Akun Gmail Saya Diretas Orang yang Tidak Bertanggung Jawab

Bermula hari hari selasa, 06 Agustus 2019 saya melihat kotak masuk di email saya yemima.lastarida@gmail.com dari BukaBantuan Bukalapak yang mengajukan pergantian nomor hp akun Bukalapak menjadi nomor 081382250933 sambil melampirkan transaksi terakhir saya, KTP saya dan buku tabungan BNI yang bukan milik saya. Buku tabungan itu atas nama ANISA NUR MULIA. Saya merasa curiga atas email tersebut, lalu saya membuka akun Bukalapak saya, ternyata akun Bukalapak saya sudah dibobol pelaku karena di chat pusat bantuan di Bukalapak ada chat si pelaku kepada Bukalapak.

Kemudian saya mengkonfirmasi pihak Bukalapak agar pengajuan pergantian nomor dibatalkan. Setelah itu saya kembali lagi melihat email saya tersebut dan hendak mengubah sandi dan melakukan pemulihan email, ternyata si pelaku sudah mengganti sandi, alamat email pemulihan dan nomor telepon. Saya sudah mencoba berulang kali, tetapi hasilnya nihil. Perangkat yang digunakan si pelaku Oppo F11.

Nah yang saya khawatirkan di email tersebut ada beruba data pribadi saya berupa KTP, CV, ijazah dll karena email tersebut saya pergunakan untuk mencari kerja via email. Saya takut data saya dipergunakan pelaku untuk melakukan transaksi yang mencurigakan seperti peminjaman online, belanja atau apalah yang merusak nama saya karena memakai data diri saya.

Saya mohon kepada semua peminjaman online baik yang terdaftar di OJK maupun tidak seperti Home Credit, Kredivo, KreditPintar, DoctorPintar dll jika ada pengajuan atas nama saya, jangan meng-approve pengajuan tersebut karena bukan saya yang mengajukannya, tetapi si pelaku.

Dan saya juga mohon kepada semua pihak merchant online Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Traveloka, dll jangan meng-approve pengajuan tersebut karena data saya sedang disalahgunakan orang lain. Saya mohon kepada seluruh pihak dapat membantu saya mengatasinya, bagaimana cara melaporkan kejadian ini kepada pihak berwajib, OJK ataupun BI karena saya memiliki bukti akun saya dibajak. Thanks.

Yemima Lastarida L
Medan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Penilaian Rata-rata: 2.6]
Tanggapan Kredit Pintar atas Surat Ibu Yemima Lestarida

Kepada Yth. Ibu Yemima Lestarida, Menanggapi surat Ibu Yemima melalui Website www.mediakonsumen.com pada tanggal 13 Agustus 2019 berjudul “Akun Gmail Saya...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Akun Gmail Saya Diretas Orang yang Tidak Bertanggung Jawab

  • 13 Agustus 2019 - (10:19 WIB)
    Kalo memang isi emailnya banyak data penting, harus coba dipulihkan lagi ke Googlenya. Sementara itu akun2 di berbagai fintech n e-commercenya harus cepet2 kontak ke mereka supaya dibekukan dulu, sebelum terlambat. Soalnya skrg akun2 tsb bisa login pake akun Google jg. Mending kalo mereka pake OTP, kalo enggak? 😱
  • 13 Agustus 2019 - (11:53 WIB)
    Bagaimana cara menghubungi pihak finteck n e-commerce lainnya? Apa bisa di tag dari sini biar mereka bisa melihat nya juga? Bagaiman kita mengetahui data diri kitasudah dipakai orang lain karena waktu saya mengajukan cc bulan lalu, pihak cc bilang nama saya bermasalah di dukcapi? Thanks

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Akun Gmail Saya Diretas Orang yang Tidak Bertanggung Jawab

Try Dya 1 menit
4