Refund Dana dari JD.ID Tidak Kunjung Diterima

Saya melakukan pembelian barang di JD id pada tanggal 21 Juli 2019 senilai Rp 280.000. Karena sesuatu hal, saya membatalkan pembelian barang tersebut di hari yang sama. Sesuai dengan kebijakan pengembalian, seharusnya pihak JD.ID mengembalikan dana saya dalam 7-14 hari kerja. Saya melakukan pembayaran menggunakan VCN CIMB Niaga. Saya mengecek status pesanan saya adalah sudah terbatalkan dan menunggu proses pengembalian dana.

Pada tanggal 5 Agustus 2019, saya menelepon call center JD.ID untuk menanyakan perihal refund saya yang hingga tanggal tersebut belum saya terima, namun dari pihak call center hanya bisa menyarankan untuk menunggu, karena belum tiba batas 14 hari kerja, dan berjanji bahwa dana akan diterima pada 9 Agustus 2019.

Saya ragu, karena saya menggunakan VCN, saya tidak yakin bahwa pihak JD.ID bisa mengembalikan tanpa data nomor rekening saya, namun saya tetap menunggu hingga tanggal 9 Agustus 2019.

Tanggal 9 Agustus 2019, saya kembali menghubungi call center JD.ID untuk menanyakan mengapa hingga tenggat waktu tersebut, dana saya masih belum masuk ke rekening saya. Jawaban dari call center adalah dana tersebut sudah diproses kembali ke rekening saya, kemungkinan besar dana tersebut masih dipending dari pihak Bank CIMB saya sehingga pihak call center menyuruh saya untuk komplain ke CIMB.

Masih di tanggal yang sama, saya menghubungi pihak Bank CIMB, mencari apakah dana saya memang terpending di CIMB. Dari pihak CIMB memninta saya untuk mengirimkan bukti dari JD.ID bahwa telah melakukan refund dana ke CIMB.

Akhirnya saya kembali menghubungi JD.ID untuk meminta bukti tersebut, dan saya diarahkan untuk melakukannya via e-mail saja. Namun hingga tanggal 14 Agustus 2019, saya belum menerima bukti dari JD.ID maupun pengembalian dana saya.

Mohon agar pihak JD.ID segera mengembalikan dana saya. Saya kapok sekali berbelanja di JD.ID, karena pengalaman refund dengan situs online lainnya tidak sesulit dan selama ini. Entah sudah berapa banyak biaya yang saya habiskan hanya untuk menelepon call center yang hanya bisa memberi jawaban: “Mohon ditunggu untuk prosesnya”.

Semoga menjadi pelajaran bagi yang lain, apabila melakukan pembelian di JD.ID mungkin sebaiknya menggunakan metode COD, sehingga apabila berubah pikiran ataupun barang tidak sesuai dengan harapan, customer tidak perlu mengalami prosea refund dana yang berbelit seperti ini.

Terima kasih.

Anindita
Semarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Ibu Anindita

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Ibu Anindita pada 14 Agustus 2019 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dibutuhkan kesabaran yang sangat besar untuk proses ini.. Karena terdapat perbedaan mendasar dalam proses pengembalian dana. Jika bentuk fisik kartu (CC) maka pemberitahuan pengembalian dana, otomatis akan muncul dan tercetak pada lembar tagihan di bulan berikutnya. Namun untuk VCC (credit card virtual bukan berbentuk kartu fisik, hanya dapat dilihat melalui komputer), proses pengembalian dana-nya tidak secara langsung atau otomatis muncul (tercetak) dalam rekening bank selama pihak bank belum memperoleh pengaduan secara tertulis. (meski secara waktu, sudah memasuki bulan-bulan berikutnya).
    Oleh karena adanya aturan baku tersebut (khusus untuk VCC), maka proses pengembalian dana ke dalam rekening bank, harus dilakukan secara MANUAL melalui proses pengisian form (berbentuk blangko pengaduan; harus dan wajib diisi), dilampirkan juga lembar BUKTI (biasanya dimasukkan ke dalam file PDF atau bisa berbentuk file hasil scan-scan-nan berakhiran PNG) hasil cetak yang menunjukkan bahwa pengembalian dana telah ditransfer ke nomor VCC terkait (yang telah terdebet). Setelah berkas lengkap, maka bank penerbit kartu VCC, baru dapat me-mulai proses pengaduan pengembalian dana itu. Untuk lama proses-nya, umumnya diperlukan waktu tunggu hingga dua bulan, dikarenakan antrian proses yang begitu panjang. Masih ber-untung belanjanya tidak ke merchant (toko online) di luar negri.. Saya pernah mengalami hal yang serupa, dan menunggu-nya-pun sampai 5 bulan, baru dana bisa balik ke rekening.. Yang pasti, pihak bank selalu mengusahakan pengembalian dana ke rekening nasabah-nya.