Proses Pengembalian Barang Menggantung di Bukalapak

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Tepatnya 31 Juli 2019 saya melakukan komplain barang di Bukalapak berupa Battery Laptop kepada pelapak, karena battery tersebut tidak bisa digunakan. Saya test menggunakan beberapa battery milik konsumen saya semua normal, sedangkan Battery yang dikirimkan oleh pelapak kondisi bermasalah. Akhirnya saya memutuskan untuk komplain ke Pihak Bukalapak karena biasanya tidak akan memakan waktu yang lama.

Setelah saya mengajukan komplain, seperti biasa saya membuat beberapa bukti video dan foto untuk memperkuat bahwa saya mendapatkan barang yang bermasalah. Pihak pelapak tidak respon ketika komplain saya buat di fitur Bukalapak. Akhirnya admin memberi konfirmasi untuk mengirim alamat ke kantor Bukalapak, karena pelapak tidak mengirimkan alamat retur.

Singkat cerita, saya kirimkan battery tersebut ke kantor Bukalapak.

Hari demi hari saya tunggu, hingga akhirnya battery tersebut sampai di kantor bukalapak, tepat pada tanggal 7 Agustus 2019. Bisa dilihat rentang waktu dari 31 Juli sampai 7 Agustus sudah memakan waktu berapa hari?

Tanggal 8 Agustus 2019, Admin Bukalapak merespon dengan isi sebagai berikut:

Hai Pembeli,

Admin cek resi pengiriman barang retur dari kamu 620390034996619 telah tiba di kantor Bukalapak. Saat ini, barang retur tersebut masih berada di resepsionis. Mohon menunggu hingga barang diteruskan kepada tim terkait untuk dilakukan pengecekan. Admin akan menginformasikan kelanjutannya apabila barang tersebut sudah selesai dilakukan pengecekan.

Terima Kasih atas perhatiannya.

Lalu ada respon lagi seperti di atas. Hari berikutnya, saya konfirmasi lagi. Namun ternyata sampai tanggal 16 Agustus 2019 belum ada respon dari Pihak Bukalapak.

Langkah yang sudah saya lakukan:

  • Konfirmasi ke Pelapak, tapi tidak ada tanggapan.
  • Konfirmasi via live chat, malah diblokir. Saya tidak bisa menggunakan fitur live chat.
  • Konfirmasi via email, mungkin sekitar 4 kali, direspon dengan kata-kata yang sama.

Hingga akhirnya saya mendapatkan situs Media Konsumen ini. Mudah-mudahan setelah surat ini dibaca oleh Pihak Bukalapak masalah ini teratasi.

Terima kasih.

Mohammad Sholeh
Purwakarta, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Mohammad Sholeh

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Proses Pengembalian Barang Menggantung di Bukalapak

 Apa Komentar Anda mengenai Pengembalian Barang di Bukalapak?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Proses Pengembalian Barang Menggantung di Bukalapak

oleh Sholeh dibaca dalam: 1 menit
3