Buruknya Penanganan Komplain Akulaku

Selamat sore,

Saya Rizki Saputra, nasabah Akulaku. Saya menulis surat pembaca karena saya sudah lelah dengan penanganan pihak Akulaku yang sama sekali tidak memberikan kejelasan terkait keluhan saya. Saya ceritakan kronologi lengkapnya sebagai berikut:

Pada tanggal 3 Juli 2019 saya memesan sebuah LAPTOP merk Lenovo IdeaPad dengan nomor pesanan 156215131128065677827 melalui merchant Tehno Store lewat aplikasi Akulaku, dengan rincian biaya DP Rp438.000 dan cicilan per bulan Rp480.000. Selesai saya bertransaksi dan membayar DP-nya, saya lihat pesanan status saya sudah diproses.

Sekitar tanggal 7 saya mulai bingung kenapa tidak ada konfirmasi pesanan saya sudah dikirim. Setelah saya cek di tanggal 9 ternyata barang pesanan saya melalui jasa SI CEPAT dengan nomor RESI 000261020334 salah kirim oleh merchant Tehno Store Akulaku. Saya kemudian menghubungi pihak Akulaku di nomer 1500920 dan jawaban pertama, akan dicek dan dieskalasikan ke pihak terkait.

Saya juga sempat chat dengan pihak merchant di aplikasi Akulaku dan jawabannya memang salah dan akan update pengirimannya kembali. Pihak Akulaku minta saya menunggu paling lambat 3-5 hari. Saya tunggu dan tanggal 11 Juli saya lalu menghubungi kembali dan jawaban CS Akulaku masih sama, saya diminta menunggu.

Kemudian di tanggal 15 Juli sesuai estimasi yang pihak Akulaku berikan ke saya, saya hubungi kembali lagi CS Akulaku dan jawabannya masih harus menunggu, dan ditambahkan sekarang jawaban mereka tidak tahu sampai kapan saya harus menunggu. Tanggal 18 Juli saya hubungi kembali dan lagi-lagi saya diminta menunggu tapi tidak ada kejelasan sampai kapan saya harus menunggu, sementara di tanggal 25 Juli tagihan saya sudah keluar untuk tagihan barang Laptop yang belum saya terima.

Tanggal 22 saya hubungi kembali, saya sudah mulai frustasi karena pihak Akulaku sendiri tidak pernah bisa memberikan jawaban yang jelas. Saya sudah buat laporan dengan email, DM via Instagram dan via telepon CS berkali-kali jawabannya hanya menunggu dan akan diteruskan ke pihak terkait. Di hari berikutnya tanggal 23 Juli, jawabannya masih sama, menunggu tanpa ada kejelasan. Di hari berikutnya pun tanggal 24 Juli lagi-lagi tidak ada jawaban dan kejelasan yang bisa saya terima.

Dan hari ini tanggal 25 Juli, saya lihat status pemesanan saya di aplikasi berubah menjadi barang sudah diterima pukul 01:02 pagi. Saya sama sekali tidak pernah menerima barang dari Akulaku sampai saat ini. Saya lalu menghubungi kembali Akulaku dan seperti biasa, saya hanya diminta menunggu tanpa ada kejelasan sampai kapan masalah pesanan saya akan diselesaikan.

Yang membuat saya sedikit emosi saya diminta membayarkan dulu tagihan laptop nya oleh CS AKULAKU untuk barang yang sama sekali belum pernah saya terima. Saya komplain dan lagi-lagi jawbannya hanya menunggu, tanpa ada kejelasan. Sampai detik ini pun pihak Akulaku tidak ada yang menghubungi saya untuk minta maaf atau pun klarifikasi masalah saya.

Begitulah kronologi lengkapnya. Saya hanya berharap pihak Akulaku menyelesaikan masalah saya ini. Saya sudah amat kecewa dan saya sudah mengajukan proses cancel, tapi pihak Akulaku berkata akan diproses, dan jawaban ini yang setiap hari saya terima. Sebagai perusahaan besar hal yang berhubungan dengan kepuasan dan pelayanan pelanggan harusnya jadi perhatian lebih untuk pihak Akulaku.

Saya harap dengan saya menulis ini semua di surat pembaca, masalah saya bisa diselesaikan. Akan jadi pengalaman berharga sekali buat saya sendiri, dan untuk pelajaran juga buat semua pembaca. Akhir kata saya ucapkan terima kasih, semoga ada solusi dari pihak Akulaku untuk masalah saya ini.

Rizki Saputra
Bekasi Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:44    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Rizki Saputra

Menanggapi dimuatnya Surat Pembaca di Mediakonsumen.com yang ditulis oleh Rizki Saputra pada tanggal 26 Juli 2019 dengan judul “Buruknya Penanganan...
Baca Selengkapnya

Loading...

23 komentar untuk “Buruknya Penanganan Komplain Akulaku

  • 26 Juli 2019 - (18:01 WIB)
    Permalink

    Kalau kurir sicepat pasti ada notifikasi yang diterima lewat SMS bahwa barang sudah dikirimkan. Apakah sudah menerima notifikasinya

    • 26 Juli 2019 - (18:12 WIB)
      Permalink

      awal nya ada , tp si penerima ada di bogor , bukan dialamat yang saya cantumkan , setelah komplain status berubah jadi pengiriman kembali

      • 14 Agustus 2019 - (14:16 WIB)
        Permalink

        Saya juga sudah kapok sama akulaku pernah bayar DP tiba2x di cancel dana ngga kembali … csnya ga response ngga ngapa2in sudahlah capek

      • 18 November 2019 - (08:52 WIB)
        Permalink

        terus sekarang gimana bang barang sudah d terima belum
        ko saya status sama kaya si abang tapi d complaint ga ada respon ya dr pihak akulaku

  • 27 Juli 2019 - (10:49 WIB)
    Permalink

    Iya kayak kejadian aku kemarin pake Jasa SiCepat untungnya barangnya gak mahal

  • 28 Juli 2019 - (12:41 WIB)
    Permalink

    “Salah kirim” apakah berarti merchant salah menulis alamat tujuan?
    Kalau ternyata benar begitu & kemudian barang sudah diterima orang yang salah/tidak berhak, bakal rumit tuh.
    Jangan-jangan cuma sekedar alasan saja bahwa ada pengiriman ulang, padahal kenyataannya barang sudah terlanjur sampai di rumah orang. Kalau saya lihat sih selambat-lambatnya pengiriman Jakarta ke Bogor ya harusnya sebelum sempat dikomplen sudah sampai duluan tuh barang.

    Harusnya sih yang paling besar tanggung jawabnya ya si merchant yang salah tulis alamat tujuan. Coba saja dikejar terus.

    • 19 Mei 2020 - (05:37 WIB)
      Permalink

      Saya ngalamin sendiri beli di mercant tehno store akulaku… Ternyata cara mereka berjualan itu memang menipu… Jd si pihak Tehno store ini mereka nggak punya barang sama sekali..
      Kira 2 modus mereka seperti ini:
      1. Mereka tidak ada barang jualan sama sekali (jadi hanya upload gambar)
      2. Mereka menggunakan metode balas chat otomatis. “Barang ready; dikirim 2-4 hr” dan sebagainya jd bagi orng yang tidak tau nyangka kalau barang selalu tersedia
      3.Nama toko yang tertulis di faktur : “Tehno Store
      DKI Jakarta Kota Jakarta Barat Plaza Orion Blok S No. 5” kemungkinan palsu soalnya ketika saya chat dengan nada mengancam akan datang langsung kesana mercant langsung membalas padahal biasanya tidak membalas sama sekali.
      4. Mereka setelah menerima pesanan langsung merespon dengan barang dikemas dan 1 hari kemudian bisa dipastikan akan upload “resi palsu” yang kemungkinan tidak bisa di track atau di track bisa tp dengan bama orang lain dan transaksi lama milik orng lain
      5.disaat pembeli mulai complaint mereka tau kalau di akulaku itu ada sop yang menurutku aneh dan sangat2 merugikan konsumen yang memberikan keleluasaan bagi mercant untuk curang… Yaitu barang yang dikirim walaupun jelas2 resi palsu pasti csnya akan bilang kekonsumen untuk menunggu 14 hari kerja. Nah 14 hari ini bukan 14 hari tetapi diluar hari sabtu minggu dan tanggal merah. Disini dapat dibayangkan berarti butuh waktu kira2 3 minggu sendiri yang memberikan keleluasaan bagi mercant menipu
      6. Ketika sudah 14 hari kerja td pihak akulaku baru akan mau menghubungi dan istilahnya menekan mercant untuk mengirim barang… Itupun kalau konsumen lapor dengan tlp langsung ke cs kalau tidak ya akulaku bodo amat.. karena pesanan akan berubah statusnya “diterima” by system kalau sudah 14 hari. Ini juga yang membuat mercant curang semakin berjaya
      7. Setelah 1 bulan barang akan tiba2 dikirim tanpa pemberitahuan. Kalau pengalaman saya yang awalnya resi palsu menggunakan si cepat ini tiba2 barang dikirim sampa rumah dengan ekspedisi j n t.
      8. Setelah barang sampe dan dibuka.. sekilas barang masih ada segel plastik seakan akan baru tp jika dilihat seksama akan tau kalau segel plastiknya dibuat sendiri. Dimana bagian atas dan bawahnya tidak rapi mereka sepertinya menggunakan api untuk merekatkan plastik bukan yang rapi seperti dari pabrik.
      9. Setelah plastik dibuka segel yang ada dikardus hp (saya belinya hp) ternyata sudah terbuka dan kotor nah disini saya sadar kalau barang yang dikirim tidak baru
      10. Setelah dibuka yaap sesuai dugaan jd barang yang mereka kirim adalah barang bekas. Hp kotor bahkan masih ada nota pembelian dari hp yang dibeli oleh penipu trsbut disitu dia belinya di ITC depok. Jd yang pihak mercant ini membeli barang bekas kemudian menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi dari harga yang dia beli dengan menipu konsumen bahwa brng tersebut baru dengan mengemasnya lg dengan plastik dan merekatkan segel didalamnya dengan lem
      11. Nomor tlp mercant di faktur tidak dapat dihubungi. Ini mungkin untuk mengakali konsumen apabila ingin refund uang dengan mengembalikan barang karena pasti kalau complaint ke cs pasti cs akan menyarankan untuk menghubungi mercant, sedangkan mercant tidak akan merespon dan akan sulit untuk refund. Mungkin bisa tapi itu akan sulit karena harus hub cs berkali kali hub mercant dan untuk tlp itu memerlukan pulsa yng tidak sedikit dan lama2 capek sendiri. Itu yang saya rasakan
      Dengan rangkuman td dapat disimpulkan praktik nakal beberapa mercant di akulaku menggunakan modus trsb.
      Jujur saya tidak percaya lgi belanja di akulaku dengan pengalaman saya belanja disitu. Kecewa karena platform sebesar akulaku pelayanannya sangat tidak profesional dimana mercant2 nakal masih dibiarkan leluasa berjualan disana bahkan berbintang 4.3 kemudian tidak ada ulasan mercant jd konsumen tidak tahu mengenai penjual dan yang sudah percaya dengan akulaku pasti mengira mercant itu terpercaya karena memiliki rating bagus dan disitu ada tulisan refund kilat jaminan barang terpercaya dsb padahal itu bohong besar.
      Semoga tidak ada lagi yang tertipu dengan mercant2 yang ada di akulaku khususnya Tehno Store.

  • 4 Agustus 2019 - (07:42 WIB)
    Permalink

    saya juga pesan di akulaku tehno store smpai skrg belum diterima resi gabisa di cek statusnya padahal dikirim

  • 8 November 2019 - (10:54 WIB)
    Permalink

    saya lebih parah mengalami hal pembobolan aku yang sama sekali saya tidak pernah dikirimin kode OTP atau hal sebagainya, tiba-tiba di akun saya sudah ada tagihan sebesar 5jt, dan setelah komplain ke pihak akulaku, hasilnya tidak ada sama sekali… saya tetap harus bayar tagihan yang bukan transaksi saya, sama sekali tidak ada solusi atau kebijakan dari pihak akulaku.

  • 14 November 2019 - (10:02 WIB)
    Permalink

    terus bagaimana klo misal ga menerima barang cicilan ttep di bayar apa engga ya,,,?
    pesanan saya juga belum sampai dah satu minggu

    • 30 November 2019 - (21:36 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga belum dapat barangnya dari akulaku sudah seminggu lebih,
      Tagihan pun juga muncul. Bagaimana solusinya yaa

  • 6 Januari 2020 - (11:11 WIB)
    Permalink

    saya pesan kulkas dari JD.ID store lewat akulaku, sudah memberikan DP namun sudah lebih dari 10 hari status masih menunggu pengiriman. saya chat store nya jawabannya selalu dengan kata-kata yang sama ” mungkin pake auto reply” sampai sekarang belum ada kejelasan dari akulaku dan JD.ID nya.
    dan anehnya…. tagihan kulkasnya pun muncul padahal barang saja belum di kirim sma storenya.
    saya coba telfon dan jawabannya masih sama di suruh menunggu. bingung sampai kapan saya harus nunggu, padahal jika tidak bisa mending jelas saja cancle dan refund dana. berbelit belit sekali.

  • 6 Januari 2020 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Saya heran,pdhl saya tidak mengajukan pinjman KTA kilat, tpi saya trus ada yg mnlpon,pdhl sya tidak mnrima uang nya sma skli, malahan uang yg di rekening saya bobol hangus smua nya jadi kosong,saya rasa akun saya ada yang ngehaks, saya minta, kepada pihak akulaku untuk menonaktifkan akun saya, karna saya tidk menerima uang trsebut trima kasih

  • 5 Februari 2020 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Maaf buat akulaku saya gak terima dengan tagihan saya sekarang harus membayar barang yg tidak ada barang nya trs saya tidak pernah belanja memakai shoppe trs ad tagihan dri akulaku bahwa saya telah bepanja memakai shoppe maaf shoppe saya sma akun dan nama sya denagan akulaku ….
    Akulaku tidak ada kebijakan dan tidak di lanjutin selalu berfikir ke akulaku dan kami yg menjadi korban gak ngerti …
    Dari mna saya harus bayar nya bahkan saya gak ada uang …
    Tolong buat pihak akulaku tolong jangan membani kami …

  • 12 Februari 2020 - (04:44 WIB)
    Permalink

    Saya pun mengalami hal serupa. Baiknya kita laporkan ke OJK saja terkait hal ini. Saya pun geram. Menghabiskan banyak waktu menunggu yang entah sampai kapan.

  • 12 Februari 2020 - (08:19 WIB)
    Permalink

    Inilah kenapa saya ga pernah mau belanja pake akulaku di apk akulaku nya.
    Toko nya rata² gajelas. Di chat suka ga dibales.

    Udah itu sekarang akulaku nya ribet sekali. Punya limit tapi ga bisa dipake cicilan, disuruh belanja cash dulu baru bla bla bla.
    Kalopun harus belanja cash, ogah banget saya harus belanja diakulaku. Masih mending di apk lain seperti Bukalapak/Tokopedia.

    Benar benar ga jelas soalnya ini apk + pelayanannya buruk sekali

  • 23 April 2020 - (18:00 WIB)
    Permalink

    mas bagaimana smpai sekrang apakah bisa di kembali uangnya?
    saya juga ketipu ini ditoko yang sama resinya tidak bisa dilacak dan barangya juga tidak dikirim

    • 28 Mei 2020 - (17:44 WIB)
      Permalink

      Akulaku itu jan***…. Saya pembelian barang selalu tidak sesuai dan ketika komplain tidak ada respon sama sekali…
      Barang g bisa balik…
      Jangan sekali sekali coba beli di aku laku
      Aplikasi jual beli tidak bertanggung jawab masih banyak penjual penipu”
      JAN***……

  • 29 Oktober 2020 - (06:21 WIB)
    Permalink

    Gimana ya saya juga pesen dari akunlaku barangnya lama datang baru 2 Minggu datang tp saya kecewa barang yg saya pesen hp to dari dus cassan sampai hp ga ada tulisan opponya polos ga ada imeei nya saya komplen ke no 1500920 soalnya baru 1 bulan dipake barang mati total ga tahu knp dibenerin ke konter juga ga bisa katanya ini barang rakitan.. udh komplen lewat email tlp tp jawabanya tagihan harus dibayar dulu tunggu aja sampai toko bls to sampai sekarang blum dibls bls.. minta pencerahannya tagihannya apa harus saya bayar atau tidak karena barang matot komplen kemana mana suruh tunggu bls

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Buruknya Penanganan Komplain Akulaku

oleh Rizki saputra dibaca dalam: 2 min
23