Paket Grab Express Tidak Sampai ke Penerima, Proses Penyelesaian Berlarut

Saya melakukan pengiriman paket dengan Grab Express Instant dengan nomer order ADR-70475816-268 pada tanggal 7 Agustus 2019 siang hari dan ternyata hingga sore hari paket saya tidak diterima oleh penerima paket. Lalu saya membuatkan pelaporan pada tanggal tersebut dan mendapatkan nomor pelaporan 94644314. Saya pikir dengan sudah buatkan laporan akan cepat ditindak lanjuti dengan fast respon dari pihak Grab Express sehingga saya tidak mencatat siapa nama yang follow up saya. Tapi apa yang diharapkan diluar dari kenyataan, slow respon dan tiap dihubungi selalu bilang akan ditindak lanjuti untuk pelaporannya.

Saya sudah berulang kali menghubungi call center Grab untuk komplain dan akhirnya diterima dengan CS nya dan sampai dibantu dengan Team Leadernya yang bernama Untung Prasetyo dan Team Leader lainnya dan informasinya sama, sedang dibantu follow up. Selain itu saya juga mengirimkan email dan pihak Grab yang bernaman Dwiko Putro meminta data-data saya dan saya berikan. Selanjutnya untuk proses klaim menunggu 10 hari kerja di mana balasan itu pada tanggal 15 Agustus 2019. 10 hari kerja itu berarti di tanggal 29 Agustus untuk itungan 10 hari kerja. Kenyataannya apa? Tidak ada balasan sampai tanggal tersebut. Saya mencoba menghubungi CS nya kembali dan info CS sama kaya yang awal saya tanyakan, sedang menunggu jawaban.

Saya telepon tiap hari hingga mendapatkan balasan dari Grab Express atas nama Pak Marwan pada tanggal 2 September 2019 yang menginformasikan claim berhasil diajukan dan harus menunggu lagi maksimal 10 hari kerja di mana hitungan 10 hari kerja itu berarti tanggal 16 September. Namun hanya barang saya saja yang hilang yang diklaim dan pihak Grab Express tidak memikirkan dampak paket saya dikirimkan akan menjadi panjang dan rumit.

Lalu saya menghubungi kembali setelah email masuk pada pukul 12.02 WIB dan terhubung kembali dengan Untung Prasetyo di mana dikatakan 10 hari kerja hanya estimasi dan akan dibantu informasikan ke pihak supervisor dan speed up ke pihak asuransi agar dimaksimalkan proses. Saya tidak yakin dengan pernyataan dia, karena sebelumnya saya sudah berbicara dengan Untung Prasetyo ini dan tidak dibantu follow up. Akhirnya saya mencoba menghubungi call center Grab kembali di sore hari dan di terima dengan Team Leader yang lainnya yang bernama Andri (cewek) dan dia mengatakan tidak ada laporan speed up dan belum ada follow up ke supervisor yang bertugas.

Pada tanggal 2 September 2019 tersebut ada 2 orang yang menghubungi saya kembali karena saya menunggu jawaban, pertama dari Team Leader yang bernama Andri dan Marwan yang katanya bertugas mengurus klaim. Dua-dua sama bilangnya akan dibantu follow up ke SPV dan tidak ada jawaban ke saya lagi, baik melalui telepon ataupun melalui email. Hingga tanggal 16 September saya menghubungi kembali dan diterima dengan Team Leader lainnya yang bernama Agus dan dia pun sama, akan bantu konfirmasi dan sounding ke Untung Prasetyo buat hubungi saya karena dia tidak paham dengan case yang saya alami. Dia pun berjanji akan menghubungi saya pada pukul 21.30 s/d 22.00 WIB setelah Untung Prasetyo bertugas, karena memang infonya bahwa Untung Prasetyo dapat shift malam saat saya menghubungi. Tapi yang terjadi, tidak ada yang menghubungi saya kembali dan pada akhirnya siang tadi saya mencoba menghubungi call center Grab kembali dan diterima dengan Team Leader lainnya yang bernama Erna. Entah dia tau apa tidak kronologisnya seperti apa tiba-tiba dia langsung mengambil keputusan menunggu jawaban kembali.

Sudah berapa banyak waktu yang saya buang, telepon berulang-ulang tidak ada jawaban dan Team Leadernya kompakan tidak punya jawaban dan solusi sama sekali. Tidak ada kepastian dari pihak Grab Express ini untuk menyelesaikan masalah dan case ini dianggap case sepele.

Saya menunggu itikad baik dari pihak Grab yang sudah merugikan saya dan membuang-buang waktu saya.

Terima kasih.

Nanda Apriadi
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Nanda Apriadi

Saya merupakan karyawan swasta dan mempunyai usaha

Komentar

  • Bener2 deh...

    Kalau begini bisa disimpulkan bahwa untuk pengiriman instant lebih baik pake kurir sebelah saja.

    • Untuk case ini menjadi pelajaran berharga buat pengguna jasa, baik jasa aplikasi ini atau jasa yang lainnya.