Pengiriman Fiktif Shopee Express

Selamat Malam,

Saya Ismail Rizky Harlin. Bila ada pihak yang meragukan kredibilitas saya, silahkan google nama saya.

Saya melakukan pembelian di Unilever melalui Shopee dengan no order: 19082721152MRQY dengan menggunakan kurir ShopeeExpress SAME-DAY service pada Selasa, 27 Agustus 2019 malam hari. Saya memilih Shopee atas rekomendasi istri saya. Sebagai pengguna setia marketplace “sebelah” dengan total transaksi yang tinggi, saya awalnya cukup ragu dengan Shopee karena nuansa situs web yang kurang terlihat serius.

–30 Agustus 2019–
Setelah menunggu lebih dari 2 hari, barang yang seharusnya sampai pada Rabu 28 Agustus 2019, masih belum sampai hingga Jumat 30 Agustus 2019. Saya melakukan komplain dengan menghubungi pihak Shopee melalui telepon CS Shopee di 1500702. CS mengatakan bahwa ia akan memprioritaskan paket saya dan mengusahakan agar paket saya sampai pada hari tesrsebut.

Pada saat malam hari, pihak Shopee Express menghubungi saya dan menanyakan apakah saya bisa menerima paket pada tengah malam. Karena saya tinggal di sebuah apartemen, maka saya mengatakan bahwa akan selalu bisa terima karena ada security yang berjaga 24/7. Pihak Shopee Express berbuat seolah-olah dia akan mengantar barangnya.

–31 Agustus 2019–
Sabtu dini hari saya bertanya kepada security apakah ada paket saya sampai, nyatanya tidak ada. Terus terang saya sudah merasa tertipu. Karena SAMEDAY memiliki arti harfiah “hari yang sama”. Maka jasa SAMEDAY tidak boleh dan akan melanggar apabila waktu pengiriman melebihi 1×24 jam.

–2 September 2019–
Hari ini saya melakukan komplain lagi kepada pihak Shopee pada siang hari dan malam hari. Pihak Shopee memutarbalikan fakta terkait SAMEDAY, ia mengatakan bahwa SAMEDAY juga memiliki leadtime/waktu tunggu dan sebagainya.

Saya hanya mendapatkan permohonan maaf, dan pihak Shopee tidak bersedia melakukan refund segera. Pihak Shopee mengatakan bahwa ia tidak mendapat informasi yang jelas dari Shopee Express dan bahwa seakan-akan Shopee dan Shopee Express adalah entitas terpisah.

Untuk prosedur refund, Shopee mengatakan harus menunggu konfirmasi seller, menunggu 3×24 jam dan sebagainya TANPA bisa memberikan status/kejelasaan keberadaan barang saya.

Hingga saat ini, status barang saya tidak jelas, pengiriman dilakukan oleh kurir yang tidak memiliki nomor telepon (CEK GAMBAR).

Statusnya seakan fiktif. Atau memang benar benar fiktif. Dan pihak Shopee sungguh enggan untuk memberikan keterangan apalagi aksi konkrit sebagai bentuk tanggungjawab.

Saya akan meneruskan laporan ini ke media lain, bahkan ke jalur yang lebih serius, mungkin saya akan mencoba melayangkan surat SOMASI agar penyedia layanan tidak lagi bertindak sewenang-wenang terhadap pelanggan. Karena ini JELAS merupakan PENIPUAN yang dilakukan oleh perusahaan besar terhadap konsumen kecil, dalam bentuk pengiriman palsu dan penahanan uang tanpa tanggung jawab yang jelas.

Terima kasih pembaca dan MediaKonsumen!

Regards.

Harlin
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Shopee Express:
[Penilaian Rata-rata: 1.9]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Tentang Penulis
Ismail Rizky Harlin  

https://www.linkedin.com/in/mayharlin/

11 komentar untuk “Pengiriman Fiktif Shopee Express

  • 3 September 2019 - (07:03 WIB)
    Menurut saya, tidak ada sebetulnya yang “sedang ditangani”. Proses/penanganan/follow-up hanyalah gimik agar konsumen bersedia menunggu sehingga waktu penahanan uang konsumen akan lebih lama = more profit for Shopee.
    Status order sudah tidak jelas, status pengiriman juga fiktif.

    Saya akan meneruskan masalah ini ke beberapa media lain, agar hal ini bisa menjadi pelajaran bagi pemain-pemain marketplace di Indonesia. Sehingga mereka tidak bertindak sewenang-wenang terhadap customer, dan senantiasa menganggap bahwa customer lemah / tidak berdaya.

  • 4 September 2019 - (18:43 WIB)
    Saya menghubungi dan melakukan komplain langsung ke 2 orang karyawan Shopee (PM dan Counsel/Legal) yang kebetulan adalah relasi. Pengiriman langsung diproses dan dikirim ulang pada saat itu juga. Barang telah sampai dengan selamat dan sempurna dalam waktu kurang dari 2 jam. Pihak Shopee juga menawarkan opsi Refund pada saat itu.

    Bahkan hari ini, 1 hari setelah barang dikirim, pihak Shopee masih terus menghubungi saya untuk meminta maaf.

  • 8 September 2019 - (16:13 WIB)
    Hi Harlin,

    Perkenalkan nama saya Ridwan.

    Sepertinya kejadian yang sama menimpa saya. Memperkuat dugaan bahwa pengiriman yang dilakukan adalah fiktif, sampai hari ini tanggal 8 september 2019 jam 4 sore, saya masih menunggu pengiriman dari shopee dengan pembelian dengan nomor pesanan 19090700431F4N1, transaksi saya lakukan tanggal 6 september 2019, dan esok harinya tertera bahwa pesanan sudah dikirim.
    Malam hari tanggal 7 September 2019, saya chat dengan CS shopee, informasinya paket sudah dikirimkan, dan saya diminta menunggu.

    Beberapa menit sebelum saya menulis komentar ini, saya chat lagi untuk menanyakan pengiriman barang saya, karena nomor resi ID195305910097 yang diberikan pihak shopee tidak bisa dilacak, padahal di halaman pelacakan aplikasi shopee tertulis sudah diambil kurir.

    CS bernama reus mengkonfirmasi bahwa barang saya belum dikirim dan saya diminta menunggu. Artinya keterangan pada laman pelacakan pengiriman aplikasi shopee memang fiktif.

    Mohon pihak Shopee mengkonfirmasi keterangan saya ini dan segera melakukan pengiriman barang saya.

    • 10 September 2019 - (21:58 WIB)
      Wah apa nanti saya bakal kaya gini ya soalnya barang saya belum sampai juga, ata nama achmad fauzi no resi: 19364017086U Shopee Express Sameday, padahal barang harus sudah di bawah sama orangnya
  • 10 September 2019 - (22:17 WIB)
    Hi all,

    Update..
    Sekitar 30menit dari saya menulis komplain dalam kolom komentar ini, barang saya sampai.
    Jadi kasus saya selesai, walaupun tetap kecewa, karena tetap saja bukan sameday.
    Dan informasi yang diberikan oleh CS simpang siur.
    Semoga kedepannya tidak ada lagi kejadian seperti ini, sehingga konsumen tidak perlu cemas dan menunggu dengan ketidakpastian.

    Salam.

  • 3 Oktober 2019 - (18:17 WIB)
    Nama : wahyu saputra
    Tlp : 0857199909**
    Email : wahyusgani@gmail.com
    No order : 19100202102UM3G
    Resi : ID19010232331D

    Saya mengalami hal yang serupa. kasus saya paket sudah notifikasi terkirim dan saya merasa tidak ada paket yang sampai ke saya.
    Saya tanyakan ke cs dan disuruh perpanjang masa garansi shopee.
    Minta bukti bahwa benar paket terkirim mereka malah menghindar dengan alasan diajukan pengembalian barang apabila tidak menerima barang .
    Apanya yang mau dikembalikan kalau terima barangnya saja tidak.

    Alasan selalu berbelit belit. Dan jawaban cs seperti tamplate. Jawab nya itu2 aja.
    Seperti layanan pengiriman fiktif.

    Setelah beberapa lama saya menunggu mereka bilang bahwa sedang dalam proses pengiriman. Tetapi di aplikasi tertera paket terkirim. Terlihat jelas bahwa pengiriman benar fiktif.

    Dan tidak ada solusi yang jelas selain disuruh perpanjang masa garansi.
    Kapok belanja dengan layanan delivery dari shopee.

    Tidak ada kejelasan dan dana akan diteruskan ke penjual 1×24 jam apabila tidak melakukan konfirmasi.

    Bener kapok pakai shopee express sameday delivery. Udah gak ada jaminan barang sampai di hari yang sama dan tracking fiktif barang ga nyampe di tracking sampe

    • 31 Oktober 2019 - (19:35 WIB)
      update hari ini,pesanan sore ini sampai dengan jasa ekspedisi si cepat bukan shopee express,dan email dari costumer shopee bahwa barang saya di terima ibu saya pada tgl 30,padahal ibu saya sedang di jogja sejak minggu lalu? dan anehnya lagi pihak shopee mengganti jasa pengiriman dengan si cepat tanpa konfirmasi lagi.
  • 22 Oktober 2019 - (10:17 WIB)
    Sya jdi takut ni karna hari ini sya melakukan chekout dgn memilih pngiriman shopee express sameday agar mlm barang bsa dibawa oleh nenek saya untuk dibawa ke sukabumi, semoga shopee tdk mngecewakan, mngedepankan kualitas dan kepuasan konsumen nya
  • 31 Oktober 2019 - (15:46 WIB)
    Saya juga mengalami hal yang sama,pesanan yang saya pesan statusnya sudah diterima padahal saya dari pagi ada di rumah dan tidak ada satupun kiriman barang dari shopee?? benar – benar membuat saya kapok untuk menggunakan jasa shopee express..
  • 3 November 2019 - (05:02 WIB)
    Saya mengalami hal yang sama.
    Paket saya dengan nomor resi ID196229722186 harusnya sudah sampai pada hari Jumat, 1 Oktober 2019 namun tertulis di keterangan “Percobaan pengiriman gagal karena cuaca buruk” dan kurirpun mengkonfirmasi hal tersebut dengan mengirim pesan by WA bahwa paket saya akan dikirim besok karena kendala hujan.
    Okee saya agak tenang, karena lusa saya akan pulang ke kampung halaman dan tidak kembali lagi.
    Namun saya jadi khawatir, karena sampai sekarang paket saya belum juga datang.
    Saya sudah menyampaikan hal tersebut dan menghubungi kurir dari kemarin namun tidak di respon, dan telfon pun tidak di angkat.
    Sampai saya meminta alamat kurir atau alamat kantornya atau dimanapun kurir berada agar saya saja yang datang kesana untuk mengambil paket karena memang ini hari terakhir saya disini.
    Kalau saya masih tinggal disini saya tidak masalah untuk menunggu berminggu minggu sekalipun.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Express?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Fiktif Shopee Express

Ismail Harlin 2 menit
11