Hampir Tertipu Super Seller Bukalapak, tapi Refund Dana Malah Ditahan Bukalapak

Kronologi awal saat saya melakukan pembelian handphone Realme 5 Pro di Bukalapak tepatnya di pelapak bernama ‘Ros 89cellular’ dengan no transaksi 192461929809.

Pembayaran saya diverifikasi tanggal 8 Oktober 2019 pukul 20.01 WIB. Sebelumnya saya sudah chat kepada pelapak tentang stok dan pelapak mengatakan memang ready dan saya percaya karena memang pelapak memiliki badge ‘super seller’. Tapi setelah pembayaran diverifikasi tiba-tiba pelapak menghubungi saya melalui sms dan mengarahkan saya untuk masuk website mencurigakan dengan alasan asuransi barang (phishing). Karena ada indikasi penipuan saya tidak klik link tersebut dan langsung mengajukan pembatalan transaksi dan status transaksi pun jadi menunggu pembatalan.

Saya pun langsung melaporkan hal ini melalui bukabantuan dan memastikan berapa lama dana saya akan dikembalikan, dan ternyata cs meminta saya untuk menunggu. Saya berpikir kalau pesanan tidak diproses dalam 2×24 jam oleh pelapak seharusnya otomatis dibatalkan. Tapi ternyata setelah 2×24 jam, status masih menunggu pembatalan, wtf.

Saya terus menghubungi bukabantuan sejak tanggal 8, dan jawaban smua cs slalu sama yaitu “sudah diteruskan ke tim terkait, mohon menunggu konfirmasi melalu email ya kak”. f** hanya menunggu satu email saja saya harus menunggu sampai 3 hari, tepatnya tanggal 11 Oktober 2019, dan isinya pun tidak begitu membantu hanya meminta konfirmasi bukti pembayaran dan foto KTP serta buku rekening. Setelah saya lampirkan fotonya sama sekali tidak ada respon soal valid atau tidaknya lampiran saya tersebut. Dan hebatnya akun saya tidak bisa menggunakan layanan live chat bukabantuan. Hanya akun saya yang dipakai transaksi, untuk akun yang lain tetap bisa menggunakan live chat, dri situ saya berpikir cs Bukalapak sengaja memblok fitur live chat di akun saya agar saya tidak menanyakan perihal transaksi saya tersebut.

Dan tanggal 12 oktober pukul 11.41 saya kembali bisa menggunakan live chat, dan menanyakan perihal email konfirmasi saya apakah lampiran saya sudah valid atau belum, dan jawaban nya “mohon ditunggu ka sedang dalam penanganan tim terkait kami” . Saat saya menanyakan waktu maksimal prosesnya, cs bilang dia tidak bisa memastikan. Dari sini saya mulai berpikir, kalau tidak bisa dipastikan waktu maksimalnya ada kemungkinan proses ini bisa sampai bertahun-tahun dong. Tetapi cs hanya meminta saya menunggu dan kembali live chat buka bantuan saya tidak bisa di akses, HANYA DI AKUN SAYA yang SEDANG MENGALAMI KENDALA, di akun saya yang lainnya tetap bisa walaupun di device yang sama.

Sangat kesal dengan pelayanan seperti ini, dan pertanyaannya apa makna badge ‘super seller’ di Bukalapak dan bagaimana penilaiannya seorang pelapak bisa menjadi super seller? Apa hanya dengan membayar sejumlah uang? Karena super seller yang ini benar-benar berniat menipu.

Darwis Alfian
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 1.1]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Hampir Tertipu Super Seller Bukalapak, tapi Refund Dana Malah Ditahan Bukalapak

  • 12 Oktober 2019 - (19:58 WIB)
    Dulu…… Lupa tahunnya pertama mulai pakai aplikasi bukalapak, dan coba2 belanja lewat BL, setelah pilih barang yang di inginkan, klik order terus lanjut ke pembayaran, beberapa jam blum dibayar, dari bukalapak telp, intinya meraka sangat responsif ingin membantu atau menuntun kita gimana cara pembayarannya, tapi sekarang kalau ada masalah gak ada lagi seperti itu bahkan agak dipersulit.
    Dulu juga pernah belanja beberapa barang dengan satu penjual tapi si sellernya kirim barangnya kurang tanpa kofirmasi ( untungnya saya cek dulu sebelum konfirmasi terima barang), trus hubungi cs BL, mereka cs BL sangat responsif, dan benar2 memcahkan masalah. Tidak ribet, tapi sekarang panjang masalahnya kalo udah dapat masalah di BL.
    • 12 Oktober 2019 - (20:09 WIB)
      iya saya pun begitu saat awal2 pake, setiap mau melakukan pembayaran di telpon oleh cs nya dan dipandu, tpi entah knp skrang untuk penanganan maslah terkesan di persulit, bahkan untuk menanyakan perkembangan saja tidak bisa menjawab
  • 13 Oktober 2019 - (17:33 WIB)
    Update hari ini tgl 13 oktober 2019 pukul 17.00WIB ..

    Saya menghubungi kembali cs bukabantuan melalu telpon di nomer 02150813333 karna layanan live chat saya masih tidak bisa di akses .. dan jawaban nya? yap betul cs tersebut mengaku baru menerima laporan saya pagi tadi pukul 07.41 dan saya diminta menunggu 4×24 jam terhitung mulai hari ini tgl 13 oktober, wtf padahal laporan sudah dibuatkan sejak tgl 08 oktober saat hari pertama, saya pun langsung mempertanyakan dong email yg saya dapat di tgl 11 oktober dri pihak bukabantuan yg meminta konfirmasi foto ktp dan buku rekening itu apa arti nya? apa hanya untuk mencuri data saya krna disini cs mengaku baru menerima laporan tgl 13 oktober pukul 07.45, wtf jdi selama 5 hari ini cs yg lain hanya membual soal kendala saya yg sedang di tangani, telpon pun terputus saya kembali menghubungi ulang cs bukabantuan, dan makin kocak saja karna saat saya memberikan informasi nomor transaksi serta email dan nomer handphone, cs meminta saya menunggu 1 menit untuk pengecekan dan hebat nya sampai lebih dari 6 menit belum selesai lalu telpon terputus begitu saja, shit dari sini saya tahu kalau cs bukabantuan sama sekali tidak bertanggung jawab dengan pekerjaan nya dan hanya tahu untuk menyuruh menunggu tidak tahu tentang proses penanganan nya sama sekali .. padahal disini saya yg hampir tertipu oleh super seller nya, lalu kenapa harus saya juga yg dipersulit, aneh nya cs benar2 tidak mau mendengarkan keluhan saya, sampai2 layanan live chat tidak bisa di akses dari akun saya, dan layanan melalui telpon pun hanya diangkat saja lalu di tutup begitu saja .. pelayanan yg sangat buruk sumpah, saya ingin melakukan transaksi lain pun jadi sangat ragu krna masalah ini saja belum terselesaikan bagaimana kalau ditambah ada masalah lagi di transaksi saya yg lain nya . . kocak sekali cs bukalapak ini sumpah

  • 13 Oktober 2019 - (18:42 WIB)
    Lagi ente juga konyol. Hp realme ram 4/128Gb mana mungkin harganya sgtu.
    Jadi pembeli yang pintar. Gunakan logika dan akal anda.

    Sekian dan terimakasih.

  • 16 Oktober 2019 - (23:10 WIB)
    Waduh sama nasib kita gan..sepertinya skrg SOLUSI yg ditawarkan oleh BUKALAPAK apabila ada masalah adalah MEMATIKAN fungsi LIVECHAT kita jadi gk bisa komplain lg alias case closed
  • 19 Oktober 2019 - (17:28 WIB)
    Sy jg mengalami hal yg sama,transaksi dibatalkan refund uang masuk saldo dan dana raib,kyk’y setelah baca komentar tmn” tdk ada harapan uang kt bs kembali,b ukalapak memang payah,sistem keamanan’y tidak bs diandalkan,selama transaksi di tokopedia tidak pernah mengalami hal seperti ini,saya nyesal transaksi dibukalapak
  • 6 November 2019 - (21:47 WIB)
    Redund dana saya juga belum terselesaikan sampai sekarang, sudah bosan menghubungi cs bukalapak, padahal transaksi dibatalkan otomatis dana pun masih ada di bukalapak kan. Kana harus mengadu, kalo jawaban mohon ditunggu, katanya 1×24 jam tapi lebih dari seminggu tidak ada hasil. Bukalapak sangat mengecewakan, apakah dana kita pasti kembali??? Banyak dari kita adalah korban dari akun pelapak yang katanya akun tersebut disalahgunakan,tapi bukalapak kenapa menambah masalah customer dengan dipersulitnya refund dana yang entah kapan bisa saya terima lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Hampir Tertipu Super Seller Bukalapak, tapi Refund Dana Malah Ditahan …

awis0269 2 menit
10