Perbedaan Harga Tiket Pesawat di Traveloka Bikin Ngelus Dada

Kemarin tepatnya tanggal 1 Juli 2019 saya melakukan pemesanan tiket pesawat tujuan Kuala Lumpur ke Jakarta menggunakan maskapai KLM. Harga yang tertera di Traveloka adalah IDR 850.000. Oke, saya booking-lah tiket tersebut melalui aplikasi Traveloka langsung.

Ketika saya akan input data Flying Blue di website KLM untuk menambahkan poin, tanpa sengaja saya cek harga di website maskapai langsung dan alangkah terkejutnya saya ketika lihat harga di maskapai jauh, jauh, jauh lebih murah! Harga di maskapai adalah sekitar 600 ribuan.

So, saya mencoba menyampaikan keluhan melalui Twitter dari sore hingga pagi ini tidak ada tanggapan sama sekali dari mereka. Padahal Twitter Traveloka selalu membalas chat atau mention customer lainnya setiap menit.

Oke, karena saya tidak di tanggapi maka saya mencoba menghubungi CS-nya melalui layanan Live Chat, Anda tahu apa yang terjadi? Ketika saya baru menyampaikan keluhan tiba-tiba saya di-END CHAT. Helooo dimana pelayanan Anda kepada customer? ?

Oke, tidak sampai di situ saya menghubungi CS-nya melalui Instagram dan direspon suruh klaim garansi harga melalui link yang dia berikan. Ketika saya klik dan login, tahu apa yang terjadi? Pemesanan tidak dapat diklaim.

Terus pagi ini saya dapat email diinformasikan apabila Anda melakukan pemesanan di Traveloka maka dinyatakan setuju dengan semua ketentuan dari Traveloka.

Helloow ketika ditanya harga kok jawabannya “Untuk harga tergantung update dari maskapai atau otorisasi dari maskapai karena langsung di-update oleh maskapai, tapi ketika klaim lempar tangan”.

Berbeda dengan tiket.com, ketika terdapat selisih harga saat saya melakukan pemesanan, selisihnya di-refund dengan menunjukan perbedaan harganya.

Sampai saat ini pun saya belum mendapatkan konfirmasi kenapa keluhan di Twitter sama sekali tidak ditanggapi woy! Apakah pilih-pilih dalam menjawab keluhan customer? Apakah tidak ada SLA dan respon time menjawab chat? 08585348 itu nomor laporan saya.

Saya dijanjikan akan dihubungi melalui telepon 30 s/d 60 di live chat! Mana? Sampe detik ini gak ada tuh yang hubungi gw sampai pagi ini surat pembaca terbit.

Ujang Rusli Suherli
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Kalo udah booking harus double check di website maskapai langsung. Kerasa banget selisihnya, kek ditinggalin mantan ??

    • Ada, silakan kamu dapat mengunjungi tautan berikut :

      http://bit.ly/2y8bLyc

      Jika kamu mengalami hal serupa langsung aja hubungi Cs nya nanti direfund selisihnya ujung2nya kok. Tapi ya gitu harus complaint dulu ?

      Thank you!

      • Di-refund selisihnya apa gimana gan? Kalo baca link di atas, hanya dikasih kupon diskon untuk pembelian tiket berikutnya. ? Itu pun maksimal 200rb, kalo selisihnya lebih dari 200rb ya mending langsung beli aja di tempat yg lain tsb. ?

      • Kalo gua mah ada refund tiket di traveloka trus dibilang 90 hari atau lebih tergantung pihak maskapai
        Karena lama gua chat dong di email pihak maskapainya terua gua kasi kode booking gua
        Dan jawaban dari pihak maskapai kalo tiket gua udah hangus karena tidak ada tindakan refund
        (Jadi gua itu mau pulang sekitaran awal mei dan pada saat itu pemerintah larang mudik otomatis tiket gua mesti refund dong,dan gua udah ditelpon pihak maskapai di daerah gua dan disaat itu juga gua langsung refund lah
        Gua juga masi ada bukti buktinya)
        Dan sampe sekarang traveloka gua chat mah gaada direspon di aplikasi
        Dan di instagram yg waktu kmrn kmrn masi balesin skrg mah cuma di read abis tu gua chat lagi eh gadiread hahaha
        Gua tunggu aja tuh awas aja sampe kagak cair refund gua mah hahaha
        Gua disini berbagi pengalaman gua aja bray

  • Refund selisihnya. Direfund kok selisihnya ke metode bayar yang kita gunakan saat pemesanan.

    Kalo yg di link tadi itu untuk claim garansi kalo ditempat lain ada yg lebih murah bisa di claim.

    Karena ini selisih harga langsung dg maskapai makan direfund selisihnya. Langsung di refund saat itu juga ke rekening kita.

    • Btw itu pake KLM full service ke KL yah? Lebih murah tarif ke luar negeri skrg dibanding domestik. ?

  • Yang jelas di link tersebut kondisinya gak up to date:

    "Flight:

    Domestic routes only (within Indonesia)"

    Tapi yah syukurlah kalau bisa dapat price match.
    Tinggal usaha kontak nya aja, worth atau gak (karena fast ataupun slow response nya hoki2an). Well, mungkin membantu mempercepat kalau tayang di sini LOL.

    Di samping juga resiko identity theft yang masih aja belum 100% terjamin aman.

    • Yappp! Benar, karena sudah complaint di media social (twitter dan ig) dan email cuma balasan2 template saja!

      Namun setelah menulis artikel ini pihak Traveloka langsung menghubungi by call dan menginformasikan selisih harga bisa di refund.

      Alhamdulillah dana refund selisih harga tersebut sudah masuk ??

  • Woh saya baru tau kak. Kalau pembayaran via paylater bisa di klaim juga kah?

    • Beli pepaya ke Amerika,
      Paylater juga bisa ka,

      Hubungi aja Cs nya ??

  • Wah kalau saya mah langsung beli di web maskapai langsung... dah gak pernah lagi pake aplikasi pihak ke 2 atau 3

  • Haha, baru baca nih. Karna googling kenapa harga tiket di aplikasi citilink lebih murah dari di traveloka. Larinya kesini. Ternyata bener ya ada case begini. Saya juga heran, dan harganya jauh banget. Beda 400rb ke atas. Saya pikit apa pesan lewat aplikasi maskapai itu belum sama baggage makanya murah. Saya coba pesan lewat aplikasi citilink langsung, harganya beda 400rb ke atas, bahkan sampe 700rb an. Bisa untuk 2 tiket 😄