e-Voucher dari Bank DBS Tidak Bisa Digunakan di Blibli.com

Pada tanggal 11 Juni saya menerima SMS dari DBSInd dengan isi sebagai berikut (gambar terlampir):

“Dapatkan eVoucher Blibli s/d Rp300rb.Cukup Gunakan Kartu Kredit digibank Anda yg diakhiri 1234.Periode 15May s/d16Jun19.S&K berlaku.Info go.dbs.com/id-revoucher”

Kebetulan memang kartu kredit (KK) DBS tersebut secara rutin biasa saya pakai untuk pembayaran berbagai tagihan bulanan via marketplace online (alasannya tentu saja untuk mendapatkan promo cashback dsb). Sehingga kemudian saya gunakan saja KK tersebut seperti biasanya, untuk membayar tagihan rutin bulanan maupun juga kadang untuk melakukan pembelian yang memang dibutuhkan.

Tanggal 15 Juli saya menerima SMS dari DBSInd sebagai berikut (gambar terlampir):

Selamat! Anda Dpt eVoucher BliBli Rp84050 kode DBS4-abcdefghi. Gunakan di BliBli.com min Rp84050+Rp1 dengan KK digibank Anda s/d 12Aug19.S&K berlaku.

Pada tanggal 8 Agustus saya mencoba menggunakan eVoucher tersebut ketika melakukan pembayaran tagihan TV berlangganan dengan nominal > 100 ribu. Ternyata hasilnya adalah pesan (screenshot terlampir) “Maaf, kode voucher yang Anda masukkan sudah kedaluwarsa. Silakan cek syarat & ketentuan voucher.”

Saya cek syarat & ketentuannya (gambar terlampir), tertulis: “8. eVoucher dapat digunakan untuk semua produk di BliBli.com.”

Malah, kalau saya mau protes, eVoucher saya berlaku kurang dari 1 bulan (jadi tidak sesuai dengan butir ke-5). Dan tentu saja KK saya masih berfungsi normal, karena kemudian saya gunakan untuk membayar tagihan TV berlangganan tersebut via marketplace sebelah (yang nominal promonya lebih besar dibanding di Blibli.com apabila saya tidak menggunakan eVoucher tadi).

Syukurlah, sejak semula saya memandang promo janji memberikan eVoucher tersebut hanya sebagai bonus saja, karena tagihan rutin bulanan memang harus selalu dibayar, tidak peduli ada promo ataupun tidak. Dan saya juga (untungnya) tidak melakukan pembelanjaan yang tidak esensial “hanya demi janji memperoleh eVoucher” tersebut. Dengan demikian, saya putuskan untuk tidak menghabiskan pikiran, waktu, maupun tenaga untuk “mengurus” hal ini kepada pihak-pihak yang terkait.

Saya bagikan pengalaman saya di sini sebagai informasi terutama bagi nasabah bank maupun KK terkait, supaya bisa lebih berhati-hati & tidak mudah tergiur dengan janji-janji surga promo yang diberikan, karena kadang-kadang kenyataan yang terjadi tidak seindah janjinya.

Samuel Wijaya
Malang – Jawa Timur


Update: Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari Bank DBS Indonesia pada tanggal 29 Agustus 2019 sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Promo Bank DBS di Blibli.com:
[Penilaian Rata-rata: 3]
Tanggapan Blibli.com untuk Bapak Samuel Wijaya

Pertama-tama kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak Samuel bertransaksi di Blibli.com dan kami telah melakukan investigasi sistem terhadap kendala...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “e-Voucher dari Bank DBS Tidak Bisa Digunakan di Blibli.com

  • 19 Agustus 2019 - (11:18 WIB)
    Update terakhir:
    Pihak Blibli.com telah berinisiatif mengkontak saya (sementara pihak DBS bersikap “a**ing menggonggong kafilah tetap berlalu”) & memberikan kode voucher yang baru, yang kemudian telah saya pakai dengan sukses.

    Terima kasih atas respon yang cepat & baik dari Blibli.com. Semoga kualitas CS dari Blibli.com dapat semakin ditingkatkan sehingga konsumen dapat semakin tertarik untuk menggunakan Blibli.com dalam aktivitas online-nya.

  • 26 Agustus 2019 - (13:33 WIB)
    Update tentang respon dari DBS:

    Pada hari ini, tanggal 26 Agustus pukul 11:57 saya menerima e-mail dari DBS dengan isi yang kurang lebih sama dengan info yang telah diberikan oleh Blibli.com JAUH SEBELUMNYA, yaitu bahwa saya mendapatkan tenggang waktu hingga 27 Agustus (1 hari berikutnya bo…) untuk menggunakan voucher diskon yang baru.

    E-mail tersebut juga menyatakan bahwa DBS telah berusaha menelepon saya namun tidak berhasil berbicara dengan saya.
    Boleh saya sampaikan di sini, saya “mengabaikan” telepon dari DBS tersebut sedikit banyak ada andil dari kelakuan telemarketer DBS sendiri, sehingga ketika DBS menelepon (dengan nomor2 yang tentunya unknown/tidak tercatat di contact/phonebook saya) maka app caller-id saya mengidentifikasikan nomor DBS tersebut sebagai spam (hasil analisa app tersebut maupun juga hasil rangkuman submission dari para user-nya). Dan kebetulan saya juga cukup sibuk dengan urusan pekerjaan saya sehari-hari, sehingga telepon “spam” tersebut tidak saya layani.

    Lagipula, kalau saya cek call-log yang ada, kelihatannya DBS pertama kali menelepon saya sekitar tanggal 23 Agustus, cukup mepet/dekat juga dengan expiry-date voucher tersebut di atas.

    Kesimpulannya: dalam hal ini Blibli.com jauh lebih tanggap/responsif dibanding DBS.

    Akhir kata, dengan ini saya nyatakan bahwa SP ini telah mendapatkan tanggapan dari semua pihak yang terkait, & saya telah diberikan solusi yang memuaskan.
    Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menyediakan sarana bagi konsumen untuk memperoleh tanggapan yang cepat & tepat dari pihak penyedia layanan.

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Bank DBS di Blibli.com?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

e-Voucher dari Bank DBS Tidak Bisa Digunakan di Blibli.com

Samuel Wijaya 1 menit
4