Surat Pembaca

Pinjaman Online Membuat Saya “Down”, Apakah Ada Solusinya?

Saya sedikit cerita tentang pinjaman online (pinjol). Kejadian ini terjadi di awal 2019, saya butuh biaya buat keperluan sehari-hari. Saya tidak pernah mengetahui tentang berita pinjol di media apa pun, akibat ketidaktahuan saya berimbas dengan ke tagihan saya akan pinjol ini karena cara pinjamannya mudah dan lain-lain.

Awalnya saya masih bisa membayar dll, tapi lama kelamaan saya sudah tidak punya uang atau apa pun untuk membayar pinjol tersebut. Dan pada pertengahan Juni sampai saat saya tulis ini saya baru bisa membayar beberapa pinjol tersebut. Saya terjerat 60 aplikasi pinjol, terdiri 10 aplikasi pinjol legal OJK, dan 50 pinjol ilegal, sekarang sisa 50 aplikasi.

Pihak pinjol telah menghubungi seluruh kontak telepon saya. Saya dan seluruh kontak saya diteror dengan cara ditelepon, di-sms, di-wa. Mereka (pinjol) memaki-maki, menghina, berkata kasar, semua margasatwa pun mereka lontarkan, bahkan pelecehan pun terjadi. Setiap hari pun saya menerima telepon mereka tapi mereka tidak mengerti dan tidak mau memberi saya waktu untuk bisa membayar. Saat ini saya memang sudah tidak ada uang, semua barang sudah saya jual untuk membayar pinjol-pinjol tersebut.

Sekarang masalah ini berimbas ke pekerjaan, saya mendapatkan teguran keras (tahu kan artinya apa), saya sudah tidak bisa berkata apa-apa lagi. Bukan tidak mau membayar tapi dikarenakan bunga tinggi dan mereka tidak dapat dinegosiasi untuk saya bisa membayar pokoknya saja. Alhasil nasi sudah jadi bubur saya, saya gagal bayar
saya hanya terpikir tentang imbasnya di BI checking diri saya saja.

Sampai saat ini saya hanya bisa berdoa dan terus mengais rezeki untuk membayar pinjol-pinjol tersebut. Mohon dengan sangat pemerintah baik OJK atau pun Assosiasi Persatuan Fintech Indonesia atau lembaga lainnya mengusut para pinjol-pinjol ilegal dan legal yang masih menggunakan penagihan dengan cara tidak baik, dan tidak sopan.

Srikeinara
Duren Sawit, Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Hai kakak-kakak sekalian, saya membuka jasa untuk menerima keluh kesah
    dan cerita kalian yang tidak dapat di ceritakan kepada orang lain,
    karena takut malu & privasi kalian tidak terjaga.

    saya memiliki tujuan untuk mengurangi depresi kalian dan jangan sampai kalian putus asa dan bunuh diri

    jika kalian ingin bercerita langsung bisa follow IG atau cek ig @tecemuid

    , saya siap menemani kalian, memberikan motivasi & pendapat. layanan ini gratis loh.

    semoga bermanfaat, terima kasih

Penulis
srikeinara