Hasil Provisa Syariah AIA Tidak Sesuai yang Dijanjikan oleh Staf Bank BCA

Assalammualaikum,

Saya sudah menjadi nasabah Bank BCA selama puluhan tahun, dan selama puluhan tahun pula menjalin kepercayaan dan rasa aman. Namun pada tahun 2013, seorang staf BCA Cabang Bandung Tulungagung Jawa Timur yang bernama Tri*** Ra***u menawarkan Produk AIA “Investasi Bonus Asuransi Jiwa” dengan nama Provisa Syariah. Nomor Polis: 29171108, Premi: Rp6 juta per tahun.

Saudari Tri*** Ra***u memberikan janji/iming-iming sebagai berikut: “Kalau mau investasi di AIA saja pak. Ini produk Investasi; Bonus Asuransi Jiwa + Bunganya lebih besar daripada Deposito; Pembayarannya hanya 7 Tahun. Dengan gambaran ikut selama 7 tahun semula investasi kita atau modal 6 juta x 7 = Rp42.000.000 menjadi sekitar Rp46.819.000”. Siapa yang gak terpincut dengan iming-iming tingkat investasi tinggi tersebut? Tanpa diberitahu adanya biaya bulanan, risiko, dll.

Singkat cerita, banyak beredar kabar tipu daya AIA. Pada hari Rabu, 25 September 2019, saya mendatangi kantor BCA Cabang Bandung Tulungagung dan menanyakan saldo AIA saya ada berapa. Saya dihubungkan langsung dengan customer service AIA Pusat. BETAPA TERKEJUTNYA SAYA, saldo saya cuma 32 jutaan dari total investasi saya sekitar 39.500.000. Sampai detik ini saya merasa dirugikan sekitar 7.5 juta rupiah. Terus saya bilang sama pegawai AIA dengan nada sedikit tinggi (maklum menyisihkan uang sedikit demi sedikit buat bayar asuransi) :

Saya : Kalau begitu saya berhenti saat ini juga bu !!

AIA : Iya, bisa bapak, tapi Bapak kena pinalti
sebesar 5% dan bapak akan menerima sekitar
30 juta.

Saya : Lho kok bisa begitu bu, saya malah merugi 9
jutaan. Ibarat orang dagang selama 6 tahun
bukannya untung malah merugi,
modal awal saja tidak kembali apalagi untung.

AIA : Kalau tidak ingin kena pinalti bapak harus mutus
tahun depan, tepatnya Februari 2020.

Saya : Apakah kalau sudah jatuh tempo 7 tahun modal
saya bisa kembali utuh 42.000.000,- ?

AIA : TIDAK BISA, bapak harus meneruskan hingga 10
tahun, dan perbulannya masih di potong. Kalau
ingin modal awalnya kembali.

Dari sini saya merasa didzolimi sama pegawai AIA yang ada di bank BCA Bandung Tulungagung atas nama Tri*** Ra***u, dengan segala tipu rayuan marketingnya. Ibarat maju ketiban tangga mundur hancur. Penjelasannya serta tipu dayanya tidak sesuai dengan realita yang ada. Dengan tulisan saya ini saya berharap kepada AIA Pusat Jakarta, KEMBALIKAN UANG SAYA, KEMBALIKAN UTUH MODAL SAYA!!

Sebagai nasabah saya sangat dirugikan, bukan hanya materi tapi juga waktu selama 6,5 tahun karena tidak diberikan informasi yang lengkap. Saya merasa tertipu, terperdaya, dan dimanfaatkan. Sedangkan pelaku? Menurut informasi MENGHILANG dari kantor BCA Bandung Tulungagung, entah dimutasi ke mana atau sudah dipecat setelah menawarkan produk asuransi berkedok investasi ini.

Apakah seperti ini mental pegawai-pegawai di BCA Khususnya Cabang Bandung Tulungagung dan AIA? Hanya demi untung sampai berbuat seperti ini? Di mana keadilan? Saya sudah memberi waktu cukup lama sampai surat ini ditulis. Saya akan melapor ke pihak berwajib kalau tidak ada pertanggungjawaban dari AIA dan BCA.

Slamet Setiawan
Tulungagung, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Asuransi AIA dan Bank BCA:

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

8 komentar untuk “Hasil Provisa Syariah AIA Tidak Sesuai yang Dijanjikan oleh Staf Bank BCA

  • 27 September 2019 - (14:09 WIB)
    Satu lagi mangsa produk asuransi + “investasi”…

    Asuransinya mungkin benar2 asuransi (walaupun tetap menjadi tanda tanya: nge-klaim nya mudah atau dibikin ribet), tapi kalau “investasi” nya memang sengaja saya kasih tanda kutip, karena yang beginian ini (“asuransi + investasi”) hampir pasti/mayoritas sulit mendapatkan jawaban pertanyaan: investasi kok malah tekor/duit berkurang?
    & pasti jawaban yang diberikan hanya semacam begini: flutuasi pasar/nilai mata uang/dll, imbal hasil tidak dijamin, performa masa lalu tidak menjamin performa masa depan (lah tapi kan sebelum deal calon mangsa dikasih gambaran performa masa lalu… itu lalu logikanya di mana).

    Silakan dipertimbangkan & di-hitung2 (walaupun perhitungan pasti juga tidak akan fixed 100%), mending cut loss sekarang atau nunggu dulu. Kalau mau 100% duit masuk = 100% duit keluar, rasanya agak susah.

    Kalau memang ada perasaan merasa “ditipu,” monggo dicoba lapor ke pihak berwajib. Walaupun dalam hemat saya sih gak akan bakalan menang kasus melawan perusahaan asuransi super gede macam begini, yang ada malah habis lebih banyak uang (asumsi saya sih uang Anda lebih sedikit daripada uang mereka, harap dimaafkan kalau saya salah), di samping juga habis waktu, habis tenaga & pikiran.

    • 27 September 2019 - (14:14 WIB)
      Btw, perusahaan asuransi zaman now juga sudah mulai sadar, bahwa model produk macam begini sudah mulai sulit diterima calon mangsa (baca: konsumen), entah karena mereka sudah semakin paham ataupun karena sudah semakin banyaknya pilihan macam investasi yang lebih kekinian.
      Sehingga sekarang mulai banyak yang memberikan jaminan nilai minimum yang dipastikan akan diterima konsumen di akhir periode (jadi dijamin pengembalian dana tidak akan lebih sedikit dari yang sudah disetor selama periode).
      Cuma memang tahun 2013 yah masih marak2nya yang model jadul.
  • 2 November 2019 - (08:29 WIB)
    Minta pendapatnya saya ikut aia jln 3 th dgn polis 6 jt/th baiknya dilanjutkan apa ditutup saja ya?
    • 14 November 2019 - (15:09 WIB)
      Kasus saya sama seperti Bapak Slamet Setiawan .di Tulungagung. Saya jg domisili di Tulungagung, buka AIA provisa syariah lewat BCA KCU Tulungagung, pertahun saya bayar 12jt tp hari ini tgl 14 November 2019 saya tanya saldo saya cuma 70jt, padahal saya udah setor total 84jt …dulu janji petugas AIAnya setelah 7thn setor kita bisa tarik thn ke 8 dengan nilai minimal ( rendah ) 90jt tp kenyataanya kok modalnya malah kepotong 14jt…terus kita harus komplain dimana ini. Modus investasi apa ini.Tolong kalau ada tau agar modal kita bisa kembali penuh kita harus komplain dimana?
    • 11 Desember 2019 - (14:17 WIB)
      Salam kenal Bu Ertha, kalo menurut sy lebih baik tutup sebelum lebih banyak ruginya. Mending kena penalti dibanding resiko nyetor masih 4th lagi. Pengalaman sy pribadi ikut AIA Syariah sejak 20 Nov 2012 dengan premi 14jt/th, sangat menyesal tidak langsung tutup, setelah 3 thn berjalan dan merugi. Premi yang sudah terbayar total 98 juta. Tiap kali mau tutup orang AIA bilang penalti nya besar, jadi sy berharap saat nutup tidak kena penalti. Setelah menanti 7th sy mengajukan penutupan polis sejak Oktober 2019 sebelum terdebet otomatis. Proses penutupan katanya H+7 harusnya sy terima di 27Nov. Sy kecewa sekali karena hanya menerima 69.8jt di tgl 4 Desember 2019 dimana investasi total 98 jt selama 7th malah rugi 28.2jt. Jangankan nasabah, staff BCA pun banyak yang beli dan rugi, konon produk AIA Syariah ini yang paling parah, produk gagal tapi tetep dipasarin. Semoga tidak banyak lagi yang tertipu, karena 1001 alasan yang akan dikemukakan seperti fluktuasi harga pasar, dll. Sy juga berharap lain kali kalo mau gandeng asuransi jangan sembarangan, karena kalo bukan gandeng BCA sy juga ga mungkin ikutan. Yang jualan kan sepaket (orang BCA nawar2in bawa org asuransinya). Semua pasti rugi yang ikutan asuransi ini.
  • 14 November 2019 - (15:12 WIB)
    Coba ditanyakan ke CSnya AIA daripada nanti kecewa krn dana yg disetor kepotong banyak
  • 20 November 2019 - (16:34 WIB)
    orang tua saya sudah 7 tahun hari ini 19 November 2019, genap 7 tahun punya ortu saya, dan kami berniat mencairkan, dan petugas AIA màlah meminta kita untuk telpon dulu ke CS, dan menanyakan saldo kita,
    Betapa sakitnya hati saya ketika tahu saldo orangtua saya yg harusnya 42jt, dan katanya saldo kami tinggal 28jt saja, kami menanyakan kemana saldo kami, mereka cuma jawab investasi turun dan AIA syariah sudah di tutup di aia
    Masyaallah, uang kami di kemanakan, marah dan sakit hati kami, ya Allah,
  • 24 November 2019 - (04:59 WIB)
    saya juga mengalami hal serupa, pernah bertanya ke CS-nya AIA pusat, malah diputar-putar jawabnya yang intinya harus ke BCA cabang Malang untuk mendengarkan rekaman telfn saat dikonfirmasi, padahal saya di Pare-Kediri- dan saat ke BCA si marketing memberikan estimasi dan menggambarkan dengan jelas nominal dana investasi. mereka sepertinya memang sering kali berkedok “INVESTASI bonus ASURANSI JIWA”, namun pada akhirnya setelh 5 tahun saya membayar premi dana saya berkurang 8 juta- memang kalau mengambil sekarang kena pinalti 5%, menurut keterangan CS AIA di Yogyakarta- tidak semua polis AIA untung, namun jika ingin kembali modal sesuai harus menginvestasikan dana tersebut lebh lama dibanding sebelumnya (lah kalau tau begini, mending dibuat usaha). Jadi, saya merasa sangat kecewa- sekelas AIA- merecrut marketing2 tukang tipu, memperdaya masyarakat terutama yang tidak begitu faham soal asuransi. terimkasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi AIA dan Bank BCA?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Hasil Provisa Syariah AIA Tidak Sesuai yang Dijanjikan oleh Staf Bank …

oleh franky_angkasa dibaca dalam: 2 min
8