Surat Pembaca

Kuota Internet dan Pulsa Saya Diambil secara Diam-diam oleh Telkomsel

Tanggal 24 Agustus 2019, nomor Telkomsel saya 0812214071** masih memiliki kuota internet sekitar 1.2 GB dan pulsa sejumlah Rp4.196. Saya melakukan pengecekan sekitar pukul 16.30. Hari itu saya hanya melakukan pengecekan whatsapp dan tidak melakukan aktivitas internet yang lain. Pukul 21.30 malam, saya mendapat notifikasi sms bahwa kuota anda sudah habis dan saya diminta untuk membeli langganan paket internet yang baru. Tentu saja saya kaget, karena saya tidak dalam posisi memakai internet sama sekali. Paket data pun tidak dinyalakan. Saya pun segera melakukan pengecekan di aplikasi My Telkomsel, dan benar saja, kuota saya mendadak menjadi 0 dan pulsa saya pun juga 0.

Saya langsung menghubungi twitter Telkomsel untuk menanyakan hal ini, dan jawaban mereka sangat mengecewakan bagi saya. Mereka menjawab bahwa pemotongan pulsa sudah sesuai karena ada akses internet. Sudah saya jelaskan bahwa posisi saya saat itu sedang tidak melakukan akses internet, namun jawaban yang diberikan terus sama.

 

Yang mengecewakan lagi adalah mereka seolah menyalahkan ponsel saya. Mereka mengatakan bahwa meskipun paket data mati, namun jika terkonek ke wifi, tetap akan memotong kuota. Lho, ini info darimana ya? Sepengetahuan saya dan selama saya memakai ponsel ini bertahun-bertahun (tipe ponsel saya Samsung J3 Pro), jika tidak menyalakan paket data tentu tidak akan memotong kuota. Anehnya lagi, mereka mengatakan bahwa sejak pukul 15.55 di hari itu, kuota saya sudah terpotong karena akses internet yang banyak. Sangat bertolak belakang dengan pengecekan saya.

Karena tidak mendapat solusi yang memuaskan dari pihak Telkomsel, saya pun membuat surat di Media Konsumen. Harapan saya mereka mau mengembalikan kuota dan pulsa saya yang telah mereka ambil diam-diam ini. Saya sudah menjadi pelanggan Telkomsel selama bertahun-tahun, tapi inikah balasan yang saya dapat?

Shiela Hartiningtyas
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • @anton-betton betul sekali, salah satu solusinya memang jangan sisakan pulsa banyak. Tapi ternyata pulsa sedikit pun dipotong juga diam2 oleh telkomsel.
    Memang untuk internetan, lebih aman memakai kartu perdana yg sekali buang.

  • Barusan sy mengalami hal yg sama paket telkomsel sy 15gb 98rb 30 hari yg biasanya sy habis dlm 3 minggu pemakaian sperti biasa, habiss dlm 1 minggu lebih...gilaaak bener nih telkomsel, gw dlu sbelum pake telkomsel sempet pake provider lain tp gegara sering bgt pulsa hilang disedot entah kemana..ternyata sama saja nih kualitas provider2 di indonesia..asli jengkel saya

    • Sama nih gua! Baru seminggu yg lalu beli paket kuota 17Gb 30 hari harga 105K, dan sehari sebelum kuotanya ilang sempet gua cek masih sisa 7 Gb (Maklum boros krn pemakaian berat buat video conference). Kuota malam gua 10Gb jg belum gua pake & belum expired tiba2 ilang. Cek di Mytelkomsel & *888# tertulis 0Kb semua, like WTF. Udah gitu pulsa ilang terus lg, pdhl kagak pernah aktif internet kalo memang gak ada kuota. Bgst nih provider, heran gua sumpah.

    • Terakhir kemarin tgl oktober Saya cek kuota internet Saya masih 4 gb-an, tadi pagi tgl 2 oktober pukul 9 pagi tiba2 Saya dapet SMS dari telkomsel bahwa kuota Saya sudah habis padahal biasanya kuota 4 gb-an bisa cukup 2-3 hari dengan pemakaian seperti biasa yang Saya lakukan, kemudian lebih parahnya adalah setelah kuota Saya habis pukul 9 pagi tersebut Saya langsung beli kuota 2 gb dengan masa aktif 1 hari, tapi belum ada 40 menit tiba2 Saya mendapatkan notifikasi SMS bahwa sisa kuota Saya tinggal 400 mb dan Saya cek di aplikasi my telkomsel ternyata benar demikian, padahal selama 40 menitan tersebut Saya cuma memainkan aplikasi Instagram dan joox, Sangat tidak masuk akal sekali 1,6 gb habis dalam 40 menit dengan hanya membuka 2 aplikasi tsb tanpa menyalakan hotspot ataupun aplikasi lainnya.
      Kesal, Saya langsung menghubungi customer care telkomsel 188, Saya kecewa karena menurut saya customer service nya tidak memberikan solusi yg memuaskan dengan hanya bilang bahwa permasalahan Saya sudah di buatkan laporan ke bagian IT, dan Saya harus menunggu feedback dari proses dari laporan tersebut dalam jangka waktu 4 hari, Sangat tidak solutif sekali, bayangkan berapa kuota yang harus Saya keluarkan selama 4 hari apabila dalam 40 menit saja kuota yang terpakai sebesar 1,6 gb. Selain itu sangat disayangkan sikap customer care nya yg kurang baik dalam menangani keluhan Saya dengan berbicara menggunakan nada tinggi terkesan tidak sopan dan baru kali ini Saya mendapati hal tersebut, Sangat disayangkan pula perusahaan besar sekelas Telkomsel memiliki SDM yang demikian. Kecewa rasanya, padahal sudah menggunakan telkomsel selama lebih dari 11 tahun.

    • Kalo pulsa hilang yang dimaksud ketika data menggunakan provider lain di simcard lain, pulsa Anda hilang itu telkomsel yang ambil. Dia main pakai aja pulsa kita untuk data padahal jelas-jelas di pengaturam kita setting data pakai simcard satu lagi yang bukan dia. Tapi tetep dia bakal pakai begitu dan pulsa habis sampai 0.

      Solusi? Telpon CS nya untuk matiin data seluler kita. Nanti kalo mau pakai Telkomsel lagi utk data, ya telpon lagi mereka untuk aktifkan.

      Makasi Telkomsel. Semoga kalian segera sadar.

  • Terakhir kemarin tgl 1 oktober Saya cek kuota internet Saya masih 4 gb-an, tadi pagi tgl 2 oktober pukul 9 pagi tiba2 Saya dapet SMS dari telkomsel bahwa kuota Saya sudah habis padahal biasanya kuota 4 gb-an bisa cukup 2-3 hari dengan pemakaian seperti biasa yang Saya lakukan, kemudian lebih parahnya adalah setelah kuota Saya habis pukul 9 pagi tersebut Saya langsung beli kuota 2 gb dengan masa aktif 1 hari, tapi belum ada 40 menit tiba2 Saya mendapatkan notifikasi SMS bahwa sisa kuota Saya tinggal 400 mb dan Saya cek di aplikasi my telkomsel ternyata benar demikian, padahal selama 40 menitan tersebut Saya cuma memainkan aplikasi Instagram dan joox, Sangat tidak masuk akal sekali 1,6 gb habis dalam 40 menit dengan hanya membuka 2 aplikasi tsb tanpa menyalakan hotspot ataupun aplikasi lainnya.
    Kesal, Saya langsung menghubungi customer care telkomsel 188, Saya kecewa karena menurut saya customer service nya tidak memberikan solusi yg memuaskan dengan hanya bilang bahwa permasalahan Saya sudah di buatkan laporan ke bagian IT, dan Saya harus menunggu feedback dari proses dari laporan tersebut dalam jangka waktu 4 hari, Sangat tidak solutif sekali, bayangkan berapa kuota yang harus Saya keluarkan selama 4 hari apabila dalam 40 menit saja kuota yang terpakai sebesar 1,6 gb. Selain itu sangat disayangkan sikap customer care nya yg kurang baik dalam menangani keluhan Saya dengan berbicara menggunakan nada tinggi terkesan tidak sopan dan baru kali ini Saya mendapati hal tersebut, Sangat disayangkan pula perusahaan besar sekelas Telkomsel memiliki SDM yang demikian. Kecewa rasanya, padahal sudah menggunakan telkomsel selama lebih dari 11 tahun.

  • Samaaa..SAYA JUGA DITIPU BERKALI2 PULSA SAYA HABIS 5000 SETIAP ISI PULSA 15RIBU. PADAHAL 10RIBU BUAT ISI PAKET.PAKET MASIH BANYAK KOK PULSA SAYA UDAH HABIS..KECUALI KLW PAKET SAYA SDH HABIS KEPAKE PULSANYA KAN WAJAR..INI BARUSAN AJA ISI PAKET..INTERNET BLM DIPAKE APA2..DAN SLALU BERULANG2..PENIPU NIH TLKOMSEL MAKAN UANG HARAM

  • Media KONSUMEN..MANA..??ADAKAH MANFAAT DAN EFEK DARI POSTINGAN KELUHAN PELANGGAN??? YG DI KOMEN JUGA BANYAK..SUDAH KETERLALUAN INI TELKOMSEL

  • Gila ya Telkomsel. Bikin sakit hati banget. Udah kejadian begini dari 2019, tapi belakngan ini konsisten banget ilang pulsanya, terus terusan. Kadang udah 13 ribu, eh besok balik 14 ribu sekian. Kadang udah 0 eh besok pagi balik 1,9 ribuan. Nanti kalo ada uang beli gadget baru, gadget lama tidak saya jual. Saya pisahin aja telkomsel satu utk terima telpon. Main potong-potong pulsa saja. Sudah dimatikan data dan pakai kartu khusus lain untuk data, eh Telkomsel bisa banget sejak 2019 atau 2018 dulu dah nyuri penggunaan data pakai pulsa. Padahal jelas-jelas data diaktifkan pakai simcard satu lagi. Terpaksa nelpon CS buat matiin data seluler. Ribet banget, harus dimatikan dari mereka.

    Gitu amat ya. Konsumen merasa tidak aman memiliki pulsa di nomornya.
    Kapan mereka berubah demi integritas ya?
    Saya liat integritas Telkomsel masih saja terjun dari ketinggian.

  • Hari ini terjadi dengan saya , saya membeli Quota internet 33GB di 3 hari yang lalu dan tiba tiba di hari ini pulsa dan Quota saya habis padahal saya hanya memakai media sosial whatsapp dan instagram tidak lebih , kemudian karena saya gak mau pusing saya membeli lagi yang 17GB di hari ini juga dan di jam 12 malam lewat tiba2 terjadi lagi Quota dan pulsa saya habisa bisss tinggal 0 semua nya ,, astaga masa telkomsel ada maling nya mengingat telkomsel adalah perusahaan besar , telpon operator pun percuma dan bikin emosi karena gak di kasi solusi hanya di bilang nanti di tindak lanjuti ,, sumpahhh bajingan banget ini telkomsel .. *************** ************* ,,, maling emang kalian gw doa in cepet hancur ini perusahaan telkomsel 🤲

    • Sebaiknya langsung dikomplain saja kalau begini pak/bu Nawa. Jadi ga tenang isi kuota kalau begini ceritanya. Bahkan jika memungkinkan pindah operator saja. Saya juga sudah berpindah ke operator sebelah karena sudah tidak nyaman dengan layanan Telkomsel yang makin buruk.

  • Saya baru mengalami kerugian quota sy masih tersisa 4,..gb sy cek jam 15..dan di rmh sy pakai wifi. Trus jam 01.00 sy cek quotanya hilang... ini baru kejadian sy pakai paket 7gb/7hr biasanya 11gb bisa tahan 10 hr... apapun alasannya sdh merugikan konsumen krn rencananya pagi mau sy gunakan zoom kuliah 😡