Surat Pembaca

Pengiriman Fiktif Shopee Express

Selamat Malam,

Saya Ismail Rizky Harlin. Bila ada pihak yang meragukan kredibilitas saya, silahkan google nama saya.

Saya melakukan pembelian di Unilever melalui Shopee dengan no order: 19082721152MRQY dengan menggunakan kurir ShopeeExpress SAME-DAY service pada Selasa, 27 Agustus 2019 malam hari. Saya memilih Shopee atas rekomendasi istri saya. Sebagai pengguna setia marketplace “sebelah” dengan total transaksi yang tinggi, saya awalnya cukup ragu dengan Shopee karena nuansa situs web yang kurang terlihat serius.

–30 Agustus 2019–
Setelah menunggu lebih dari 2 hari, barang yang seharusnya sampai pada Rabu 28 Agustus 2019, masih belum sampai hingga Jumat 30 Agustus 2019. Saya melakukan komplain dengan menghubungi pihak Shopee melalui telepon CS Shopee di 1500702. CS mengatakan bahwa ia akan memprioritaskan paket saya dan mengusahakan agar paket saya sampai pada hari tesrsebut.

Pada saat malam hari, pihak Shopee Express menghubungi saya dan menanyakan apakah saya bisa menerima paket pada tengah malam. Karena saya tinggal di sebuah apartemen, maka saya mengatakan bahwa akan selalu bisa terima karena ada security yang berjaga 24/7. Pihak Shopee Express berbuat seolah-olah dia akan mengantar barangnya.

–31 Agustus 2019–
Sabtu dini hari saya bertanya kepada security apakah ada paket saya sampai, nyatanya tidak ada. Terus terang saya sudah merasa tertipu. Karena SAMEDAY memiliki arti harfiah “hari yang sama”. Maka jasa SAMEDAY tidak boleh dan akan melanggar apabila waktu pengiriman melebihi 1×24 jam.

–2 September 2019–
Hari ini saya melakukan komplain lagi kepada pihak Shopee pada siang hari dan malam hari. Pihak Shopee memutarbalikan fakta terkait SAMEDAY, ia mengatakan bahwa SAMEDAY juga memiliki leadtime/waktu tunggu dan sebagainya.

Saya hanya mendapatkan permohonan maaf, dan pihak Shopee tidak bersedia melakukan refund segera. Pihak Shopee mengatakan bahwa ia tidak mendapat informasi yang jelas dari Shopee Express dan bahwa seakan-akan Shopee dan Shopee Express adalah entitas terpisah.

Untuk prosedur refund, Shopee mengatakan harus menunggu konfirmasi seller, menunggu 3×24 jam dan sebagainya TANPA bisa memberikan status/kejelasaan keberadaan barang saya.

Hingga saat ini, status barang saya tidak jelas, pengiriman dilakukan oleh kurir yang tidak memiliki nomor telepon (CEK GAMBAR).

Statusnya seakan fiktif. Atau memang benar benar fiktif. Dan pihak Shopee sungguh enggan untuk memberikan keterangan apalagi aksi konkrit sebagai bentuk tanggungjawab.

Saya akan meneruskan laporan ini ke media lain, bahkan ke jalur yang lebih serius, mungkin saya akan mencoba melayangkan surat SOMASI agar penyedia layanan tidak lagi bertindak sewenang-wenang terhadap pelanggan. Karena ini JELAS merupakan PENIPUAN yang dilakukan oleh perusahaan besar terhadap konsumen kecil, dalam bentuk pengiriman palsu dan penahanan uang tanpa tanggung jawab yang jelas.

Terima kasih pembaca dan MediaKonsumen!

Regards.

Harlin
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saat ini saya juga mengalami hal yang sama. Saya transaksi pada hari Jumat 15 Nov'19 pk. 10.20 dengan metode pengiriman shopee express SAMEDAY SERVICE yang konon katanya jika transaksi sudah dikonfirmasi sebelum pk.12.00 maka barang akan dikirim di hari yang sama.
    Hari Jumat saya menunggu hingga malam barang juga belum dikirimkan, statusnya menunggu penjadwalan. Saat saya komplain, CS hanya berkata "maaf, mohon menunggu 1x24 jam". Keesokan harinya tanggal 16 Nov'19 saya menanyakan lagi namun jawaban sama yang saya terima "maaf, mohon menunggu 1x24 jam". SAMEDAY SERVICE macam apa ini???
    Hingga saat ini Senin 18 Nov'19 masih saja jawaban sama yang saya terima yaitu "maaf, mohon menunggu 1x24 jam". Cara kerja macam apa ini??? sama sekali tidak menghargai konsumen.

    • pesanan ID19231948059E, 24 jam x4 aja blm nyampe, janjinya 24 jam sampe,udah di kali 4 masih blm nyampe juga. KAPOK!!! GRATIS JUGA OGAH!!!

  • Nama saya nurlely. Saya juga mengalami hal yg sama. Dengan no resi ID19471032985E. Barang saya berupa hp. Hampir 1 bulan ngak sampai juga. D lacak juga ngak bergerak. Sama sekali ngak ada kepastian dari pihak shopee cuma d suru menunggu hampir 1 bulan ngak ada kejelasan. Saya minta bantuan nya

    • Dan sekarang saya juga ngak tau harus menghubungi siapa. Saya minta uang kembali juga d tolak toko. Dari pihak shope cuma d suru bersabar. Hampir 1 bulan saya sudah sabar. Saya harus bagai mna y. Tolong yg tau caranya kirim email k boroktepok@gmil.com. karna saya sama sekali ngak tau lagi gimana menangani masalah saya

      • Pesanan saya Nomer pesanan (shopee) : 201020SVB4S1BS

        Resi : ID00354642177A laporan sudah terkirim oleh keluarga serumah..padahal tdk ada paket yg datang sama sekali..chatt cs shopee sdh tlp call center shopee express juga sudah..tapi sy disuruh chat ke penjual dlm waktu 1x24 jam jika tdk ada konfirmasi dari penjual sy disuruh tlp call center lagi..sudah habis pulsa berapa sdh tapi barang tdk ada kejelasan...
        Proses masih berlanjut sy tggu besok setelah lbh dari 24 jam sy akan hub call center kembali..dan akan sy datangi kantor shopee express semoga ada titik terang...

  • saya sangat kecewa dengan shopee express sameday , apa gunanya milih sameday kalo barangnya nyampenya berhari hari , padahal masih jabodetabek
    kalo seperti itu berarti shopee express sameday sama yang shopee express standart sama aja , saya nyesel milih shopee express sameday , saya sudah sering belanja dishopee tp baru pertama ini belanja di shopee mall , dan sangat mengecewakan , gak lagi lagi belanja di shopee mall , dan gak bakalan milih expedisi shopee express , sangat sangat mengecewakan , dan kayaknya saya mau pindah ke toko sebelah aja , saking kecewanya jd males sama shopee

  • Nomer resi saya ID19822486281S
    Betul shopee express fiktif
    Status tadi pagi diambil kurir jam 8, masa hingga malam tidak sampai juga, dibawa seharian itu barang???
    Tahu-tahu status ganti jadi "penerima menjadwalkan ulang"
    Kapannnnnn saya menjadwalkan ulang, yg ada juga seharian nunggu dirumah
    Tadinya aktif belanja di shopee, jadi kecewa, mending balik lagi ke si Hijau atau si Merah atau si Biru
    Si Orange ini fiktif ekspedisi nya, nipu customer
    Semoga banyak customer yang baca dan sadar dan kembali ke jalan yg benar dalam milih marketplace

  • No. Resi : ID20931801375B
    No. Pesanan : 200112EWK7PES5

    Nama saya Ika Ambarwati. Saya melakukan transaksi pada 12 Januari 2020, 15.58. Paket saya baru diproses oleh Shopee Standard Express (bukan same day) keesokan harinya. Status awalnya adalah [Jakarta DC] Pesanan dalam perjalanan menuju sorting center. Pada hari yg sama jam 16:27 statusnya berubah menjadi [Jakarta DC] Paket telah diterima di sorting center. Sampai tgl 15 siang status blom ada perubahan. Masa di sorting center sampe 2 hari padahal cuma jakarta-surabaya. Paket saya dieramin kali ya. Setelah menghubungi CS Shopee via chat (itupun CSnya mengakhiri pembicaraan begitu saja dgn sangat tidak sopan), status paket saya berubah menjadi [Surabaya Hub] Paket menunggu penjadwalan. Loh, mendadak paket sudah ada disurabaya tanpa ada update status bahwa barang akan dikirim dari sorting center. Entah apakah paket saya akan benar2 sampai ke tangan saya nanti. Saya benar2 cemas dan kecewa. Saya akan sebarkan surat konsumen ini kepada rekan pembeli dan pedagang online agar tidak menggunakan layanan ekpedisi shopee. Kapok saya.

  • Saya juga sama barang ga sampe" 3 hari ga bergerak padhal masih jabodetabek kalo jnt 2 hari biasanya udah sampe no resi ID20652644476P

  • Saya juga kecewa dengan shopee express atas nama zidanmaherdhiefa/bidan hanifah dengan resi : ID201258238314 saya satu barang menggunakan kurir sebelah di market place yang berbeda saya satunya lagi di shopee tapi baru dua hari paket dari kurir sebelah sudah sampai sedangkan yang shopee belum sampai sekarang ini status nya selalu paket menunggu penjadwalan

  • Kurir sebelah itu adalah : sicepat reguler, namun tidak tau kenapa di shopee tidak bisa digunakan sedangkan di Tokopedia bisa, di shopee pilihan cuma satu yaitu shopee ekpress