Sudah Bayar OVO PayLater, Tapi Terus Ditagih dan Kena Denda; Komplain ke Pihak OVO dan Taralite Tidak Ditanggapi

Pada tanggal 23 Mei 2019, saya mengaktifkan OVO PayLater dengan akun bernama Dinda Shabilla Ragatha dengan nomer 08128316*3*9, untuk saya gunakan berbelanja di Watson FX Senayan. Saya mendapatkan limit di OVO PayLater sebesar Rp1.000.000. Lalu, saya gunakan berbelanja sebesar Rp285.600. Saya membayarkan tagihan tersebut pada tanggal 27 Mei 2019 melalui BCA Virtual Account dan sudah berhasil serta mendapatkan bukti transaksi.

Kemudian saya membuka aplikasi OVO saya untuk melihat tagihan OVO PayLater saya yang sudah terbayarkan. Setelah saya membuka aplikasi OVO tersebut, ternyata di aplikasi OVO masih belum terbayarkan. Saya mencoba menghubungi Customer Service OVO melalui email yang tertera tetapi hanya mendapatkan auto reply serta nomer tiket keluhan. Namun tidak ada tindakan dari OVO untuk mengatasinya.

Lalu saya mencoba mengirim pesan melalui Instagram dan dibalas seperti autoreply di email dan tidak ada solusi sama sekali. Saya mencoba menelepon Customer Service tetapi selalu sibuk. Setelah berhasil telepon ke Customer Service, operator tidak memberikan solusi yang jelas dan pasti. Saya hanya disuruh menunggu terus, sedangkan pulsa saya sudah habis sebesar 40 ribu hanya untuk menelpon Customer Service.

Saya mencoba menelepon melalui WA, tidak pernah diangkat. Saya mengirim pesan di WA belasan kali dan dibalas isinya sama semua tanpa ada solusi yang pasti. Akhirnya, saya memutuskan untuk menelepon Customer Service lagi, dan operator baru melihat laporan yang saya keluhkan. Saya disuruh menunggu terus, sedangkan saya membaca di internet dan Instagram tentah keluhan mereka atas sikap pelayanan OVO atas keluhan konsumen yang buruk sekali. Lalu saya bertanya kepada operator Customer Service untuk memberikan alamat kantor OVO agar saya bisa datangi dan keluhan saya cepat terselesaikan, tetapi Customer Service tidak memperbolehkan saya untuk datang ke kantor OVO dan tidak dapat memberikan saya alamat kantor OVO.

Akhirnya tanggal 29 Mei 2019, saya datang ke kantor OVO yang berada di gedung Lippo Kuningan, lantai 20. Saya mengetahui alamat kantor OVO, setelah mencari alamatnya di Google Maps. Sesampainya saya di kantor OVO, receptionist OVO mengarahkan saya untuk ke lantai 1 untuk ke bagian Customer Service. Sesampainya saya di lantai 1, mbak yang di sana tidak dapat membantu dan hanya menyarankan saya untuk laporan lagi melalui email Customer Service.

Lalu saya kembali ke lantai 20, dan saya bersikeras untuk ditangani keluhan saya. Kemudian salah satu pegawai OVO menghampiri saya dan saya menjelaskan kronologi keluhan saya secara lengkap seperti yang saya tulis di atas. Pegawai itu hanya suruh saya menunggu lagi. Saya katakan jika tagihan saya terkena denda dan nama saya jelek di Bank Indonesia karena tagihan ini, apakah OVO akan bertanggung jawab? Karena saya sudah membayarkan tagihan sebelum tanggal jatuh tempo yang dianjurkan. Pegawai itu bilang bahwa saya tidak usah khawatir karena saya memiliki bukti transaksi pembayaran beserta tanggal transaksinya jadi tidak akan terkena denda.

Kemudian saya ingin buat perjanjian tertulis yang berisi bahwa OVO akan bertanggung jawab jika saya dikenakan denda, tetapi pegawai OVO itu menolak untuk membuat perjanjian tertulis. Saya ingin mengambil foto pegawai itu serta foto ID card pegawai itu hanya untuk bukti dan berjaga-jaga, akan tetapi pegawai OVO itu menolak dan menutupi ID card-nya sehingga saya hanya berhasil mendapatkan foto dari pegawai OVO saja.

Saya hanya ingin minta tolong dengan sangat dan segala hormat untuk pihak OVO segera menangani keluhan saya, karena sepengtahuan saya bahwa OVO adalah perusahan besar dan ternama di Indonesia, jadi saya mohon pihak OVO untuk peduli terhadap keluhan dari konsumen OVO.

Begitupun dengan pihak Taralite, saya sudah email dan telepon tetapi keluhan saya tidak diurus juga. Sedangkan dari pihak Taralite sendiri selalu menagih saya melalui telepon dan berulang kali pula saya jelaskan kronologi, secara lengkap dan mengirimkan bukti melalui email, tetapi sekarang saya dikenakan denda juga.

Saya mohon dengan sangat untuk pihak OVO dan Taralite segera mengurus keluhan saya dan bertanggung jawab atas kinerjanya.

Terima kasih banyak!

Dinda Shabilla Ragatha
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai OVO PayLater:
[Total:64    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan OVO atas Surat Pembaca Ibu Dinda

Dengan hormat, Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Ibu Dinda saat menggunakan OVO PayLater. Menanggapi keluhan yang disampaikan,...
Baca Selengkapnya

Loading...

27 komentar untuk “Sudah Bayar OVO PayLater, Tapi Terus Ditagih dan Kena Denda; Komplain ke Pihak OVO dan Taralite Tidak Ditanggapi

  • 28 Juni 2019 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Apakah OVO Paylater yang diaktifkan itu yang memang ada diaplikasi OVO itu sendiri. Atau yang ada diaplikasi Tokopedia? Setahu saya fasilitas ovopaylater diaplikasi OVO itu belum tersedia hanya betuliskan akan segera hadir. Kecuali yang ada di tokopedia yang disediakan Taralite sudah dapat diaktifkan dan menjadi alternatif pembayaran transaksi.

  • 28 Juni 2019 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Di aplikasi OVOnya, teman saya bisa kok OVO Paylater di aplikasi OVO langsung. Sepertinya tidak merata yaa pembukaan OVO paylater.

    • 28 Juni 2019 - (16:35 WIB)
      Permalink

      Semoga beneran akan diurus oleh tim terkait ya karena semua jawaban email,wa,dm dan telepon itu seperti semua balasannya.

    • 29 Februari 2020 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Untuk cs ovo, saya mau tanya dong knapa ovo paylatter istri saya minus 400ribu sebelum nya dan bulan ini ada tagihan lagi 900ribuan sedangkan limit ovo paylatter istri saya saja cuma 1juta. Sebelum nya sudah di bayar knapa bisa seperti ini yah?

  • 28 Juni 2019 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Karena inilah saya pilih tidak berurusan lagi dengan OVO. Buruknya kinerja tim customer service OVO jika ada masalah tidak sebanding dengan cashback yang diberikan. Masih banyak aplikasi lain yang memberikan cashback dan memiliki tim CS yang lebih mumpuni. Istilahnya apa iya kita mau beli mobil agak murah tapi nggak bisa diservis? Pikir lagi sebelum memutuskan untuk memakai atau mendaftar akun OVO. Saya juga punya komplain yang masih berjalan di OVO dan untuk tahu bagaimana kualitas pelayanan OVO, simak saja di tinyurl.com/komplainovo

  • 28 Juni 2019 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Sekarang lagi musim PayLater yah, ngikutin Traveloka. ??

    Masalahnya yg beginian tuh biasanya mereka bekerja sama lagi dengan pihak ketiga, dalam hal OVO ini dengan Taralite. Masalahnya jadi ribet kalo muncul masalah seperti ini. ?

  • 28 Juni 2019 - (20:55 WIB)
    Permalink

    duh masalah paylater ini udh bnr2 menjengkelkan..

    pesan sya aih next kl mau daftar paylater pake nomor baru, jgn nmr utama, jd kl sda maslah gini ga ribet di tagih2,

    jgn takut mba, nama mba ga bakal bleklis di BI, pcy saya..

  • 3 Juli 2019 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Halo mba dinda, hasil nya utk ovo paylater nya apakah di selesaikan oleh pihak ovo?

    Soalnya saya juga mengalami hal yang sama
    Mohon info nya

    Terima kasih

    • 4 Juli 2019 - (06:19 WIB)
      Permalink

      Halo setelah saya kirim surat pembaca di sini, alhamdulillah sdh ditangani tp itu jg setelah saya ngebom email ke pihak ovo dan taralite hehe

      • 6 Mei 2020 - (10:58 WIB)
        Permalink

        Saya ngebom email ke taralite beberapa dibalas, akhirnya sekarang tidak dibalas. Taralite ini kalau giliran meminjamkan dan menagih wuah mereka rajin sekali, kadang pakai bahasa yang kasar pula. Nah giliran klaim reversal, tidak ada yang berani melayani haha… dasar pencuri ya semua KTA kayaknya sama saja. Lebih baik setelah ini selesai kalau saya sih mau tutup akun mbak, ngeri banget kejadian lagi setelah ini.

    • 27 Juli 2019 - (19:15 WIB)
      Permalink

      Skrg sy juga mengalami hal yg sama mbak, sdh dibayar di bln juni, tagihan msh muncul untuk juli bahkan agustus, tlpon CS cm ngabisin pulsa, kirim email balasan lama, dan itu itu saja

  • 6 Juli 2019 - (07:19 WIB)
    Permalink

    Mbak mau nanya dong . Berapa lama prosesnya tu mbak? Saya mengalami hal yg sama. Dan mbak kena dendanya ga ?

  • 27 Juli 2019 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Tgl 13 juni 19 Akun ovo saya tiba2 diganti no nya sama org lain,saya tlp cs ovo,jawab cs ovo akunnya hanya bisa di tutup,akhirnya saya tutup,cs bilang butuh waktu 3-5 hari prosesnya,setelah 5 hari saya tlp ternyata blm ditutup juga,jawab cs nya msh proses,ovo prosesnya lama banget sampai 1 bln blm juga ditutup,setelah komplain berkali2 melalui cs dan lewat wa baru dijawab melalui wa bahwa akun sdh ditutup, kemudian hari ini tiba2 saya dpt email tagihan dari ovo paylater,saya tlp cs ovo cuma dijawab silahkan tlp taralite,saya wa juga cuma dijawab maaf atas ketidaknyamanannya dan juga disuruh hub taralite,sdh akun hilang,saldo hilang,trs dpt tagihan lagi akibat proses penutupan yg lama,coba kalau prosesnya cepat,transaksi tsb tidak akan terjadi

  • 2 Agustus 2019 - (11:13 WIB)
    Permalink

    Saya 7 hari sudah email, dm, komen ig, telepon cs. Jawabanya sama semua.. Ternyata banyak juga yg bermasalah sama ovo paylater.

  • 27 Agustus 2019 - (06:49 WIB)
    Permalink

    waduh konsumen jadi cape kemana2, udh gitu habis waktu ngurusin juga, kena denda lagi, yahhh,,,Semoga Cepat terselesaikan dengan cepat ya mba

  • 4 Februari 2020 - (09:13 WIB)
    Permalink

    Hai saya juga sekarang mengalami hal yang sama persis, hanya saja jumlah yang saya transferkan adalah 400.249.
    Setelah laporan saya buat beberapa kali sejak tanggal 27 januari 2020, akhirnya saya mendapat email bahwa pembayaran saya sudah tercatat di mutasi pihak ovo, dan saya diminta untuk cek limit ovo secara berkala, otomatis saya lega dong membaca email tersebut. Tapi ternyata sampai hari ini limit saya belum kembali, saya diancam denda dan pembekuan akun, serta terus menerus mendapat telepon penagihan sehingga saya harus menjelaskan berkali kali panjang lebar hal yang sama. Sepertinya ovo meremehkan jumlah uang 400 ribu saya ya, ingin saya tutup akun saya tapi saya khawatir dengan BI checking. Konyol sekali BI checking rusak hanya karena 400ribu.

    Mbak dinda butuh waktu berapa minggu untuk di tangani dengan benar sampai beres mbak? Terima Kasih.

  • 14 Februari 2020 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Selama menggunakan ovo paylater , cenderung lancar dan aman transaksi, untuk pembayaran setiap bulannya juga normal, saya bayar malah tiap akhir bulan tanggal 30 31 , limit selalu kembali normal, mungkin keadaan sistem tertentu aja yang bikin bug jadi seperti tidak dibayar, untuk saat ini ovo paylater tidak bsa digunakan dan dalam masa perbaikan mungkin untuk menanggapi masalah seperti mbaknya, biasakan selalu screenshot ketika melakukan pembayaran untuk jaga jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan dan ada bukti kuat kalau sudah membayar

  • 28 Februari 2020 - (15:40 WIB)
    Permalink

    Saya punya cicilan dan udh saya lunasi, tapi dibulan berikutnya saya masih di tagih oleh pihak ovo, saya minta rincian tagihan dan pembayaran tp meraka tidak memberikan solusi, mereka tidak punya data transaksi secara detail kapan, tanggal, nominal, cicilan ke berapa, hati2 dicurangi seperti ini, sampai saat ini belum ada tanggapan dari ovo, saran saya selalu simpan bukti pembayaran anda jangan sampai anda jadi korban berikutnya lebih baik bayar pakai satu akun bank agar lebih mudah untuk mengecek transaksi 🙂

    • 29 Februari 2020 - (09:34 WIB)
      Permalink

      Ovo paylatter knapa yah sebelum nya ada error kah? Masa akun istri saya ovo paylatter nya minus 400ribuan dan sekarang ada tagihan 900ribuan sedangkan limit nya saja gak sampai segitu, sebelum nya udh di bayar tapi aneh setelah toped selesai pembaharuan sistem malah kyk gini

  • 27 April 2020 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, pembayaran split di bulan yang sama.

    Sudah DM, Email pihak OVO dan dibalas kalau tagihan sudah berhasil terbayar dan limit akan diperbarui.
    Tapi diakhir bulan ini masuk kembali email tagihan untuk segera dibayarkan.
    Sia-sia saya menjelaskan dengan detail bulan lalu kalau penanganannya masih seperti ini. Bahkan saya sudah lampirkan bukti transaksi pembayaran saya untuk tagihan yang sudah saya bayar 2 kali pada tanggal 13 Maret 2020 dan 31 Maret 2020.

    Jumlah memang kecil, tapi kalau berpengaruh dengan BI Checking saya benar2 kecewa sekai.

  • 6 Mei 2020 - (10:54 WIB)
    Permalink

    Haduh,, saya fikir memang mungkin ada oknum yang sengaja mempermainkan uang nasabah ya di ovo paylater. Saya kena juga hampir 400rb, sudah bayar lunas, tetapi masih saja ada penagihan. Akun saya dibekukan sudah sejak maret 20, parah. Saya juga melayangkan surat ke forum ini karwna kesal sekali dengan ovopaylater. Saya bingung karena masih ada cicilan. Bingung karena takut terjadi apa2 dengan pembayaran saya yang berikutnya. Kacau ovo. Perusahaan sebesar ini systemnya bisa kacau begini. Saya sangat menyesal mengaktifkan akun ovo paylater di tokopedia. Saya fikir akan baik baik saja, ternyata tidak. Setelah ini selesai, saya akan tutup akun, sekaligus akun tokopedia saya. Gausahlah belanja2 online lagi. Next langsung aja hubungi sellernya via tlp/wa kalau mau belanja.

 Apa Komentar Anda mengenai OVO PayLater?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Sudah Bayar OVO PayLater, Tapi Terus Ditagih dan Kena Denda; Komplain …

oleh Dinda Shabilla Ragatha dibaca dalam: 2 min
27