Penundaan Refund dan Informasi Palsu OVO

Dear OVO,

Saya melakukan pembelian pulsa Telkomsel melalui OVO pada 5 Agustus 2019. Setelah menunggu lebih dari 1 jam dan tidak mendapatkan pulsa tersebut, saya memutuskan untuk melakukan pengaduan melalui nomor call center OVO (1500 696). CS OVO meminta saya untuk menunggu 1×24 jam karena sedang terdapat gangguan. Saya tidak memiliki pilihan lain dan dengan berat hati memilih untuk menunggu hingga esok hari.

Keesokan harinya, tidak ada pulsa masuk. Dan saya berusaha untuk melakukan panggilan ke call center OVO, namun kali ini nomor call center tidak bisa dihubungi (dan sangat mungkin masuk ke kategori false-advertising yang merupakan bentuk pelanggaran pidana). Ini JELAS tidak sesuai dengan informasi yang diberikan bahwa call center dapat dihubungi 24 jam Senin-Minggu. Tanpa maksud berprasangka, hal ini jelas membuat saya merasa pihak OVO menghindari panggilan saya.

Setelah melakukan pengaduan melalui e-mail (cs@ovo.id) saya diminta mengirimkan bukti screenshot transaksi. Setelah itu saya diminta untuk menunggu 5 hari sampai proses refund selesai. Jelas tidak masuk akal dan sangat tidak beralasan. Sebagai perbandingan, saya sudah pernah 3 kali mengajukan refund ke G* *** yang terjadi karena driver tidak pick-up. Saya selalu diminta untuk menunggu 1×24 jam. Namun proses selalu selesai dalam waktu tidak lebih lama dari 6 jam. 5×24 jam sungguh hal yang konyol dan terkesan OVO bermaksud untuk menahan dana saya. TERKECUALI jika kesalahan terjadi pada sisi saya, mungkin harus terpaksa menunggu. Dalam kasus ini, kebetulan jumlah dana tertangguh adalah kecil, hanya 100.000 rupiah. Tentu saja jika terjadi pada dana yang lebih besar, masalah seperti ini tidak akan selesai melalui e-mail CS.

Saya merasa sangat dirugikan atas perlakuan OVO terhadap saya, sebagai customer yang cukup aktif menggunakan OVO dengan balance yang cukup tinggi. BUKAN merupakan besar kecilnya nilai transaksi, namun ini merupakan perlakuan yang jelas sangat tidak layak terhadap pelanggan. Saat saya menuliskan surat ini, pihak OVO sudah tidak menindaklanjuti ataupun membalas e-mail saya. Saya harap akan ada respon atas surat ini sebelum saya meneruskan hal ini ke jalur lain.

Harlin
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai OVO:
[Penilaian Rata-rata: 4]
Tanggapan OVO atas Surat Pembaca Bapak Ismail Harlin

Dengan hormat, Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Bapak Ismail saat melakukan transaksi pembelian pulsa dengan aplikasi OVO....
Baca Selengkapnya

Tentang Penulis
Ismail Rizky Harlin  

https://www.linkedin.com/in/mayharlin/

2 komentar untuk “Penundaan Refund dan Informasi Palsu OVO

  • 6 Agustus 2019 - (19:36 WIB)
    Selamat malam, barusan pihak OVO menelepon saya dan menjelaskan bahwa permasalahan sudah selesai dan refund sudah berhasil diterima.

    Sebetulnya saya sudah mencoba menghubungi pihak OVO melalui e-mail dan call center CS sejak pagi hingga siang hari namun tidak ada respon yang berarti, apalagi memuaskan.

    Akan tetapi, pukul 6 tadi pihak OVO sendiri yang menelepon saya dan menjelaskan masalah sudah terverifikasi dan selesai.

    Terima kasih MediaKonsumen.com dan OVO.

  • 14 Agustus 2019 - (23:56 WIB)
    Ternyata bukan saya saja yang kesulitan menghubungi cs ovo via telepon. Jam 12 malam pernah saya coba. Dini hari juga. Sibuk terus. Apa terlalu banyak masalah sehingga no cs nya sibuk terus? Cs institusi lainnya walaupun sibuk tapi tetap bisa dihubungi. Kalau ovo ini benar-benar mengecewakan karena dalam seminggu tidak kunjung terhubung ke cs nya entah dini hari, pagi, siang,sore dan malam bunyi tut..tut..tut… terus.

 Apa Komentar Anda mengenai OVO?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Penundaan Refund dan Informasi Palsu OVO

Ismail Harlin 1 menit
2