Tempat Fitness Bull Gym Apartemen Mitra Sunter Tutup, Status Member Digantung dan Uang Iuran Belum Dikembalikan

Awalnya tertarik dengan brosur yang diberikan oleh karyawan bull gym yang membagi di daerah rukan kantor tempat saya bekerja. Setelah dilihat ternyata lokasi GYM ada di tepat di seberang kantor saya di Apartemen Mitra Sunter. Singkat cerita saya masuk daftar sebagai member selama 1 tahun dengan membayar sebesar Rp2,000,000 (dua juta rupiah). Dengan membayar Rp2 juta untuk 1 tahun, saya dan kurang lebih 10 orang member baru yang kebanyakan adalah penghuni Apartemen Mitra Sunter dan sekitarnya mendapatkan 2 bulan free membership, jadi baru akan dihitung aktif member pada bulan Maret 2019 sampai dengan Maret 2020.

Di tengah-tengah pembangunan tempat gym yang belum selesai, kami mulai masuk kelas senam 3 kali seminggu (Senin, Rabu dan Jumat). Awalnya aktif setiap minggu di bulan Januari sampai dengan Februari 2019, kelas lancar, namun tidak heran, karena statusnya masih FREE, kelas penuh karena banyak orang-orang yang mencoba dulu ikut kelas (pihak Bull Gym masih mencari member baru).

Masuk di Maret, lokasi tempat fitness belum juga selesai (malah sepertinya tidak ada rencana diselesaikan) sesimpel toilet yang masih rusak belum direhab dan kondisi kolam renang apartemen yang rencananya akan dimasukkan dalam salah satu sarana gym belum juga ada tanda-tanda akan dibersihkan supaya layak pakai.

Di bulan Maret 2019, kelas ada namun sering kali instruktur tidak hadir yang membuat kelas tidak batal, oleh pengurus gym (Mas Rudi) waktu itu sering diinfokan, kelas kosong tidak ada instruktur berhalangan hadir namun masih boleh memakai alat. FYI, alatnya hanya 1 treadmill, 1 buah sepeda static, 1 buah alat treadmill dengan tongkat, 1 buah alat sit up dan beberapa dumbel berat. Untuk mengakomodasi 10 orang member dalam waktu yang bersamaan, malah jadi tidak efisien karena harus bergantian.

Sampai dengan bulan April kelas mulai sering libur, dan keadaan tempat fitness makin tidak terawat malah ada beberapa orang yang bukan member sembarang bebas masuk tempat gym dan memakai alat. Saya pribadi memang sudah jarang ikut karena kesibukan, hanya dengar dari member yang aktif datang yang menginformasikan ke saya bahwa tempat fitness sudah “auto pilot” tidak ada yang menjaga. Bahkan pengurus gym  Mas Rudi) sudah sebulan tidak masuk untuk menjaga tempat gym, hanya satpam yang dititipkan kunci supaya nanti kalau ada member yang mau memakai alat bisa masuk sendiri untuk olahraga.

Bulan Mei 2019 bertepatan dengan bulan puasa, ada wasap informasi dari Mas Rudi (pengurus gym) yang memberitahukan bahwa kelas dan gym diliburkan sampai pemberitahuan berikutnya. Di sini sudah terlihat aneh, normalnya biarpun bulan puasa, aktifitas gym tetap jalan hanya mungkin yang berminat saja, tapi di sini langsung dinfokan libur sampai habis lebaran baru kita member Bull Gym di group whatsapp kami yang menanyakan apakah sudah mulai kelas lagi, dijawab oleh Mas Rudi “ belum, sampai pemberitahuan selanjutnya.”

Juni 2019, setelah lebaran pun masih belum ada kejelasan untuk kapan aktifnya tempat fitness Bull Gym, di bulan Juni ini mas Rudi pengurus Bull gym sempat menginformasikan ke saya via whatsapp bahwa dia sudah resign tidak bekerja lagi di Bull Gym. Seterusnya status para member termasuk saya digantung tidak jelas, dan tidak ada juga dari pihak Manajemen Bull Gym yang menginformasikan tentang status member Bull Gym dan kelanjutannya.

Pihak apartemen Mitra Sunter yang saya hubungi setelah tidak ada kejelasan dari pengelola Bull Gym mencoba membantu menengahi namun di sini juga progress terasa sangat lambat. Di awal bulan Juli ada pembicaraan Pihak Apartemen Mitra Sunter akan bertemu dengan Pihak Manajemen Bull Gym, namun sering gagal bertemu. Sehingga paralel dengan status kami para member Bull Gym yang sudah 3 bulan lebih tidak mendapatkan fasilitas kelas karena tidak ada koordinasi dari pihak Bull Gym untuk me-manage kami para member.

Sampai dengan bulan Agustus ini, status member kami tidak jelas. Ada informasi memang Bull Gym di Apartemen Mitra Sunter akan ditutup, tapi tidak ada yang mencoba mengontak kami para member yang sudah membayar penuh iuran selama 1 tahun. Hanya pihak apartemen yang mencoba mendata. Di sini saya sangat kecewa dan cenderung merasa TERTIPU yang seharusnya pihak Bull Gym yang mengontak, tapi tidak ada satu pun orang Bull Gym yang mencoba menghubungi kami dan mengurus pengembalian uang iuran yang kami inginkan untuk dikembalikan dikarenakan pihak Bull Gym yang memutuskan operasional sepihak. Sehingga seharusnya ada pengembalian uang pendaftaran dan iuran para member yang dikembalikan.

Sampai saat ini dapat kabar hanya pihak Apartemen Mitra Sunter dan Pihak Bull Gym yang bulak balik menjadwalkan pertemuan untuk membahas sewa menyewa dan tunggakan Bull Gym yang belum dibayar ke pihak Apartemen, sementara kita-kita member dengan segala kerugiannya menjadi member namun tidak diberikan yang menjadi hak? Wallahualam.

Saya meminta untuk Pihak Manajemen Bull Gym untuk menyelesaikan urusan dengan para member Bull Gym Apartemen Mitra Sunter yang terbengkalai untuk segera dikembalikan uang iuran member 1 tahun yang seharusnya memberikan fasilitas dan servis namun tidak terjadi. Mohon untuk dilakukan segera. Saya mewakili semua member Bull Gym Apartemen Mitra Sunter meminta untuk pihak Bull GYm segera meraih dan kontak kami. Data lengkap kami ada di pengelola Apartemen Mitra Sunter, tinggal menunggu niat baik pihak Manajemen Bull Gym Indonesia.

Rida Adjie
Rukan Mitra Sunter
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: