Akun Kredivo Saya Dibobol, Sampai Saat Ini Belum Mendapat Penjelasan dari Kredivo.

Pada Rabu tanggal 14 Agustus 2019 sekitar pukul 4 pagi saya mendapatkan pemberitahuan di email saya dari Kredivo perihal adanya login ke akun saya yang tidak dilakukan oleh saya. Email itu masuk sekitar pukul 01.26 WIB dini hari yang mana isinya adalah bahwa akun saya baru saja login dengan Perangkat Xiomi Redmi Note 7. Setelah email pemberitahuan tersebut saya langsung mengecek akun Kredivo saya, dan apa yang saya lihat adalah bahwa nomer akun Kredivo saya sudah berubah menjadi 083149512856. Kemudian saya melihat ke daftar transaksi dan saya menemukan terlah terjadi 3 transaksi yang dilakukan oleh oknum tersebut. Tanpa OTP yang seharusnya saya terima terlebih dahulu sebagai persetujuan transaksi.

Transaksi tersebut dilakukannya untuk pembelian pulsa Telkomsel di nomor 081214746294 seharga Rp 200 ribu sebanyak dua kali dan Rp 150 ribu satu kali. Mengetahui hal tersebut saya menghubungi kontak support Kredivo yang ada di aplikasi pada pukul 9 pagi pada tanggal 14 Agustus 2019. Pihak Kredivo menanyakan data lengkap saya seperti nama, tempat tanggal lahir beserta nomor telpon saya pada saat saya melakukan pendaftaran. Kemudian pertanyaannya dilanjutkan apakah saya ada memberitahukan mengenai data saya ke pihak lain, lalu saya jawab tidak pernah.

Kemudian saya menjelaskan kronologi bahwa akun saya di-hack oleh oknum yang tidak bertanggung jawab mulai dari nomor akun saya sudah berubah, dan adanya 3 transaksi pembelian pulsa Telkomsel yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. Saya juga meminta agar pelaporan saya ini agar segera diproses secepatnya, karena di sini saya merasa dirugikan. Pihak Kredivo mengatakan akan membuat laporan saya tersebut dan saya disuruh menunggu proses hingga 90 hari kerja. Mendengar harus menunggu hasil prosesnya mencapai 90 hari kerja, saya kaget dan langsung menanyakan mengenai tagihan transaksi yang dilakukan oleh oknum tersebut dengan masa tenor hanya 30 hari. Karena menurut saya otomatis tagihan tersebut sudah melebihi masa tenornya dan saya pasti akan ditagih oleh team penagih.

Selanjutnya saya juga melakukan kontak support melalui chat di aplikasi, dan kembali menjelaskan apa yang terjadi pada akun Kredivo saya. Namun, balasan yang saya terima sangat tidak memuaskan, saya disuruh untuk tetap harus membayar sesuai tagihan di akun saya sesuai masa tenornya yaitu 30 hari setelah pembelian. Sedangkan proses investigasi bisa mencapai 90 hari, jelas ini saya dirugikan jika memang belum ada hasil investigasi di 30 hari.

Setelah team support mendapat laporan dari saya, selanjutnya team support Kredivo langsung melakukan pemblokiran akun Kredivo saya sementara waktu. Setelah apa yang saya alami tersebut, saya menemukan fakta bahwa kasus pembololan akun di Kredivo juga dialami oleh beberapa konsumen yang dapat saya baca di rubrik surat pembaca media konsumen. Sungguh disayangkan respon dari Kredivo yang tidak tanggap dalam kasus pembololan ini, apalagi juga sudah terjadi kasus yang sama dialami oleh konsumen lain. Dan sampai hari ini tanggal 19 Agustus 2019 saya masih juga belum mendapat penjelasan dan penanganan lebih lanjut atas apa yang terjadi pada akun kredivo saya tersebut.

Saya berharap segera mendapat respon di kesempatan pertama oleh team Kredivo melalui surat pembaca yang sampaikan ini.

Salam,

Raymas Putro
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Kredivo:
[Penilaian Rata-rata: 3.2]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Raymas Putro

Di kesempatan kali ini, kami ingin menanggapi keluhan yang dibuat oleh Bapak Raymas Putro di Media Konsumen, tertanggal 20 Agustus...
Baca Selengkapnya

Tentang Penulis
Raymas Putro  

Saat ini saya bekerja sebagai public relation di sebuah instansi non pemerintah.

5 komentar untuk “Akun Kredivo Saya Dibobol, Sampai Saat Ini Belum Mendapat Penjelasan dari Kredivo.

  • 27 Agustus 2019 - (09:24 WIB)
    Hi Raymas Putro

    Maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami. Saat ini kami sudah mencoba untuk menghubungi Bapak Raymas Putro di nomor yang terdaftar tetapi tidak dapat terhubung. Mohon bantuanya untuk informasikan nomer ponsel yang terdaftar dan dapat di kirimkan ke email kami di support@kredivo.com agar kami dapat menjelaskan terkait kendala akun Kredivo yang kamu alami.

    Salam Hangat 🙂
    Tim Kredivo

  • 27 Agustus 2019 - (10:07 WIB)
    Hi Kredivo,

    Nomor saya sudah sesuai sebagaimana yang saya lampirkan kok.

    it’s oke saya akan emailkan juga.

    Regard.

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Kredivo?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Akun Kredivo Saya Dibobol, Sampai Saat Ini Belum Mendapat Penjelasan d…

Raymas Putro 2 menit
5