Susahnya Mencairkan Dana BukaDompet di Bukalapak, Disuruh Menunggu dan Menunggu, Sampai Kapan?

Yang terhormat Ibu Intan Wibisono,
Head of Corporate Communication Bukalapak,

Saya ingin menyampaikan permasalahan yang saya alami di Bukalapak, tentang bagaimana begitu susahnya mencairkan BukaDompet. Mohon bantuannya untuk mencermati dan menindaklanjuti.  Berikut kronologinya:

  • Tanggal 27 Juli 2019 mencoba melakukan pencairan BukaDompet ke rekening bank, tetapi fiturnya tidak aktif.
  • Tanggal 28 Juli 2019 saya menanyakan perihal fitur yang tidak aktif via komplain dari aplikasi.
    Dibalas oleh CS IZRAMI : “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, kami informasikan bahwa saat ini fitur pencairan sedang tidak aktif karena adanya pembaruan sistem. Silakan untuk melakukan pengecekan pada aplikasi Bukalapak Anda secara berkala.” Ketika saya balas bertanya meminta kepastian kapan fitur bisa digunakan kembali. Dibalas oleh CS PURNOMO : “Kami informasikan bahwa saat ini fitur pencairan sedang tidak aktif karena adanya pembaruan sistem. Saat ini kendala tersebut masih dalam proses penanganan tim terkait kami dan untuk waktu kembali normal kami belum bisa menentukan, silahkan Anda melakukan pengecekan secara berkala dan mencoba melakukan pencairan di lain hari, ya”
  • Tanggal 29 Juli 2019 saya mencoba lagi pencairan dana, ternyata fitur pencairan sudah aktif, dan pencairan dana ke rekening bank dengan nomor tiket 128001038 masuk ke status pending. Pencairan ke rekening Mandiri, karena itu salah satu rekening yang disebutkan BUKALAPAK bisa diproses SELAMBAT-LAMBATNYA 1×24 jam.
  • Tanggal 30 Juli 2019 saya menanyakan kembali ke BukaBantuan via aplikasi dikarenakan sudah lewat 1 x 24 jam. Dijawab CS RAFIDA : “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Saat ini, laporan Anda sudah diterima dan dalam pengecekan. Jangan khawatir, kami akan segera sampaikan informasi terbaru perihal laporan Anda, ya”. Setelah menunggu 3 jam, tidak ada informasi terbaru yang disampaikan ke saya, maka saya menanyakan kembali status pencairan. Dijawab CS Hani : “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, kami memahami kendala yang Anda alami. Kami telah bantu melakukan konfirmasi kepada tim terkait. Mohon kesediaan Anda untuk menunggu konfirmasi lebih lanjut dari tim terkait.”
  • Tanggal 31 Juli 2019 pagi, tidak ada konfirmasi apapun dari tim terkait, maka saya menanyakan kembali via aplikasi. Tidak ada balasan dari CS Bukalapak.
  • Tanggal 31 Juli 2019 sore, mencoba kembali menanyakan, dan tetap tidak ada balasan.
  • Tanggal 31 Juli 2019 malam menelpon Call Center, karena komplain via aplikasi sudah tidak ada respon lagi. Saya disuruh tunggu 1 x 24 jam.
  • Tanggal 1 Agustus 2019 pukul 09 pagi, Menerima email pembatalan pencairan,diminta memperbaiki rekening bank, dan lakukan pencairan ulang. Setelah saya cek nomor rekening sudah benar. Dan Saya melakukan pencairan ulang kembali dengan nomor tiket 128484663.
  • Tanggal 1 Agustus 2019 malam, kembali menerima email pembatalan yang sama dengan sebelumnya,
  • Tanggal 1 Agustus 2019 malam itu juga saya coba ganti rekening dengan Bank BRI, dan mencoba melakukan pencairan ulang dengan No. Tiket 128573848.
  • Tanggal 2 Agustus 2019 malam menelepon call center lagi (karena sudah lewat 1×24 jam). Dilayani oleh Rega, dan mengatakan akan segera ditransfer, tinggal tunggu 1×24 jam. Dan sampai saat ini, Status Pencairan dana No.Tiket 128573848 masih pending (lebih dari 2×24 jam).

Apakah nanti Bukalapak bakal lakukan pembatalan lagi? Dan kemudian suruh saya pencarian ulang lagi dan disuruh tunggu lagi 2 x 24 jam? Sudah lebih dari seminggu dana di Bukadompet saya tidak bisa dicairkan. Apa yang terjadi dengan Bukalapak ini? Kenapa bisa jadi seperti ini? Kenapa seperti tidak berniat untuk mencairkan dana saya.

Saya tunggu niat baik dari Bukalapak.

Hartono Kangdra
Padang, Sumbar

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Hartono Kangdra

Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sama gan kasus nya sama sy,ga tau alesannya knp,tp seperti mengulur2 waktu pencairan agar bisa lbh lama di rek bukalapak,bikin emosi...mending mslh selesai #uninstallbukalapak aja gan dr pada sakit ngurusin mslh ky gni,bisa stresss dibuat sama jawaban cs..

  • Hebat sekali masalah Bukalapak ini.. Dalam waktu kurang dari seminggu, sudah ada beberapa SP untuk kasus yang sama.. Apakah pihak Bukalapak harus menunggu sampai kasus ini viral, baru memberikan penjelasan?

  • Permasalahan sudah selesai. Kemarin terjadi lagi pembatalan. Saya coba cairkan dengan nominal dibawah 10 juta, ternyata bisa berhasil.

    Sepertinya kalau mau mencairkan dananya, jangan lebih dari 10 juta.
    saran buat teman2 yang kalau pencairannya dibatalkan lagi, coba cairkan dibawah 10 juta saja. Lebih baik dicairkan beberapa kali dlm beberapa hari, daripada dana tertahan.

    Info dari Bukalapak, dikarenakan lagi ada pembaharuan sistem di masalah pencairan dana.
    Buat teman-teman yang masih dibekukan, bersabar ya. Tetap tenang, menurut saya uangnya pasti bisa dikembalikan lagi. Hanya saja, pasti butuh waktu lama.

    Karena saya membayangkan sekian banyak pelapak yang komplain (he he he..), tiket komplainnya pasti berjubel. Makanya respon mereka sangat lambat sekali.

    yang pasti Kasus saya sudah selesai. Saya mencairkannya dibawah 10 juta sebanyak dua kali dan berhasil.