Akun BukaDompet Dibekukan, Tidak Ada Penyelesaian dari Pihak Bukalapak

Saya merupakan pelapak dari Bukalapak di kota Medan dan sudah sering melakukan transaksi. Namun pada tanggal 1 Agustus 2019 pada pukul 09.00 WIB ketika saya mau melakukan penarikan dana ke rekening BCA saya seperti biasanya, saya menunggu sampai pukul 3 sore dana tersebut tidak masuk ke rekening saya. Oleh karena itu saya kembali melakukan pengecekan melalui aplikasi Bukalapak saya dan ternyata ketika saya buka, akun BukaDompet saya telah dibekukan dan saya tidak bisa melakukan penarikan. Toko juga dalam status moderasi.

Karena itu saya menghubungi CS Bukalapak, tapi tidak ada tanggung jawab dari CS tersebut, hanya sekedar merespon bahwasannya akan dicek oleh pihak terkait dan saya disuruh menunggu 4×24 jam. Keesokan harinya saya menghubungi lagi dan tetap sama saja, saya disuruh membalas segala email dari Bukalapak serta melampirkan bukti-bukti yang ada. Dan saya pun melakukan itu. Namun tidak ada tanggapan lebih lanjut hanya “akan kami cek lagi dengan tim fraud dan pihak terkait”.

Tanggal 3 Agustus 2019 saya kembali bertanya dengan CS Bukalapak, dalam satu hari itu saya menghubungi sampai 6 kali dan akhirnya tim fraud Bukalapak sendiri yang menghubungi saya dan saya diminta keterangan dan kejujuran saya. Pihak Bukalapak menuduh saya melakukan kecurangan satu transaksi yang dicurigai nomor transaksi #192291655768 (bukti foto akan saya lampirkan). Padahal memang pembeli tersebut adalah langganan saya.

Sampai pada akhirnya tim fraud memberitahu akan dievaluasi kembali dan menunggu hingga hari Selasa pada tanggal 6 Agustus 2019. Saya hubungi kembali kemarin, tapi tidak ada jawaban hanya “kami akan melakukan pengecekan kembali”. Tepat pukul 14.12 tim fraud kembali email dan dengan sepihak Bukalapak menutup kasus tersebut. Ketika saya menghubungi dan minta kejelasan kembali oleh CS, CS mengatakan bahwa kasus saya belum ditutup. Jadi saya bingung seolah-olah tidak ada tanggung jawab dan profesionalitas di perusahaan e-commerce Bukalapak. Tidak seperti e-commerce sebelah.

Surat ini saya tujukan kepada pihak terkait agar masalah saya dapat diselesaikan, berhubung dana saya di dalam itu di atas 30 juta rupiah. Pihak Bukalapak tidak seharusnya melakukan keputusan sepihak dengan seenaknya saja. Bagaimana kalau dalam sehari kalian melakukan itu ke sepuluh pelapak saja. Berapa keuntungan yang akan didapatkan? Nama lapak saya: ferdinan_tonil99, nomor hp: 0831790132**. Segala bukti akan saya lampirkan termasuk konfirmasi saya dengan pelanggan.

Joni
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 1.9]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

12 komentar untuk “Akun BukaDompet Dibekukan, Tidak Ada Penyelesaian dari Pihak Bukalapak

  • 7 Agustus 2019 - (15:22 WIB)
    Wah bertambah lagi kasusnya.. hebat sekali dalam seminggu sudah banyak surat pembaca tentang Bukalapak..
    Semoga cepat viral kasus-kasus yang ada, biar tim Bukalapak tidak seenaknya saja..
    • 8 Agustus 2019 - (13:00 WIB)
      Saya dudah dihubungi sama tim fraud jg masih gak ada kepastian bro seakan2 uang kita mau di telan bulat2 tanpa ada penyelesaian
      • 8 Agustus 2019 - (14:26 WIB)
        kalau Bapak , tidak ada melanggar kebijakan bukalapak, santai saja pak. Tenang saja, pasti selesai tuh masalahnya. Hanya butuh waktu saja. Berbeda kalau seandainya memang bapak melakukan tindakan “fraud”.
  • 8 Agustus 2019 - (09:07 WIB)
    selamat pagi pak, saya juga mengalami hal yang sama, saya sudah sejak tanggal 31 Juli 2019, saya malah sudah di suruh menunggu 4×24 jam bukti2 dan lampiran telah saya kirimkan lengkap dengan kronologis sesuai dengan email arahan dari Bukalapak, namun barusan saja saya tlpn (08 Agustus 2019) saya dihimbau agar menunggu kembali 4×24 jam.. padahal per hari ini sudah 9 hari atau 7 hari kerja (dikurangi hari sabtu minggu) Bukadompet saya dibekukan, dan belum ada penyelesaian dan solusi baiknya bagaimana dan seperti apa. kalau bapak bagaimana?
    • 8 Agustus 2019 - (09:11 WIB)
      Dana yg pending berapa banyak mbak? Trus alasan dibekukannya kenapa? Melihat banyaknya kasus serupa, sy curiga sistem Bukalapak kena hack massal, jadi penarikan dana dipending n diverifikasi satu2. 🤔
      • 8 Agustus 2019 - (09:23 WIB)
        diatas 10 juta mas, semua dokumen dan klarifikasi juga telah saya kirimkan, lagi2 saya diharuskan menunggu kembali 4×24 jam.. padahal saya sudah menunggu 9 hari lh sejak tanggal 31 Juli 2019, belum ada solusi juga, padahal saya juga telah tlpn berkali2, namun sepertinya jawabannya juga sama, saya juga perhatikan akhir2 ini banyak yang komplain serupa, alangkah lebih baiknya htim terkait bukalapak dapat segera memberikan kejelasan dan penyelesaian.
      • 8 Agustus 2019 - (13:03 WIB)
        @hartono-kangdra kalau saya liat kasus-kasus yang ada di surat pembaca ini, sepertinya pihak Bukalapak tidak mau mencairkan dana dalam nominal besar (>10 juta).. Mereka hanya mau mencairkan dana dalam nominal kecil (<10 juta)…

        Tanya kenapa?

        • 8 Agustus 2019 - (14:39 WIB)
          berdasarkan info dari CS ya sih, karena pembaharuan sistem itu ternyata belum kelar. sehingga Bukalapaknya saat mengirimkan permintaan pencairan ke Bank bersangkutan. Tapi bank yang bersangkutan tidak menerimanya, atau ditolak. Bisa jadi karena ada limitnya kali ya. Saat ini paling hipotesanya seperti itu.
          soalnya lancar2 saja, kalau kita mau melakukan pencairan di bawah 10 juta lah.
          jadi saat melewati batas limit, iya terjadi pending terus.
          saya mencoba sebanyak 3 kali diatas 10 jutaan, gagal terus. Tapi berhasil terus kalau dicairkan dibawah 10 jutaan. Bahkan cepat saja cairnya, nggak nunggu 1x24jam.

          ada 2 kemungkinan kenapa akun dibekukan.
          1. mencegah pencairan dengan nilai besar dalam sekali pencairan.
          2. memang akunnya melanggar kebijakan Bukalapak.

          kalau kita memang tidak ada melanggar kebijakan, maka kita bisa santai saja. Jangan khawatirlah, paling tinggal nunggu giliran saja, kasus kita diproses.
          karena pasti begitu banyak kasus yang sedang diproses dan diinvestigasi.
          Bisa dilihat, ini yang muncul di media konsumen saja lho. Banyak kok yang tidak muncul karena tidak tau ada sarana media konsumen.

    • 8 Agustus 2019 - (12:51 WIB)
      Sama kak, saya sendiri sudah capek hubungi bukalapak,jawabannya selalu sama gak ada kepastian email dr tim fraud uda di balas jg gak ada kabar sudah saya ceritakan di email sama via phone kepada tim fraud disuruh tgg 4Ă—24jam ditlp lg disuruh tgg 1Ă—24, dan ditlp lg disuruh tgg 4Ă—24jam,terakhir saya hub cs bukalapak tanya kepastian kpn diblg gak bs estimasi brapa lama hancur kali bukalapak
  • 8 Agustus 2019 - (12:19 WIB)
    , bisa saja sih. Tapi kecurigaan itu bisa dipatahkan dengan, kenapa bila dicairkan di bawah nominal 10 juta, lancar2 saja?

    , sabar bu. Menurut hemat saya, karena banyaknya komplain yang masuk, dan harus diinvestigasi satu-satu. Jelas butuh waktu, ibu jangan panikan. Biasanya uang itu pasti bisa kembali lagi ke ibu, hanya waktunya saja yang mungkin akan lebih lama.

  • 13 Agustus 2019 - (16:55 WIB)
    Akun Bukadompet saya juga dibekukan sejak tanggal 1 agustus 2019 oleh pihak bukalapak dengan alasan telah berkomunikasi / chat dengan Akun Pembajak yg mengatasnamakan Bukalapak ,di hari itu juga Akun pembajak tersebut sudah dinonaktifkan oleh Tim Bukalapak atas dasar indikasi penipuan.
    saya sudah berkali2 Komplain via bukabantuan, sudah sering telp call centre, sudah upload data2 yg diminta BL, tapi hingga kini tgl 13 agustus belum ada kepastian kapan Bukadompet akan diaktifkan kembali.. mengecewakan sekali pelayanan Bukalapak…
  • 14 Agustus 2019 - (00:37 WIB)
    Saya adalah buyer & Seller sejak Januari 2015 baru mengalami hal seperti ini…

    Akun Bukadompet saya juga dibekukan sejak tanggal 1 agustus 2019 oleh pihak bukalapak dengan alasan telah berkomunikasi / chat dengan Akun Pembajak yg mengatasnamakan Bukalapak ,di hari itu juga Akun pembajak tersebut sudah dinonaktifkan oleh Tim Bukalapak atas dasar indikasi penipuan… Harusnya masalah sudah terselesaikan karena akun saya pun tidak mengalami perubahan & Bukadompetnya pun masih sama jumlahnya.. tetapi tetap akun bukadompet saya dibekukan..

    saya sudah berkali2 ganti password, Komplain via bukabantuan, sudah sering telp call centre, sudah upload semua data2 yg diminta BL, tapi hingga kini tgl 14 agustus belum ada kepastian kapan Bukadompet akan diaktifkan kembali.. mengecewakan sekali pelayanan Bukalapak…

    Mohon kepada pihak Bukalapak untuk segera mengaktifkan kembali bukadompet saya karena saya sangat memerlukan dana tersebut . Sejak tanggal 1 agustus 2019 hingga saat ini ada beberapa transaksi penjualan yang masuk ke bukadompet saya, semakin lama bukadompet dibekukan semakin merugikan saya sebagai Seller & semakin banyak dana saya yang tertahan di bukadompet…

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Akun BukaDompet Dibekukan, Tidak Ada Penyelesaian dari Pihak Bukalapak…

Joni Joni 1 menit
12