suatu kejadian yang selayaknya tidak dapat dicegah atau dihindarinya

    Yang merasa dirugikan, tolong memberi komentar ke saya dan sama2 kita laporkan.

  • 28 Maret 2020 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Mengapa pesanan paket saya belum datang tapi status paket telah diterima oleh bersangkutan. Apakah kurirnya salah alamat atau bagaimana? Butuh penjelasan

  • 10 April 2020 - (10:25 WIB)
    Permalink

    Kirman di terima oleh YSB,.tpi barang belum sampai,. Dan tidak ada konfirmasi atau telpon dari kurir

  • 20 April 2020 - (02:33 WIB)
    Permalink

    pelayanan ancur parah, service center entah bagaimana cara menghubunginya.
    di twitter komplain, ga dibaca.
    di IG komen orang dihapus.

    bingung cara komplain sama si cepat bagaimana dah.. saya belanja lewat tokped, udah 3 minggu barang belum diterima, di aplikasi toped ditulis bahwa barang sudah diterima. ancuur lebuurr

  • 4 Mei 2020 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Saya kecewa berat dengan pelayanan SI CEPAT, yg pantas menggunakan SI LAMBAT atau SI LELET.

    Saya mencoba pertama kali kirim menggunakan jasa di cepat yang janji 4 hari sampai namun sampai 10 hari belum pula sampai.
    Dan buruknya kordinasi pelayanan si cepat tanpa konfirmasi biaya langsung di todong dengan pemberian resi.

    Pertama kali langsung kecewa dan saya menyarankan jangan menggunakan si cepat karena pelayanan buruk sekali

  • 4 Mei 2020 - (21:24 WIB)
    Permalink

    SANGAT2 MENGECEWAKAN JASA PENGIRIMAN INI..SAYA KIRIM PAKET YG ESTIMASI 2 HRI PALING LAMBAT SAMPE TAPI SUDAH 4 HARI PAKET BLM SAMPE2 JUGA…UNTUK MANAGEMAN SI CEPAT YANG BAGI GWA PANGGIL SI LELET..COBA DI CROSCEK CARA KERJA KURIR2 ANDA..DI HARI KEDUA KURIR MNGYYBUNGI SAYA MNTA SHARE LOCK TAPI BARANG GX NYAMPE..TAPI MALAH DI KMBALIKAN KE GUDANG…KURIR NYA KAMPRET2..TOLONG DI PERHATIKAN CARA KERJA PEGAWAI ANDA…MENGECEWAKAN SX..KARWNA INI SUDAH BUKA KALI YG PERTAMA NYA….!!!!!!!

  • 11 Mei 2020 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Selamat pagi Sicepat

    Saya Acep
    Yang sedang memantau pengiriman

    No Resi 000418869475

    Status pengiriman Retur pusat,

    Saya harap barang bisa di antar kembali ke alamat sipenerima sesuai alamat, no kontak dan nama sipenerima.

    Sebelumnya saya tidak konfirmasi ke sipenerima bahwa akan ada kiriman.
    ada kiriman.

    Hari ini juga ada kiriman ke alamat yang sama dengan

    No Resi 000419456522 (sudah diterima )

    Saya harap barang bisa sampai ke tangan si penerima , karena kondisi seperti ini layanan pengiriman normal seperti biasanya.

    Terimakasih
    Atas kerjasamanya

  • 9 Juni 2020 - (23:37 WIB)
    Permalink

    Dimohon kepada pihak kurir sicepat kalau mau pickup barang kenapa harus malam2..
    tidak semua toko buka sampai larut itu.. contohnya pukul 21:00 jdnya kadang pengiriman terlambat sampai karena gagal pickup dari pihak ekpedisi sicepat.. mohon diperbaiki.

  • 18 Juni 2020 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Saya Agakk kecewaa sama si cepat sih kalau aku bukan karna si tokonya karna sih kurirnya si cepat nih harus pintar pintar lagi mantau tuh anak buahnyaa .. masakk yaa saya di suruh COD an yg agak jauh dari rumah saya sama kurirnya padahal saya sudah sharelok rumah saya udah saya kasih tau rumah saya ancer” nya juga .. di pikir ini saya belinya face to face apa .. tolong donk baru si cepat diperbaiki lagi .. nyesel juga baru pertama kali pakek nih jasa antar ini .. yg lain gak pernah kek gini seumur” gua barang di anter sampai rumah kadang kurirnya gak tau rumah saya barang nyampek kok ini aneh si cepat ..udah cukup sekali ini aja saya pakek jasa antar ini .. wkwkw agak konyol kurirnya ..

    • 22 Juni 2020 - (19:58 WIB)
      Permalink

      Saya pikir cuma kebetulan doang barang saya lama nyampenya, ternyata banyak komplain dari orang lain. Barang katanya nyampe 3-4 hari, betul sih cepat nyampe di magelangnya, cuma 1 hari, TAPI nihh.. Stuck di magelang SAMPE 4 hari dan sampe sekarang masih belum di apa apain. Mungkin yang dimaksud SICEPAT itu kitanya HARUS CEPAT CEPAT jemput barang sebelum barang kembali ke kandang. First time and last time. Kapok dehh😅

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Kurir SiCepat dan Customer Service-nya Kurang Memuaskan

oleh Rizki Wahyu Ariyanto dibaca dalam: 1 min
21