Transaksi di Shopee Tidak Aman untuk Pembeli; Barang Tidak Diterima, Dana Diteruskan ke Penjual

Saya melakukan transaksi pembelian pakan kucing melalui Shopee. Pesanan dibuat tanggal 21 Juli dengan account Toko “Batiksuryadani233”. Nomor pesanan: 190722005612SNT, nomor resi: 050111558211713, jasa pengirim yang dipilih JNE, tapi nomor resi itu tidak ada dalam tracking.

Sampai saat ini tidak diketahui pakai jasa kurir apa dan pihak CC Shopee pun tidak beri informasi kurir apa, hanya bilang kalau ekspedisi tidak sesuai pilihan pembeli. Awalnya sudah ditanyakan ke pihak penjual di-chat tapi hanya jawaban otomatis “Ready”, terakhir chat hari ini tanggal 28 Juli.

Lalu saya lacak di aplikasi pembelian di Shopee pun status barang hanya dikirim saja, tidak ada detail tracking perjalanan paket pesanan ada di mana. Tanggal 27 masih saya pantau di aplikasi Shopee, dilacak masih belum berubah statusnya masih sama barang dikirim.

Tapi tiba-tiba hari ini tanggal 28 Status Barang Diterima, padahal barang tidak sampai ke tangan saya. Dan anehnya dana diteruskan langsung hari ini juga ke penjual tanpa ada waktu jeda konfirmasi dari saya 1 x 24 jam. Anehnya seperti sudah “MODUS” merugikan konsumen dari Shopee ada tulisan tanggal 27 Juli adalah batas akhir konfirmasi dan dana akan diteruskan. Itu notif baru saya baca pada saat mau mengajukan komplain ini langsung ke Shopee.

Saya sudah chat dengan CC Shopee dan di email hanya jawaban standar karena saya pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang jadi Shopee OTOMATIS meneruskan dana ke penjual. Kok bisa sistem Shopee seperti itu? Terakhir tanggal 27 Juli aja statusnya masih dikirim.

Bagaimana saya bisa mengajukan komplain pengembalian dana kalau di detik-detik batas akhir saja saya tidak dikasih waktu KOMPLAIN. Seperti ketentuan peraturan Shopee dana diteruskan jika tidak ada konfirmasi 1 x 24 jam. Dalih dari Shopee karena by system, tapi seharusnya pihak Shopee bisa track status pengiriman barang saya. Saya pembeli dalam posisi pihak yang lemah, padahal saya transaksi pembelian pakai Shopee ingin ada rasa aman karena pakai rekening bersama Shoppe dulu baru setelah selesai baru diteruskan ke pihak penjual.

Pihak Shopee mestinya dapat membantu pihak pembeli dengan tracking dulu, bukannya malah langsung bilang dibaca By System Otomatis barang diterima. Nilainya tidak sedikit, Rp400 ribu-an, malah bilang tidak bisa dikembalikan dananya.

Mengajukan keluhan ini ke CC Shopee selalu berganti-ganti orangnya, saya mesti dari awal lagi kasih data-datanya, begitu terus. Kasus seperti ini kenapa tidak ada proteksi untuk konsumen pembeli? Sangat…sangat … merugikan, sistem Shopee sekarang yang sudah terbaca oleh para penipu online. Ini sangat merugikan dan tidak aman, karena pihak Shopee pun tidak bisa kasih bantuan dan solusi.

Abdullah Kafabih
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Transaksi di Shopee Tidak Aman untuk Pembeli; Barang Tidak Diterima, Dana Diteruskan ke Penjual

  • 29 Juli 2019 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Ini celah keamanan serius, kalo gini penjual bisa input resi palsu dan diloloskan sistem Shopee. Padahal di marketplace lain seperti Bukalapak or Tokopedia ada sistem verifikasi nomor resi. Kalo penjual input resi palsu, order bakalan dicancel otomatis oleh sistem.

    Ini sepertinya bukan kasus pertama di Shopee, sebelumnya pernah juga dimuat surat pembaca dengan kasus kek gini di MK. Artinya Shopee belum.menambal celah keamanan ini, dan mulai banyak penipu yg memanfaatkannya. ???

    • 29 Juli 2019 - (18:01 WIB)
      Permalink

      Betul, sudah saatnya konsumen bersuara dengan memindahkan transaksi pembeliannya ke tempat2 yang minimal sudah berusaha dengan sungguh2 memikirkan bagaimana memberikan keamanan kepada pembelinya.
      Kalau ada marketplace yang tidak ambil pusing dengan validitas nomor resi pengiriman, sudah saatnya pembeli maupun juga penjual (yang memang serius berjualan) move on dari marketplace kualitas rendah macam begitu.
      Btw ini baru soal pengamanan nomor resi ya. Belum lagi soal kualitas kecerdasan CS maupun tim verifikasi komplen nya…

    • 14 Agustus 2019 - (11:45 WIB)
      Permalink

      Sebelumnya Terima kasih atas tanggapannya.
      Benar utk verifikasi no Resi BL dan Tokoped lebih baik. Dan lebih protek pada penggunanya sebagai Seller dan juga Buyer karena kita sebagai pembeli hanya bisa memantau dari no.resi. Terlebih lagi tanggapan customer service BL dan Tokoped online lebih cepat menurut pengalaman saya.
      Sampai saat ini perkembangan terakhir tanggapan permasalahan ini justru JNE yg melakukan verifikasi ke saya No.Resi itu Tidak ada(tdk valid didata mereka). Jadi No.Resi Palsu itu lolos di sistem . Dan seperti yg dibilang hal ini jd cela yg di manfaatkan penipu online.
      Account Penjual sudah di suspend, uang hilang tidak bisa di telusuri.
      Kasus ini jadi pelajaran saya pribadi, smoga pengalaman buruk saya ini jadi ke hati-hatian teman-teman pengguna marketplace.

  • 29 Juli 2019 - (18:50 WIB)
    Permalink

    Tidak semua merchant/seller yg berjualan di toko online jujur. Ada brberapa yang nakal bahkan melakukan penipuan. Karenanya harus berhati-hati memilih sellernya. Perhatikan rating tokonya. Ulasan pembeli dan penilaian apakah baik atau kurang.

      • 15 November 2022 - (21:18 WIB)
        Permalink

        Saya bingung mau komentar gimana cara nya, saya lapor ke shopee untuk pembatalan transfer. shopee tidak melayani, saya ragu ragu. apakah shopee melindungi costumer nya atau melindungi penjahat.
        saya turut prihatin, saya juga rugi 1.1jt. jadi saya pengen curhat dimana gitu. tidak ada solusi atas masalah saya

  • 29 Juli 2019 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Ini saya juga lagi bingung kenapa kok nomr resi engga bisa di cek terus.. lalu pelapaknya juga engga nanggepi kalau di chat.. apa nomr resinya kira” salah ya?

    • 29 Juli 2019 - (21:20 WIB)
      Permalink

      Cepet lapor ke Shopeenya kak, supaya dana pembeliannya ditahan dulu, jangan sampai diterusin otomatis oleh sistem kalo barangnya blom keterima.

    • 16 November 2020 - (16:14 WIB)
      Permalink

      Jika nomor resi sudah keluar bisa langsung dilacak di web ekspedisinya juga ka karena sistem pelacakan shopee biasanya tidak up to date.

  • 14 Agustus 2019 - (01:56 WIB)
    Permalink

    Seharusnya sebagai user yang cerdas kita harus baca juga, karena di shopee juga udah ada keteranga kalo masa garansi akan berakhir pada tanggal sekian , harusnya kita aware dengan hal itu sehingga ketika belum tanggal itu pesanan tidak di terima kita bisa perpanjang masa garansi , kalo 3 hari belum diterima baru kita chat CC shopee nya dong , sehingga dana belum di lepaskan ke penjual , saya pernah mengalami hal serupa tetapi saya lebih aware dan dana tetap kembali ke saya karena saya juga hubungi jasa kirim . Pliss lah jadi cerdas dulu !!! Jangan ngototnya doang !!

    • 14 Agustus 2019 - (11:50 WIB)
      Permalink

      Siap bpk/ibu yang cerdas dan peduli . Terima kasih buat komentar dan tanggapannya serta waktu yang diberikan.
      Salam Cerdas.

  • 19 November 2019 - (02:16 WIB)
    Permalink

    bosan dengan berbagai masalah di shopee,
    paket saya ID19231948059E pakai kurir shopee same day,niat 24 jam biar nyampe tp udah 4 hari belum nyampe,padahal di kirim dr jakarta utara ke kota tangerang bisa berhari hari,same day yg bilang 24 jam nyampe,mana buktinya? banyak banget pembeli yg pakai kurir shopee same day sama kasusnya seperti saya,bikin kapok. lebih baik pakai kurir lain kl mau di shopee,baik lagi pke BL lebih nyaman.

  • 6 April 2020 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Sama gan..saya sempat pesab barang luar negeri barang belum sampai tapi disistem aplikasi shopee udah selesai..no resi y aja belum dikasi tau ama penjual itu..kok bisa sistem keamanan shopee kurang aman..katanya mau dibalikin dananya sampai skr gk di proses”…bilang uda di proses tapi dana y gk dibalikin sampai skr padahal permasalahan ini uda lama dari bula 2 kmrn.. lanyanan perihal komplen pembeli dan penjual kurang ditanggapi ama pihak shopee dan tidak cepat diselesaikan…

  • 28 Mei 2020 - (23:26 WIB)
    Permalink

    Kalau saya terbalik, sebagai seller di shopee malah ditipu pembeli dgn modus tiba2 cancel

    Saya kehilangan barang, berjualan di shopee

    Ada pembeli tiba2 cancel dan disetujui shopee, dgn alasan lama kirim pdhl sdh saya kirim dgn cepat, dan ternyata laporan dari Ninja, paket sudah diterima pembeli

    Dana sdh kembali ke pembeli, artinya barang saya hilang

    Lapor ke cs shopee cuma dijawab, bapak minta saja sendiri ke pembeli

    Seller skrg posisi nya apa ya?
    Seller Cancel kena penalti, skrg pembeli cancel barang tak kembali ke seller.

    Yang herannya, kenapa saat pembeli cancel, pihak shopee tidak konfirmasi dulu dengan agen pengirman utk proses pengiriman yang sedang berjalan?

  • 26 September 2020 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Senasib, sy melakukan pesanan di shopee dr tgl 12/09/2020 sampai hr ini 26/09 barang blm jg ditrima. Sudh hub via chat & email gak ada kejelasan kdg jg tdk dijawab.
    Berhenti di shopee penipu

  • 1 Oktober 2020 - (00:44 WIB)
    Permalink

    saya tambahi , . . . SENASIB!! …baru saja tgl 28 september 2020 . pesan barang macet !. . barang dari kuningan Gurah sandi , tertulis barang masih 50 tapi di chat katanya HABIS . . . dan di jadwal barang dikemas, terus dikemas 2 h 3 hari dikemas terus . . . .duit ilang gak tau kemana . . . . . . ANEH . . . di tokopedia biasa kalau gagal duit masuk kas.
    PARAH

  • 1 Oktober 2020 - (00:49 WIB)
    Permalink

    . . . baru baca diatas, . . . penjual juga dirugikan?! . . . bisa saja gak sengaja, tapi dibiarkan pembeli. . .
    yang jelas rusak PARAH…

  • 21 November 2020 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Sama boss ane blom dapet barang yg ane pesan tapi udah dinyatakan selesai terkirim… yg anehnya ane pesan barang 7 november … tapi tanggal kirim barang tertulis 4 november… otomatis masa garansi ilang… barangnya sampai ke alamat lain… bukan alamat kita… parah nih shopee … uang ane 2.275000 raib boss. Kalo gini caranya shopee bisa jadi konglomerat baru nih dekat2 ini

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Transaksi di Shopee Tidak Aman untuk Pembeli; Barang Tidak Diterima, D…

oleh Abdullah Kafabih dibaca dalam: 2 menit
21