Kecewa dengan Pelayanan Buka Rekening Baru Bank BRI

Saya hanya menyampaikan kekecewaan saya terhadap pelayanan Bank BRI, terutama pada sekuriti bank yang mana setiap orang masuk ke bank selalu ditanya untuk keperluan apa. Ketika saya berencana untuk membuka rekening Bank BRI, sekuriti bank menjelaskan syarat-syarat apa yang diperlukan, yaitu KTP dan NPWP (yang mana sudah ada di dompet saya). Kemudian saya pun diberi nomer antrian. Saya menunggu antrian 1 jam lebih dan ternyata setelah giliran saya saya dijelaskan oleh customer service bahwa untuk wilayah tertentu diperlukan juga surat domisili dan kartu keluarga.

Hal ini sungguh mengecewakan saya. Setelah menunggu 1 jam lebih ternyata tidak bisa diproses pembukaan rekening pada saat itu juga. kenapa hal ini tidak diinformasikan terlebih dahulu ke sekuriti agar calon nasabah tidak menunggu terlalu lama dan nomer antrian bisa diberikan kepada yang sudah jadi nasabah?

Belum lagi tetangga saya yang saya dengar mau buka rekening BRI baru lihat KTP sudah ditolak dengan alasan foto ngeblur. Hal ini tidak pernah terjadi pada bank-bank swasta besar seperti BCA dan Mandiri, bahkan Bank DKI sekalipun.

Muhammad Yusuf
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Penilaian Rata-rata: 3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Tentang Penulis
Muhammad Yusuf  

Seorang Wiraswastawan yang menuju ke arah pengusaha

3 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Buka Rekening Baru Bank BRI

  • 16 Juli 2019 - (10:37 WIB)
    Mmg di BRI petugas Satpam yg bukan petugas inti bank malah bertugas seperti customer service… Ini job desc yang keliru, posisi satpam diberi tanggungjawab sebagai frontdesk yang biasa di handle oleh CS… Terkadang dalam menghandle Sy juga di buat seperti orang mencurigakan tidak selayaknya di handle sebagai nasabah atau pelanggan… Memang tidak semua pak satpam seperti itu… Tp kebanyakan yang saya temui di kantorBRI rata2 seperti menghandle orang yang mencurigakan… Saran saya BRI harus menempatkan tenaga frontdesk yang lebih sesuai utk perkerjaan CS… Terima kasih
  • 16 Juli 2019 - (11:46 WIB)
    Menurut saya:
    1. Seharusnya sih bukan tugas petugas security/satpam untuk memberi info kepada nasabah soal tata cara/peraturan bank, jadi kalau ada salah info yah *menurut saya* itu bisa dimaklumi. Kalau ada copet di lingkungan bank, nah itu baru tugas mereka.

    2. Di lain pihak, di HAMPIR SEMUA instansi, ya memang segala info datangnya dari CS, dengan kata lain kalau CS nya ngantri, ya akhirnya untuk *sekedar* nanya/minta info juga harus ngantri.
    Itulah sebabnya di beberapa instansi yang *lebih user-friendly* maka beberapa info2 ditaruh di spanduk, poster ditempel di dinding dsb. Tujuannya ya supaya orang tidak perlu harus ngantri untuk sekedar nanya/minta info.

    3. Sayangnya, memang nyaris semua bank gak ada yang melakukan hal seperti di atas. Bandingkan misalnya dengan kantor bpjs atau imigrasi, di mana berbagai macam info dipajang dengan tulisan cukup besar.

    4. Jadi memang — kalau tidak berminat memajang tulisan info — ya sebaiknya ada meja khusus informasi/penerangan, di mana petugasnya cuma menjawab pertanyaan saja & sama sekali tidak melakukan pemrosesan apa pun (pemrosesan tetap harus ngantri ke CS).
    Cuma ya itu, ada sumber daya manusia & sumber dana nya kah???

    5. Nah, untuk solusi sementara & demi kenyamanan kita sendiri, mungkin kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan cara nyari info via mbah G ataupun nanya ke admin sosmed resmi masing-masing instansi.
    Walaupun kadang juga akhirnya hasil akhir bisa berbeda dengan apa kata petugas ybs di CS, tapi yah… daripada tidak ada sama sekali.

  • 16 Juli 2019 - (16:19 WIB)
    Beda bank. Beda kebijakan. Seharusnya BRI sebagai banknya rakyat yang unitnya sampai ke polosok harus ramah dengan segala macam lapisan masyarakat/calon nasabah. Tidak menjadi bank arogan yang memperlakukan aturan super ketat. Memang aturan tetap berlaku namun perlu ada kebijakan lain untuk mempermudah calon nasabah mendapatkan pelayanan dan haknya. Seperti yang dikatakan penulis. Seorang ibu tidak dapat membuka rekening hanya karena foto KTPnya ngeblur. Pengalaman saya buka rekening dengan foto KTP yang sudah ngeblur di BCA masih diterima. Padahal kalau dipikir bank BCA adalah bank besar yang hanya ada di kota. Mereka mengambil kebijakan dengan memfoto ulang nasabah dengan alat khusus sehingga foto nasabah sudah terupdate. Nggak harus di suruh pulang bikin KTP baru. mudah sekali dan pelayanannya ramah.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Buka Rekening Baru Bank BRI

Muhammad Yusuf 1 menit
3