Data Saya Disalahgunakan untuk Lakukan Transaksi Traveloka PayLater

Saya mengalami kerugian karena nama saya dicatut untuk melakukan transaksi Traveloka PayLater, dan anehnya lagi orang lain dengan gampangnya membuat akun baru dengan email dan nomor hp yang berbeda akan tetapi menggunakan data diri saya (KTP, NPWP dll). Kejadian ini bisa saya segera ketahui karena pada saat saya melakukan pengajuan kredit bank pertengahan bulan Juli 2019, ternyata BI Checking saya bermasalah dan penyebabnya karena ada tagihan di salah satu finance yang berafiliasi dengan Traveloka PayLater.

Setelah saya hubungi Customer Care Traveloka pada hari Selasa, 23 Juli 2019 pada pukul 14:19 WITA, saya diinfokan melakukan pembelian tiket pesawat 2 kali pada bulan Juni dan Mei 2019 dengan memanfaatkan fasilitas Traveloka PayLater yang nama pemesannya tidak saya kenal.

Saya bersikeras bahwa fasilitas PayLater di akun saya tidak pernah saya aktifkan dan tidak pernah ada notifikasi transaksi tersebut serta tidak ada di riwayat transaksi saya pada bulan tersebut. Lalu pihak Traveloka menginformasikan email dan nomor hp akun yang mengaktifkan PayLater yang berbeda dengan akun yang saya gunakan, akan tetapi menggunakan data diri saya.

Pihak Traveloka juga menghimbau untuk melunasi tunggakan yang tidak pernah sama sekali saya lakukan. Tentu saya sangat berkeberatan akan hal ini. Saya meminta diemailkan detail transaksi kepada pihak Traveloka , akan tetapi belum juga kunjung dikirimkan sampai saat ini (28/7), malah saya mendapatkan email tentang penangguhan fasilitas PayLater pada akun saya (yang mana belum pernah saya aktifkan).

Mohon pihak Traveloka memberikan solusi untuk hal ini. Terima kasih.

I G. Uttaram
0857396010**
Amlapura, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

I GUttaram @uttaram03

Komentar

  • kenapa fitur paylater membawa banyak masalah. hentikan aja fitur kayak gitu. cukup kartu kredit aja yang bisa ngutang.

    • Karena calon konsumen hutang bejibun jumlahnya, di mana mayoritas mereka pada faktanya susah lolos verifikasi KK, tapi ternyata gampang bener lolos diterima jadi user app kredit/hutang.
      Memang harusnya kembali ke jadul di mana yang bisa dibuat hutang cuma KK ataupun pergi ke bank/koperasi dan sejenisnya.
      Kembali lagi ke yang ngasih izin maupun yang melakukan pengawasan: kerjanya ngapain? makan gaji buta?

      • Karena pinjol , paylater dan temen temennya tidak melihat BI checking kita. Syaratnya gampang, data pekerjaan bisa di karang..1 jam sudah acc

  • Halo OJK! Korban terus berjatuhan nih... Evaluasi lagi izin2 PayLater yg sekarang semakin menjamur...

    • Kebetulan saya sudah ke OJK, karena untuk memastikan transaksi tersebut saya meminta dokumen SLIK dan dari pihak OJK juga mengatakan sudah banyak yang melaporkan kejadian tersebut. Cuman untuk penyalah gunaan data pribadi bukan ranahnya OJK kata pihak OJKnya.

      • Trus penyalahgunaan data kita harus lapor kemana kak? Ke polisi? Waduh akan lama lagi sepertinya penanganannya

  • Bahaya...makin merajalela tuh yg memanfaatkan data...jgn di biarkan...usut sampe tuntas...dgn adanya begitu bisa merugikan banyak orang...