Surat Pembaca

Kuota Internet dan Pulsa Saya Diambil secara Diam-diam oleh Telkomsel

Tanggal 24 Agustus 2019, nomor Telkomsel saya 0812214071** masih memiliki kuota internet sekitar 1.2 GB dan pulsa sejumlah Rp4.196. Saya melakukan pengecekan sekitar pukul 16.30. Hari itu saya hanya melakukan pengecekan whatsapp dan tidak melakukan aktivitas internet yang lain. Pukul 21.30 malam, saya mendapat notifikasi sms bahwa kuota anda sudah habis dan saya diminta untuk membeli langganan paket internet yang baru. Tentu saja saya kaget, karena saya tidak dalam posisi memakai internet sama sekali. Paket data pun tidak dinyalakan. Saya pun segera melakukan pengecekan di aplikasi My Telkomsel, dan benar saja, kuota saya mendadak menjadi 0 dan pulsa saya pun juga 0.

Saya langsung menghubungi twitter Telkomsel untuk menanyakan hal ini, dan jawaban mereka sangat mengecewakan bagi saya. Mereka menjawab bahwa pemotongan pulsa sudah sesuai karena ada akses internet. Sudah saya jelaskan bahwa posisi saya saat itu sedang tidak melakukan akses internet, namun jawaban yang diberikan terus sama.

 

Yang mengecewakan lagi adalah mereka seolah menyalahkan ponsel saya. Mereka mengatakan bahwa meskipun paket data mati, namun jika terkonek ke wifi, tetap akan memotong kuota. Lho, ini info darimana ya? Sepengetahuan saya dan selama saya memakai ponsel ini bertahun-bertahun (tipe ponsel saya Samsung J3 Pro), jika tidak menyalakan paket data tentu tidak akan memotong kuota. Anehnya lagi, mereka mengatakan bahwa sejak pukul 15.55 di hari itu, kuota saya sudah terpotong karena akses internet yang banyak. Sangat bertolak belakang dengan pengecekan saya.

Karena tidak mendapat solusi yang memuaskan dari pihak Telkomsel, saya pun membuat surat di Media Konsumen. Harapan saya mereka mau mengembalikan kuota dan pulsa saya yang telah mereka ambil diam-diam ini. Saya sudah menjadi pelanggan Telkomsel selama bertahun-tahun, tapi inikah balasan yang saya dapat?

Shiela Hartiningtyas
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Ah palsu loh admin Telkomsel. Sok² nawarin solusi, tapi ujung²nya gak ada kompensasi. Trus bilang penggunaan sesuai. Aku juga kena soalnya, payah lu Telkomsel.

  • Hampir semua operator begitu.. solusinya pengguna dituntut untuk lebih giat belajar mengakali billing mereka, seperti menggunakan tunneling agar bisa akses gratis aja...silahkan cari komunitas phreaker / gretongan terdekat :D

  • Ya begitulah mereka. Saya instal aplikasi monitoring data internet. Selama ini selalu ada selisih penggunaan dengan sisa data di my telkomsel. Susah membuktikan spt ini pihak operator punya 1001 alasan untuk ngeles

  • @ray-naldi itu dia mas, mereka meyakini bahwa sistem mereka adalah yg terbaik. Padahal kita juga punya bukti bahwa ada ketidakcocokan data antara sistem mereka dengan di ponsel kita. Yg kaya gini kalau didiemin aja, bakal semakin menjadi-jadi.

    @ian-febriansyah-jangkaru tunneling bukannya terbatas ya mas? rata2 hanya bertahan sebentar terus tewas sepengalaman saya.

  • Susah lah mau berdebat dengan provider soal perincian penggunaan data. Mau dibilang gak sesuai dengan pencatatan di HP kita sendiri sekali pun, mereka bakal tetap ngotot.

    & mereka akan bakalan tetap ngotot, karena toh yang lebih memerlukan adalah kita (konsumen). Mereka mah gak peduli, hilang 1 konsumen tumbuh 1000 konsumen lain.

    Kadang (biasanya) ada kemungkinan yang error nomor kita nya, artinya error di sistemnya di sana. Solusinya ganti nomor ataupun ganti provider. Yah memang sulit, tapi mau gimana lagi.

    Saya pernah mengalami kasus error di t-cash (sebelum merger). Mau ganti stiker, reset, dll, selalu sama problemnya: setiap kali masukin password, pasti dibilang error. Sudah diganti pun, tetap saja di EDC keluar error.
    Sudah bolak balik ke Grapari & telepon ke CS. Akhirnya solusinya yah hapus t-cash di nomor tersebut, karena sudah stuck gak ada solusi lain, nomor tersebut ada hantu nya yang bikin gak kompatibel dengan t-cash hehehe.
    Nomor gak bisa dibuang, karena ini nomor pascabayar. & cuma bermasalah dalam hal t-cash saja, selain itu no problem.

  • @samuel-wijaya memang sulit mas. Mereka mengklaim sistem mereka yang paling benar, kenyataannya justru malah banyak pelanggan yang dirugikan.
    Masalahnya kalau kita hanya berdiam diri saja, mau berapa banyak kuota dan pulsa kita yang dicuri secara diam-diam? Iya kalau pelanggannya sering melakukan cek pulsa. Nah kalau tidak? Kalau satu orang satu hari diambil 1000 rupiah, dikali berapa juta pelanggan mereka, sudah berapa banyak pulsa yang dicuri?

    • Hallo kak, sy jg baru kejadian seperti ini, kuota internet sy berkurang 14gb dan pulsa kepotong 14gb, itu kemarin dan Kemarin sy isi kuota lg 6gb, DAN hr ini sy kehilangan kuota sy lgi 2,3gb, Sy sdh konfrmasi ke twitter jg, jawabannya sama seperti yg kk share itu,, sungguh sangat kecewa sekali sy menjadi pelanggan tlsel bertahun2. ??
      Boleh tau kak tindak lanjut de tlsel gimana setelah itu?? Soalnya sy komplain di twiter jg tidak ada solusi, adminnya kekeh sy menggunakan datanya, pdah sy tidak menggunakan datanya tbtb saya pagi2 sy terima sms bahwa kuota sudah habis

      • Hari ini maret 11 2021 kamis, saya berkali² perhatikan pulsa saya yg saya isi 25rb bulan lalu. Sekarang menjadi 22ribu sekian. Padahal saya tdk menggunakan data tlp untuk internet dan saya curiga ada kesalahan saat saya buka sms. Kemudian br saja saya tlp operator telkomsel, sungguh aneh saya dsangka tanpa sengaja mengaktifkan data saya tanpa paket dr mereka. Padahal saya pake saja tdk buat sms atau tlp apalagi paket internet. Tp mereka bilang saya pakai, memang tdk banyak berkurangnya cuma janggal sekali. Rasanya klo baca pendapat diatas, ada kesalahan sistem telkomselnya, atau memang sengaja dicuri. Klo dr 1 pelanggan hilang 5rb berapa nominal yg akan didapat lewat 5juta pelanggan. Sungguh mengecewakan.

    • Kalau saya "saya biasanya beli paket telkomsel yg ad paket internet dan aplikasi beda, tapi kenapa paket internet dan paket aplikasinya sama" bekurang padahal saya hanya buka aplikasi doang. Saya sdah sering belik paket kayak gitu dan biasanya kalok saya buka aplikasi yg habis paket aplikasinya aja, paket internet nya gak berkurang. Tpi kenapa sekarang buka aplikasi malah paket internet nya bekurang juga. Aku chat di wa sama telegram tapi gak di respon.

      Saya lama" kecewa sama telkomsel

  • sudah sering kejadian macam begitu.
    background pendidikan saya seorang programmer, jadi saya sangat paham tentang kasus macam ini.. kemungkinannya cuma ada 2:
    1. sistem & tim IT telkomsel yg luar biasa BODOH, atau
    2. telkomsel memang pencuri & perampok konsumen.

    kita semua tahu mana yang terjadi.

  • @djuwanda yang bikin menyebalkan adalah mereka mengklaim sistem mereka yang paling benar, padahal sistem juga buatan manusia yang bisa salah ketika terjadi eror. Dan hal kedua yang menyebalkan adalah jawaban serupa dari pihak CS yang mengatakan pemotongan sudah sesuai.
    Hingga saat ini pun tidak ada respon dari pihak Telkomsel.
    Operator kelas atas (katanya) tapi pelayanan kelas bawah.

  • Telkomsel dengan pelanggan ratusan juta, merasa seolah tidak butuh pelanggan. dia merasa pelanggan yang butuh dia, karena luasnya jangkauan jaringan yg dimilikinya apabila dibandingkan operator lain.

    pinter² aja kalo mau pake Telkomsel.
    jangan sisakan pulsa banyak².
    langsung belikan paket internet atau paket nelpon sesuai kebutuhan.

    kalo saya sih sampai sekarang mending beli perdana sekali pakai, trus buang. Telkomsel memang paling stabil kalo buat internetan.