Surat Pembaca

BukaDompet Dibekukan, Tapi Ada Pencairan ke Rekening Tidak Dikenal. Pelapak Menderita dan Dirugikan

Pada tanggal 7 Agustus 2019, ? pembeli mengajukan komplain barang transaksi #192274609078, dengan alasan barang tidak sesuai. Padahal barang sudah diterima dan dibuka oleh pembeli.

8 Agustus 2019, Tiket #15307414 [[Bukalapak] Konfirmasi Transaksi 192274609078] berhasil dikirim. Saya diminta oleh pihak Bukalapak untuk konfirmasi ulang nomor resi dan sudah saya lampirkan. Namun hingga hari ini belum ditanggapi.

9 Agustus 2019, “Berdasarkan konfirmasi kamu maka diskusi admin tutup dengan dana diterima oleh pelapak, ya”.

Pelaporan untuk meminta pembukaan ke CS sudah berlangsung sejak 09 Agustus 2019 dengan mengirimkan data diri KTP foto (seolah-olah saya adalah fraudster).

22 Agustus 2019, saya mendapat email dari Bukalapak sebagai berikut:

” WASPADA Link Phishing !”

Hai Akun Pembajak,

Berdasarkan data yang kami miliki, Anda pernah berkomunikasi atau bertransaksi dengan NOOR FADHILLAH (https://www.bukalapak.com/u/dillah_mandan). Akun tersebut sudah dinonaktifkan oleh Tim Bukalapak atas dasar indikasi penipuan. Silakan abaikan apabila Anda menerima pesan berisi link phishing atau kontak (Nomor Telepon/BBM/WA/Line) atau diarahkan untuk transfer di luar Bukalapak atau diarahkan untuk transfer sejumlah nominal tertentu ke Bukalapak dan/atau lainnya oleh NOOR FADHILLAH.

Agar Anda terhindar dari pembajakan akun dan/atau pencurian dana kami mengimbau kepada Anda untuk tidak membuka atau melakukan login pada link tersebut atau transfer dengan cara yang diminta akun yang bersangkutan. Kami sarankan agar Anda segera melakukan Reset Password akun Bukalapak dan akun e-mail Anda jika Anda telah melakukan login pada link tersebut. “

Entah dari dasar apa akun saya disebutkan bahwa saya adalah “Akun Pembajak”. Padahal sudah sangat jelas pembeli sudah sepakat dan menutup komplain sehingga dana diteruskan ke pelapak. Tapi kenapa malah akun saya tidak bisa login dan dana penjualan yang masih dibekukan oleh Bulakapak secara sepihak masih belum dicairkan? Jika pembeli tidak sepakat tidak mungkin dana penjualan masuk ke BukaDompet saya dan dibekukan. Saya sebagai pelapak merasa amat sangat dirugikan.

Saya merasa dilecehkan oleh Bukalapak, hak konsumen kok ditahan secara sepihak? Tanpa ada kejelasan, dan setiap saya komplain selalu ditutup.

Tanggal 26 Agustus 2019, Saya mendapat email bahwa ada “Pencairan Dana dengan tiket #131330133 Berhasil”, dan yang saya semakin geram adalah nomor rekening Pencairan Dana #131330133 BUKAN nomor rekening milik saya. Apakah uang hasil penjualan saya dicuri?

Tolong manajemen Bukalapak jangan berlaku dzolim dengan kami yang modal kerjanya cuma sedikit, Anda secara tidak langsung mematikan mata pencairan kami yang hanya tergantung dari putaran uang yang ada.

Muhammad Shabri
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Pembaca Bapak Muhammad Shabri

Jakarta, 30 Agustus 2019 Kepada Yth: Pengelola Rubrik Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal: Tanggapan Surat Pembaca tanggal 28 Agustus 2019 yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Mungkin bukalapak sudah lelah, dan no rekening yang dicairanpun bukan no rekening saya. saya dapat email dari :
      Bukalapak • mail@noreply.bukalapak.com

      "Pencairan Dana #131330133 Berhasil

      Hai Akun Pembajak,

      Selamat! Pencairan dana dari BukaDompet ke rekeningmu telah berhasil dilakukan. Silakan cek rekening kamu secara berkala. Jika dana belum diterima dalam 2x24 jam kerja atau jumlah yang diterima tidak sesuai, silakan Hubungi Bukalapak dengan mencantumkan nomor tiket pencairan dananya.

      Berikut adalah detail pencairan dana. "

      • Ini lucu sekaligus mengerikan sih. Sistem mendeteksi akun dibajak, tapi masih bisa dicairin dananya bahkan dikasih selamat oleh Bukalapak. ???

    • Emang agan jual produk apa sama pembeli tsb sampe 12 jt? ? Trus itu kok ada pemotongan selisih ongkir sampe 2 jt? Sepertinya transaksinya mencurigakan.

  • Itu kelihatannya ada hacker sakti yang mengambil alih akun BL & kemudian mengganti username nya dengan "Pembajak" wkwkwk

    & hebatnya, bukan cuma sekedar membobol akun orang, tapi juga bahkan bisa membobol "lock" dompet yang dilakukan BL.

    Mantap tuh hacker-nya. Atau sebaliknya, memang security BL yang terlalu payah?
    Bisa jadi hacking ini sebabnya BL mempersulit pencairan dana akhir2 ini. Tapi yang kena getahnya (kesulitan menarik dana) malah user2 yang tidak bersalah, padahal sementara itu hacker-nya santai2 aja, SP di atas ini buktinya HAHAHAHA.

    • Hacker sangat sakti, entah semenjak kapan ibu saya menggantikan nama saya. Dari dulu nama saya MUHAMMAD SHABRI.

      beberapa menit yang lalu dapat email dari tim FRAUD BUKALAPAK ,

      CS Anti Fraud 25 (Bukabantuan)

      Aug 28, 17:31 +07

      Hi 06.WStore,

      Silakan Anda melampirkan data-data berikut:

      a. Photo bukti resi pengiriman transaksi 192274609078.
      b. Photo KTP dan buku rekening atas nama Noor Fadhillah.

      Ketentuan:

      1. Harap photo diambil secara bersamaan dalam satu photo, sertakan tulisan tangan "Bukalapak, 28 Agustus 2019" pada kertas putih yang diletakan di sebelah persyaratan.
      2. Persyaratan hanya dapat dinyatakan valid apabila telah mengikuti ketentuan.

      lebih lanjut silakan hubungi kami kembali melalui BukaBantuan.

      Terima kasih atas perhatiannya dan selamat beraktivitas :)